√ 25 Inspirasi Usaha Sampingan Karyawan Pabrik - Yoadit.com

25 Inspirasi Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

Yoadit.com - Apakah Anda sedang mencari referensi usaha sampingan karyawan pabrik untuk menambah penghasilan? Anda sudah berada pada halaman tepat.

Tidak sedikit karyawan pabrik yang mencari ide berbagai peluang usaha sampingan guna memenuhi biaya kebutuhan keluarga yang terus meningkat.

25 Inspirasi Usaha Sampingan Karyawan Pabrik
Meski masih berstatus sebagai karyawan, Anda bisa mencoba beberapa usaha sampingan yang bisa dijalankan di sela-sela pekerjaan sehingga aktivitas kerja harian Anda tidak terganggu.

Baca juga: 5 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar di Daerah Pedesaan

Berikut ini kami bagikan sejumlah referensi usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh para karyawan pabrik.

1. Usaha Rental PS dan Game Online


Bagi Anda yang memiliki cukup modal, bisa coba membuka rental PS (Playstation) dan game online. Anda bisa mempekerjakan orang yang memiliki hobi bermain game untuk menjaganya sehingga rental PS Anda bisa tetap buka meski di waktu Anda sedang bekerja.

2. Jualan Pulsa


Bagi karyawan pabrik, berjualan pulsa bisa menjadi peluang usaha modal kecil yang menguntungkan. Apalagi sekarang ini pulsa telah menjadi kebutuhan yang penting di masyarakat.

Hanya dengan modal handphone dan saldo deposit untuk pengisian pulsa, Anda sudah bisa berjualan pulsa sambil bekerja. Mulailah mempromosikan usaha Anda tersebut melalui teman, rekan kerja, maupun tetangga sekitar tempat tinggal.

3. Jualan Makanan Ringan


Kalau bisnis yang satu ini mungkin cenderung cocok dilakukan oleh karyawan wanita. Anda bisa membuat makanan ringan sendiri di rumah selepas pulang dari pabrik, kemudian bungkus dengan plastik kecil-kecil, tawarkan kepada teman-teman atau bisa juga dititipkan di kantin karyawan.

4. Jual Tiket Online


Bisnis tiket online sekarang ini tengah populer. Anda yang bekerja sebagai karyawan pabrik juga bisa memulainya untuk usaha sampingan. Pasarkan tiket online yang Anda jual kepada sesama karyawan di pabrik, pada tetangga, atau lewat sosial media.

5. Bisnis Pembayaran Tagihan Online


Di sela-sela kesibukkan pekerjaan sebagai karyawan pabrik, Anda bisa menawarkan jasa pembayaran online untuk tagihan pajak, listrik, PAM, Telepon, maupun angsuran kredit barang.

6. Menjadi Reseller atau Dropshipper Online


Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam berdagang, bisnis sampingan menjadi reseller atau dropshipper bisa menjadi pilihan yang cocok untuk dijalankan. Reseller adalah usaha menjual kembali barang-barang dari supplier yang Anda belanjakan (Kulakan).

Sedangkan Dropshipper, Anda tidak perlu berbelanja dan tidak perlu menyetok barang.  Cukup dengan menjual barang orang lain dengan harga yang lebih tinggi dari harga supplier untuk mendapatkan selisih harga sebagai keuntungan.

7. Usaha Peternakan Hewan Hias


Jika Anda memiliki hobi memelihara hewan hias seperti ayam, burung, kucing, anjing, ikan, ataupun yang lainnya, bisa mencoba usaha ternak hewan hias.

Memang diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam memulai usaha ini. Namun ketika tiba masa panen, usaha ternak hewan hias bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan.

8. Mengikuti Bisnis MLM


Jangan phobia dulu terhadap bisnis MLM, karena tidak sedikit orang yang meraih sukses dalam menjalankan model bisnis ini.

Diperlukan kesabaran dalam menawarkan produk dan mengajak orang untuk menjadi anggota. Namun, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari model bisnis MLM, mulai dari keuntungan menjual produk, komisi dari mengajak orang menjadi member, hingga komisi dari downline (member yang ikut Anda) yang berhasil menjual suatu produk.

9. Menawarkan Kursus Setir Mobil


Bila Anda memiliki keahlian mengemudikan mobil, cobalah menawarkan jasa kursus menyetir mobil kepada teman kerja, ataupun tetangga. Kegiatan kursus bisa dilakukan saat hari libur sehingga tidak mengganggu aktivitas kerja sebagai karyawan pabrik.

