√ Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Farmasi Setelah Lulus Nanti? - Yoadit.com

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Farmasi Setelah Lulus Nanti?

Yoadit.com - Jurusan Farmasi pada tahun 2014 silam dinobatkan oleh Dikti sebagai jurusan kuliah dengan peminat terbanyak nomor 5 di Indonesia. Tak ayal, hal ini karena prospek kerja jurusan farmasi yang cukup menjanjikan.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Farmasi Setelah Lulus Nanti?
sumber: www.academicindonesia.com
Seorang Farmasis (profesional di bidang farmasi) memiliki peranan penting dalam bidang kesehatan. Berkat mereka, potensi penyembuhan dari suatu bahan dengan takaran yang pas dapat bermanfaat secara optimal tanpa menimbulkan efek samping.

Baca juga: Mengenal Jurusan Kuliah Keperawatan dan Prospek Kerjanya Setelah Lulus Nanti

Sekilas Perkuliahan di Jurusan Farmasi


Secara garis besar, dalam perkuliahan di Jurusan Farmasi nantinya kita akan mempelajari beberapa hal sebagai berikut:

  • Cara membuat obat untuk proses penyembuhan.
  • Cara membuat obat tahan lama (tidak cepat kadaluarsa).
  • Cara menemukan senyawa kimia dari berbagai sumber untuk dikembangkan sebagai bahan obat.
  • Cara membuat obat-obatan dari bahan dasar tanaman herbal. Dan masih banyak lagi.


Sebagai mahasiswa jurusan farmasi, nantinya Anda akan banyak menghapal nama-nama senyawa kimia, kode-kode obat, nama-nama tanaman, serta berbagai hal yang terkait dengan obat-obatan dan kesehatan.

Di awal perkuliahan (semester satu dan dua), mahasiswa cenderung belajar mata kuliah dasar seperti Matematika, Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa, pengantar Ilmu Farmasi, serta beberapa mata kuliah yang bersifat umum lainnya.

Baru pada semester selanjutnya, mata kuliah akan berfokus pada topik-topik farmasi yang lebih spesifik, seperti Farmasetika, Farmakokimia, Farmakologi dan Toksikologi, serta Farmakognosi-Fitokimia.

Mahasiswa Farmasi juga akan dibekali dengan bidang-bidang ilmu lainnya yang berhubungan dengan dunia kesehatan, seperti Bioteknologi Farmasi, Sistem Baru Penghantaran Obat, Farmasi Klinik, Farmasi Rumah Sakit, Farmakogenetik dan Farmakogenomik, Permodelan Molekul Obat, Nutrasetikal dan Terapi Nutrisi, Teknologi, serta Kultur Sel Jaringan.

Ketika Anda telah menyelesaikan studi dan diwisuda, lulusan Farmasi nantinya akan memperoleh gelar Sarjana Farmasi (S.Farm).

Prospek Kerja Jurusan Farmasi


Ketika memilih jurusan kuliah, tentunya calon mahasiswa juga perlu mengetahui bagaimana prospek kerja dari jurusan yang akan dipilih.

Berikut ini kami sampaikan beberapa peluang atau prospek kerja Jurusan Farmasi yang bisa menjadi referensi:

1. Bekerja di Rumah Sakit atau Instansi Layanan Kesehatan


Lulusan Farmasi memiliki peluang besar untuk bekerja pada bidang layanan kesehatan seperti rumah sakit, apotek, laboratorium, maupun klinik.

Jangan lewatkan: 8 Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yang Menjanjikan

Lulusan Farmasi setidaknya wajib mengambil pendidikan profesi apoteker selama 2 semester atau sekitar 1 tahun jika ingin menjadi seorang apoteker profesional. Bahkan, jika sudah memiliki sertifikasi sendiri, lulusan Farmasi juga bisa mendirikan usaha apotek sendiri.

