Ini Dia 12 Astronot yang Pernah Mendarat di Bulan


Yoadit.com - Mungkin selama ini kita hanya tahu bila Neil Armstrong adalah manusia yang pernah mendarat di Bulan. Meski jadi yang pertama, tapi Neil Armstrong bukanlah satu-satunya manusia yang pernah mendarat dan menginjakkan kakinya di Bulan.

Ada banyak astronot lainnya setelah Neil Amstrong yang juga pernah berjalan-jalan di Bulan. Siapa saja mereka? Berikut kami bagikan daftarnya untuk Anda!

1. Neil Alden Armstrong


Neil Alden Armstrong
Pada tahun 1969, Neil menjadi manusia pertama di dunia yang berhasil menginjakkan kakinya di Bulan. Ia berhasil mendarat di Bulan menggunakan pesawat luar angkasa milik NASA yang diberi nama Apollo 11 dan berada di Bulan selama 21 jam 36 menit 21 detik.

Baca juga: Benarkah Pendaratan di Bulan Adalah Kebohongan yang Dibuat NASA?

Saat berada di Bulan, Neil bersama Edwin “Buzz” Aldrin mengambil sampel bebatuan bulan, memasang seismograf dan menancapkan bendera Amerika Serikat. Pada tanggal 25 Agustus 2012, Neil Armstrong meninggal dunia di usianya yang ke-82 tahun.

2. Edwin “Buzz” Aldrin


Edwin “Buzz” Aldrin
Pada misi Apollo 11, Edwin adalah astronom yang turut serta bersama Neil Armstrong. Ia menginjakkan kakinya di Bulan 20 menit sesudah Neil Armstrong.

Pada tahun 1971, Edwin pensiun dari NASA dan memilih jadi penulis beberapa buku yang membahas tentang luar angkasa berdasarkan pengalamannya.

3. Charles “Pete” Conrad


Charles “Pete” Conrad
Dalam misi Apollo 12, Charles menjadi orang ketiga yang menginjakkan kakinya di Bulan. Ia mendarat ketika terjadi badai petir yang cukup besar. Charles wafat pada tahun 1999 di usiannya yang ke 69.

4. Alan L. Bean


Alan L. Bean
Bersama Charles Conrad, Alan Bean mendarat di Bulan dalam misi Apollo 12. Sebagai astronot, Alan dikenal sudah memiliki jam terbang di luar angkasa yang cukup panjang. Semasa hidupnya, Ia telah terbang di luar angkasa selama 1671 jam 45 menit.

Pada tahun 1981, Alan pensiun dari NASA dan menghabiskan masa tuanya dengan menggambar lukisan-lukisan luar angkasa.

5. Alan Shepard


Alan Shepard
Alan Shepard merupakan salah satu jajaran NASA yang menggagas misi Apollo. Dia juga menjadi orang Amerika pertama yang pernah terbang ke luar angkasa di tahun 1961.

Dia juga sempat terpilih sebagai orang pertama yang akan mendarat di Merkurius, tetapi karena berbagai pertimbangan dan tiba-tiba Alan mengalami gangguan pendengaran, proyek tersebut pun dibatalkan.

Pada tahun 1971, Alan kembali mendapat kesempatan untuk menjadi kapten dalam misi Apollo 14 untuk mendarat di Bulan. Ia menghabiskan sekitar 9 jam 17 menit untuk menjelajahi permukaan Bulan. Bahkan, Ia sempat mencoba bermain golf saat di Bulan. Unik yah?

6. Ed Mitchell


Ed Mitchell
Ed Mitchell menginjakkan kakinya di Bulan dalam misi Apollo 14 bersama Alan Shepard. Ed pensiun dari NASA pada tahun 1972 dan mendirikan sebuah instansi yang membahas tentang psikis dan paranormal.

Jangan lewatkan: 5 Peralatan Canggih Para Intelijen Ini Sudah Bisa Anda Miliki untuk Aktivitas Sehari-hari

Ia meyakini tentang keberadaan UFO dan mahluk luar angkasa, tetapi pemerintah Amerika Serikat selalu menutupinya.

7. David Scott


David Scott
Pada tahun 1963, David terpilih sebagai astronot dan mendapat kesempatan untuk terbang bersama Neil Armstrong dalam misi Apollo 9. Kemudian dia terpilih menjadi kapten Apollo 15 yang berhasil mendarat di sebuah pegunungan di Bulan.

Ia menghabiskan waktu sekitar 18 jam untuk menjelajahi Bulan menggunakan wahana bernama Lunar Roving Vehicle. Di tahun 1977, David pensiun dari NASA dan menjadi konsultan TV untuk acara tentang luar angkasa.

8. James Irwin


James Irwin
James mendarat di Bulan bersama David Scott pada misi Apollo 15. Tugasnya ialah menjelajah dan mengumpulkan sampel bebatuan Bulan. Ia sempat mengalami peristiwa mengkhawatirkan ketika jantungnya mengalami gangguan saat berada di Bulan. Beruntung James masih dapat kembali ke Bumi dalam keadaan selamat.

9. John Young


John Young
Pada misi Apollo 16, John berhasil mendaratkan dirinya di Bulan. Sebelumnya juga Ia sudah memiliki pengalaman terbang memimpin Gemini, pesawat ulang-alik luar angkasa, dan Apollo 10.

Pensiun pada tahun 2004, John merupakan astronot terlama di NASA dengan masa pengabdian selama 42 tahun.

10. Charles Duke


Charles Duke
Pada usia 36 tahun, Charles Duke menjadi orang termuda yang pernah menginjakkan kakinya di Bulan. Dia mengemban misi untuk menjelajah Bulan bersama John Young dalam Apollo 16. Pada tahun 1975, Charles pensiun dari NASA dan memilih menjadi pendeta hingga masa tuanya.

11. Harrison Jack Schmitt


Harrison Jack Schmitt
Dalam misi terakhir ke Bulan, Jack Schmitt menjadi pilot pada Apollo 17. Ia menghabiskan waktu selama 3 hari untuk berkeliling Bulan mengendarai Lunar Roving Vehicle. Jack juga mengumpulkan sampel bebatuan dan menanam alat ukur yang dapat dipantau dari Bumi.

Jack Schmitt pensiun pada tahun 1975, kemudian menjadi professor di University Wisconsin Madison Meksiko.

12. Eugene A. Cernan


Eugene A. Cernan
Bersama dengan Jack Schmitt dalam misi Apollo 17, Cernan menjadi manusia terakhir yang mendarat di Bulan hingga saat ini. Cernan sebelumnya tidak mengetahui bahwa misi Apollo 17 adalah misi terakhir pendaratan di Bulan.

Lanjutkan membaca: Ternyata Ini Dia Penyebab Amerika Tidak Pernah Lagi Mengirim Astronotnya ke Bulan

Bersama Schmitt, Cernan menghabiskan waktu cukup lama untuk meneliti material-material yang terdapat di Bulan. Pada 1976, Ia pensiun dari NASA dan menghabiskan masa pensiunnya menjadi penulis buku luar angkasa.

***

Itulah 12 astronot yang pernah mendarat di Bulan. Jadi, sekarang kita tahu kalau orang yang pernah mendarat di Bulan bukan hanya Neil Armstrong, tapi ada juga 11 orang lainnya.

Sumber/gambar:
www.kaskus.co.id

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com