10. Usaha Tempat Pencucian Mobil atau Motor


Zaman sekarang, setiap orang pasti memiliki kendaraan pribadi, baik berupa motor ataupun mobil. Tapi tidak sedikit dari mereka yang malas untuk mencuci kendaraan dan cenderung memilih tempat pencucian kendaraan untuk membersihkan kendaraan mereka.

Membuka usaha tempat pencucian mobil atau motor menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Namun, Anda perlu modal yang tidak sedikit untuk sewa tempat, pembelian peralatan, hingga menggaji karyawan di tempat pencucian.

11. Menjual Produk Digital


Anda juga bisa menuangkan ilmu yang dimiliki dalam bentuk ebook, rekaman audio, maupun video. Tentang apa saja, bisa hobi yang disukai, ataupun keterampilan yang Anda miliki.

Misalnya bila Anda suka dan memiliki keterampilan bermain musik, Anda bisa memberikan tutorial tentang cara bermain alat musik untuk pemula dalam bentuk video maupun ebook. Hal paling penting ialah bagaimana mengemas produk digital Anda dengan menarik, bermanfaat, dan original.

Anda bisa memasarkan produk digital melalui beberapa situs seperti ratakan.com, clickbank.com, guides.co, atau melalui website pribadi.

12. Menjadi Blogger


Selain menjual produk tutorial digital, Anda juga bisa memberikan tutorial tersebut secara gratis melalui blog.

Ketika blog sudah ramai pengunjung, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog, seperti memasang iklan Google Adsense, mengikuti program afiliasi, memasang jasa iklan mandiri, dan masih banyak lagi.

Memang dibutuhkan proses dan ketekunan yang luar biasa untuk menjadi seorang blogger sukses. Dan bukan hal yang mudah bagi banyak orang dapat konsisten menulis di blog sampai dapat menuai kesuksesan dari nge-blog.

Simak juga: Tips Menjadi Wirausaha Pemula dan Cara Mendirikan Usaha yang Tahan Lama

13. Usaha Sampingan Menjadi Youtuber


Peluang usaha sampingan karyawan pabrik yang berikutnya ialah menjadi Youtuber. Bila Anda bukan orang yang gemar menulis, mungkin menjadi blogger memang bukan pilihan yang tepat. Tapi Anda bisa menjadi seorang Youtuber.

Sekarang ini, Youtube bukan hanya menjadi media untuk mempopulerkan diri, tapi juga dapat media penghasil uang yang menggiurkan. Buatlah video-video unik dan menarik, ajak orang sebanyak-banyak untuk menjadi subscriber channel Anda, serta viralkan setiap video yang Anda buat.

Para Youtuber umumnya mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. Jadi, setiap video yang Anda buat nantinya akan ada iklan dari Google yang setiap kali ada orang klik atau menontonnya, maka Anda akan memperoleh uang dari situ.

14. Membuat dan Menjual Software


Bagi karyawan pabrik yang juga memiliki keahlian dalam hal coding atau membuat software dapat memanfaatkan keahliannya tersebut untuk menghasilkan uang tambahan.

Software yang dibuat bisa berupa aplikasi kerja, ataupun game di smartphone. Ada trik yang mudah dalam pembuatan software bernama re-skinning, yaitu Anda cukup membeli template dari sebuah aplikasi, kemudian lakukan perubahan pada teks atau desainnya.

15. Menjadi Penulis Lepas


Jika Anda memiliki hobi menulis dan memiliki keterampilan yang baik dalam menulis, usaha sampingan menjadi penulis lepas merupakan pilihan yang cocok.

Ada banyak situs atau website yang membutuhkan artikel untuk mengisi konten di lamannya. Karena keterbatasan waktu, biasanya mereka lebih memilih menggunakan jasa penulis lepas untuk blog atau websitenya sehingga ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk Anda.

16. Penerjemah Online


Bagi Anda yang memiliki keterampilan berbahasa asing, dapat dimanfaatkan untuk menjadi penerjemah online. Jasa penerjemah bahasa asing masih sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Terutama di era komunikasi global yang mengharuskan pengusaha untuk memasarkan produk atau jasanya dalam berbagai bahasa.

Anda bisa menawarkan jasa penerjemah online melalui beberapa marketplace seperti fiverr.com, sribulancer.com, onehourtranslation.com dan lain-lain.

17. Patungan Membuka Akringan Bersama Teman


Usaha angkringan saat ini tengah digandrungi oleh anak muda. Anda bisa mencoba peluang usaha angkringan bersama teman, sehingga tidak mengganggu kesibukkan sebagai karyawan pabrik. Tentunya dengan pembagian waktu manajemen yang tepat.

