Mengenal Warna Plat Nomor Kendaraan yang Berlaku di Indonesia

Yoadit.com - Tahu tidak, warna plat nomor kendaraan di Indonesia ternyata tidak hanya hitam putih saja lho. Jika Anda pernah melihat pelat nomor kendaraan selain warna hitam, maka perlu diketahui juga apa saja arti dari warna-warna plat nomor tersebut.

Mengenal Warna Plat Nomor Kendaraan yang Berlaku di Indonesia
sumber: bobo.grid.id
Ada yang warnanya kuning, merah, putih, hijau, cokelat, dan biru. Wah, ternyata banyak juga ya warnanya. Semua warna pelat nomor tersebut sudah diatur dalam ketentuan Undang-undang, jadi Anda tidak bisa sembarang menggunakan atau mengubah warna pada pelat nomor kendaraan.

Baca juga: Macam Gambar Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya

Nah, berikut ini kami akan mengulas macam-macam warna pelat nomor kendaraan yang berlaku di Indonesia beserta artinya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Warna Plat Nomor Kendaraan Hitam dengan Tulisan Putih


Adapun plat nomor kendaraan yang biasa dipakai untuk kendaraan pribadi menggunakan warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih. Plat nomor ini tentu paling banyak dan paling sering kita lihat.

Nomor kendaraan diberikan secara acak, dan sesuai kode lokasi masing-masing daerah. Kecuali bila ada permintaan khusus.

Pengecualian juga berlaku bagi pelat nomor mobil Kepresidenan yang dicetak dengan huruf RI 1. Atau untuk para pejabat negara lainnya dengan kode yang berbeda-beda.

Plat nomor ini kabarnya akan diganti menjadi warna dasar putih dengan tulisan hitam pada tahun 2019 mendatang.

Warna Plat Nomor Kendaraan Kuning dengan Tulisan Hitam


Untuk kendaraan umum dan jasa transportasi biasanya menggunakan plat nomor kendaraan berwarna dasar kuning dengan tulisan hitam. Warna plat nomor ini juga biasanya digunakan untuk kendaraan angkutan barang, seperti pick up, truk, ataupun sejenisnya.

Warna Plat Nomor Kendaraan Merah dengan Tulisan Putih


Jika Anda pernah melihat pelat nomor berwarna merah dengan tulisan putih, itu artinya kendaraan tersebut adalah miliki dinas atau instansi pemerintah. Kendaraan ini seharusnya digunakan untuk perjalanan dinas.

Warna Plat Nomor Putih dengan Tulisan Merah


Plat nomor berwarna putih dengan tulisan merah memang jarang dijumpai, karena biasanya digunakan sementara untuk kendaraan baru.

Warna plat nomor ini merupakan Tanda Coba Kendaraan Bermotor (TCKB) supaya kendaraan baru bisa dipakai meskipun pelat nomor hitamnya belum selesai dibuat.

Warna Plat Nomor Hijau dengan Tulisan Hitam


Warna plat nomor ini digunakan untuk kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas (free trade zone) yang mendapatkan fasilitas bebas bea masuk.

Berdasarkan peraturan Menteri Keuangan RI, kendaraan bermotor dengan plat nomor jenis ini tidak boleh digunakan atau dimutasikan di wilayah Indonesia lainnya.

Warna Plat Nomor untuk Kendaraan Militer dan Kepolisian


Warna plat nomor untuk kendaraan militer dan kepolisian memang dibedakan dari warna plat nomor pada umumnya. Adapun warna plat nomor kendaraan tersebut antara lain:

  • Warna cokelat dengan tulisan berwarna kuning: Kendaraan milik Polri.
  • Warna latar merah di bagian logo instansi dan di bagian nomor: Kendaraan milik Mabes TNI.
  • Warna merah di bagian logo instansi dan hijau di bagian nomor: Kendaraan milik TNI-AD (Angkatan Darat), selain itu juga ada tanda bintang di atas nomor kendaraan.
  • Warna merah di bagian logo instansi dan biru muda di bagian nomor: Kendaraan milik TNI-AL (Angkatan Laut), selain itu juga ada tanda jangkar di atas nomor kendaraan.
  • Warna merah di bagian logo instansi dan biru tua di bagian nomor: Kendaraan milik TNI-AU (Angkatan Udara) selain itu juga tanda segilima di atas nomor kendaraan.
  • Warna biru di bagian logo instansi dan merah di bagian nomor: Kendaraan milik Kementerian Pertahanan RI.

Jangan lewatkan: Dasar Hukum Layanan Pengguna Jalan yang Harus Didahulukan (Voorijder)

Itulah, beberapa warna plat nomor kendaraan yang berlaku di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat!

*Dari berbagai sumber

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com