2. Bekerja di Bidang Farmasi Industri


Sarjana Farmasi juga dapat bekerja di sektor industri, yaitu perusahaan swasta ataupun BUMN yang bergerak di bidang Farmasi Industri, seperti pembuatan obat, makanan, minuman, maupun kosmetik.

Lulusan Farmasi biasanya akan bekerja di bagian research and development, dimana tugasnya ialah menemukan dan menentukan formula, teknik pembuatan, serta spesifikasi bahan baku yang akan digunakan pada proses produksi.

3. Bekerja di Bagian Administrasi Pelayanan Obat


Prospek kerja Jurusan Farmasi tidak hanya di bidang obat-obatan, tapi juga makanan-minuman, dan kosmetik. Selain itu, lulusan Farmasi juga tidak selalu bekerja secara teknis menangani bahan kimia atau obat-obatan, tapi bisa juga di bagian administrasi, pelayanan, maupun tingkatan manajemen.

4. Farmasi Manajemen


Manajemen di bidang obat-obatan juga menjadi salah satu prospek kerja Sarjana Farmasi. Bahkan manajemen yang dimaksud bisa mencakup pada tingkatan manajemen yang memiliki tanggung jawab dalam keberlangsungan sebuah perusahaan.

Profesi apoteker tidak hanya memiliki tugas meracik obat sesuai dengan resep dokter, tapi juga menciptakan hubungan yang baik dengan pasien, konsumen, pimpinan, maupun rekan kerja.

5. Menjadi Peneliti Farmasi


Sebagai sarjana lulusan farmasi, Anda juga memiliki peluang untuk menjadi seorang peneliti. Tidak hanya untuk akademisi, tapi juga industri. Misalnya, dengan meneliti beragam potensi tanaman obat yang begitu melimpah tersedia di Indonesia.

6. Menjadi Dosen atau Guru


Peluang kerja farmasi juga tersedia untuk Anda yang memiliki minat menjadi guru atau dosen. Akan tetapi, untuk menjadi seorang dosen diperlukan gelar S2. Setidaknya Anda harus melanjutkan kuliah lagi ke program pasca sarjana untuk bisa mengajar sebagai dosen di perguruan tinggi.

Sekarang ini juga tidak sedikit berdiri SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dengan penjurusan farmasi. Hal ini bisa menjadi peluang bagi lulusan Farmasi untuk bekerja sebagai guru di sekolah-sekolah kejuruan Farmasi.

7. Bekerja di Lembaga Pemerintah


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan lembaga resmi pemerintah yang menangani legalitas obat-obatan dan makanan. Lembaga ini tentunya menjadi salah satu prospek kerja bagi lulusan Farmasi.

Selain BPOM, ada juga lembaga pemerintah lainnya bernama BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan) yang juga menjadi prospek kerja bagi lulusan Farmasi.

8. Mengelola Usaha Apotek


Anda bisa menjadi seorang apoteker profesional setelah lulus sarjana Farmasi dan mengikuti program profesi selama 1 tahun. Setelah itu, Anda juga perlu mengurus izin bila ingin membuka apotek milik sendiri. Peluang usaha ini memiliki prospek keuntungan yang menjanjikan.

9. Menjadi Karyawan di Perusahaan Swasta


Ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga lulusan farmasi, di antaranya Kimia Farma, Kalbe Farma, Mead Johnson, PT Indofarma, dan masih banyak lagi. Perusahaan-perusahaan tersebut dapat menjadi prospek kerja bagi para lulusan farmasi.

Lanjutkan membaca: Mengenal Jurusan Kuliah Biokimia Beserta Prospek Kerjanya

Demikian uraian kami mengenai jurusan farmasi dan prospeknya di dunia kerja. Semoga informasi tentang prospek kerja jurusan farmasi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang pilih-pilih jurusan kuliah.

Sumber:
www.jurusankuliah.info
www.renesia.com

0 Comments:


Top