Bisnis angkringan tidak memerlukan modal yang besar. Dengan modal tidak lebih dari Rp 5 juta, Anda sudah dapat memulai usaha ini.

Untuk strategi pemasaran, manfaatkanlah sosial media. Promosikan usaha baru Anda ke teman-teman kerja ataupun di grup-grup sosial media.

18. Usaha Sampingan Vermak Baju dan Celana


Alternatif usaha sampingan bagi karyawan pabrik berikutnya ialah jasa vermak baju dan celana. Usaha ini bisa untuk menambah penghasilan tanpa mengganggu aktivitas kerja harian.

Anda bisa membuka usaha jahit tersebut saat sore hingga malam hari, atau buka sepanjang hari saat hari libur. Usaha jahit pakaian ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup mesin jahit, aneka benang, bahan, dan perlengkapan menjahit lainnya.

19. Bisnis Sampingan Menjadi Selebgram


Aplikasi instagram kini memang sedang booming. Banyak orang memanfaatkannya untuk berbagi gambar maupun video. Jika Anda sudah memiliki lebih dari 50 ribu follower, maka tidak ada salahnya menawarkan jasa endorse kepada pemilik produk atau brand.

20. Jasa Pengetikan dan Printing Komputer 


Bagi karyawan pabrik yang ingin menambah penghasilan, usaha jasa pengetikan dan printing komputer bisa menjadi inspirasi usaha sampingan yang menguntungkan.

Modal dasar usaha ini antara lain seperangkat komputer, printer, kertas, dan keterampilan mengetik serta dasar-dasar format pembuatan surat ataupun karya tulis.

21. Jualan Katering Sarapan


Sebagai karyawan, Anda dituntut untuk bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Usaha jualan sarapan di pagi hari bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Anda bisa menawarkan katering untuk sarapan kepada teman-teman kerja di pabrik. Namun perlu diingat, Anda harus bangun ekstra di pagi hari untuk menyiapkan katering yang akan Anda jual.

22. Jual-Beli Elektronik dan Motor Bekas


Jika Anda memiliki banyak teman atau relasi, usaha jual beli barang elektronik dan motor bekas dapat menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Bahkan, usaha ini tidak memerlukan modal bila Anda bisa memposisikan diri sebagai makelar.

Yah, untungnya sih memang tidak seberapa. Tapi jika dapat berjalan lancar, tentu dapat memberi tambahan penghasilan yang lumayan.

23. Jual-Beli Barang Seni atau Barang Antik


Jika Anda memiliki pengetahuan tentang barang seni atau barang-barang antik, Anda bisa mencoba usaha jual-beli barang antik seperti lukisan, guci antik, buku-buku kuno, dan berbagai benda antik lain yang biasanya bernilai mahal.

24. Jual Peralatan Memancing


Nah, kalau usaha sampingan yang satu ini cocok bagi karyawan pabrik yang hobi memancing. Terutama jika Anda memiliki komunitas yang hobi memancing, Anda bisa coba usaha jualan peralatan pancing.

Selain perlengkapan pancing, barang-barang lain khas pemancing seperti topi rimba, celana komando, atau kaos sablon khas pemancing juga bisa Anda tawarkan kepada komunitas memancing yang Anda ikuti.

25. Usaha Kerajinan Buatan Sendiri


Anda memiliki keterampilan membuat kerajinan tangan yang unik atau berguna untuk aktivitas sehari-hari? Kenapa tidak dijadikan peluang usaha saja?

Di sela-sela waktu libur atau selepas pulang kerja, Anda bisa mulai mengerjakan barang-barang kerajinan yang unik atau menarik. Tawarkan barang kerajinan buatan Anda itu kepada rekan-rekan kerja, atau bisa juga dengan memposting fotonya di sosial media.

Jangan lewatkan: 5 Tips Bisnis untuk Wirausahawan Pemula

Itulah beberapa peluang usaha sampingan karyawan pabrik yang bisa menjadi inspirasi untuk menambah penghasilan. Ada baiknya, usaha yang Anda jalankan tidak mengganggu aktivitas kerja sehari-hari.

Ketika suatu saat usaha Anda makin berkembang dan pendapatannya lebih besar dari gaji pokok, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkannya menjadi usaha full time, bukan lagi sekadar sampingan.

Sumber:
www.jadikaryawan.com
curhat.nyimuetz.com

0 Comments:


Top