Langkah-langkah Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pemula


Yoadit.com - Belajar mengemudi mobil manual menjadi kebutuhan bagi mereka dengan mobilitas yang tinggi. Tuntutan untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu membuat banyak orang memutuskan untuk membeli kendaraan pribadi.

Langkah-langkah Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pemula
sumber: InformasiOtomotif.com
Menyetir sendiri memang lebih praktis bila dibanding harus naik angkutan umum yang terkadang membuat kita menunggu lama. Namun, tidak semua orang bisa atau bahkan mau untuk belajar mengemudi.

Selain karena alasan biaya yang mahal dalam mengikuti program kursus mengemudi, rasa takut dan khawatir menjadi alasan umum bagi para pemula untuk mau belajar mengemudi mobil.

Nah, berikut ini kami akan berbagi tips-tips untuk Anda yang ingin belajar mengemudi mobil manual.

1. Biasakan Diri untuk Berada di Balik Kemudi


Tips pertama yang perlu kamu lakukan bila ingin belajar mengemudi ialah dengan beradaptasi terhadap suasana di balik kemudi.

Sebagian besar orang yang belajar menyetir akan langsung memilih untuk langsung ke jalanan, padahal hal ini malah dapat berbahaya dan menimbulkan trauma karena sebelumnya mereka belum terbiasa dengan suasana di balik kemudi.

Baca juga: Begini Cara Menyetir Mobil Manual yang Mudah dan Aman

Sebelum memutuskan langsung turun ke jalan, ada baiknya Anda biasakan untuk duduk di kursi pengemudi ketika mobil dalam keadaan berhenti. Sembari mencoba pegang setir, membelok-belokkan setir, atau memindahkan persnelling.

Sambil membiasakan diri, Anda juga dapat mempelajari fitur-fitur maupun fungsi umum yang ada pada dashboard mobil.

Pelajari hal-hal dasar dalam mengemudi, mulai dari cara menghidupkan dan mematikan mesin, menyalakan lampu sen, menyalakan lampu dekat dan jauh, mengaktifkan wiper, mengingat posisi pedal kopling-rem-gas, dan sebagainya.

Dengan memahami dan mengingat fungsi-fungsi dasar ini, nantinya Anda akan lebih nyaman ketika telah benar-benar berkendara di jalanan.

2. Ajak Teman yang Sudah Mahir Mengemudi


Ketika hendak belajar mengemudi, Anda dapat mengajak teman, saudara, atau orangtua yang sudah memiliki kemampuan berkendara yang baik.

Minta mereka untuk memandu Anda mempraktikkan pengetahuan dasar mengemudi yang kamu sudah pelajari. Pilih lokasi yang luas dan sepi seperti lapangan sepakbola untuk Anda belajar mengemudi.

Mulailah dari tahap awal, menghidupkan mesin, menginjak kopling, masuk ke gigi 1, lepas kopling perlahan sambil menekan gas, hingga mobil dapat berjalan perlahan.

Jangan panik ketika mobil tiba-tiba mati, wajar karena Anda baru belajar. Ulangi terus hingga benar-benar lancar. Bila sudah lancar menghidupkan dan menjalankan mobil, selanjutnya Anda bisa berputar-putar di lapangan.

Lakukan beberapa manuver sederhana, seperti berjalan mundur, belok kiri dan belok belok kanan, hingga Anda semakin terbiasa berada di balik kemudi. Ulangi beberapa kali hingga Anda mulai percaya diri, barulah melangkah ke tahap belajar mengemudi yang selanjutnya.

3. Naik ke Tahap Selanjutnya


Setelah merasa yakin dan sudah cukup lancar pada tahap dasar, mulailah untuk mengemudi di sekitaran komplek rumah. Hal ini bertujuan untuk membiasakan Anda mengemudi di lingkungan yang ada distraksinya.

Di sekitaran komplek, Anda akan menemui jalanan dengan banyak belokkan, orang berlalu-lalang, bahkan anak-anak kecil bermain di sekitar rumah mereka. Tapi tetap harus hati-hati, dan Anda masih harus didampingi oleh orang yang sudah mahir mengemudi.

Dengan berlatih mengemudi di sekitar komplek, insting Anda akan semakin terasah, semakin jeli dalam ‘membaca’ medan. Jangan lupa untuk mengontrol kecepatan, jangan ngebut, dan biasakan diri melihat ke arah spion.

Gunakan lampu sen dan berhati-hatilah saat berbelok, terutama di jalanan yang sempit. Perhatikan juga bagian belakang mobil, jangan sampai mobil menyerempet pembatas jalan, atau roda masuk ke selokan. Tetap fokus, namun juga harus santai.

4. Beralih ke Jalan Tanjakan


Nah, jika Anda sudah mulai terbiasa dan percaya diri menyetir di sekitar komplek, saatnya untuk beralih jalanan menanjak. Tanjakan memang sering menjadi momok yang ditakuti para pengemudi pemula.

Pasalnya, Anda dituntut untuk bisa menahan laju kendaraan supaya tetap stabil dan tidak mundur baik dalam keadaan diam ataupun ketika merayap di medan tanjakan.

Carilah jalan menanjak dengan kondisi sepi di sekitaran lingkungan tempat tinggal. Latihlah untuk berhenti sejenak di tengah tanjakan, kemudian gunakan rem tangan.

Lalu, lepas rem tangan perlahan, angkat juga kopling pelan-pelan, sembari menginjak gas sedikit demi sedikit. Jika mobil sudah mulai jalan, barulah rem tangan boleh benar-benar Anda lepas. Latihan ini sangat perlu dilakukan agar Anda tidak kaget ketika terjebak macet di jalan tanjakan.

Sebenarnya, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menahan mobil tidak mundur saat berhenti di tanjakan, yaitu menggunakan rem kaki, atau rem tangan.

Tetapi untuk pemula, ada baiknya menggunakan rem tangan saja karena Anda belum terbiasa dan akan kesulitan untuk memindahkan kaki kanan dari pedal rem ke pedal gas. Yang ada, nanti mobilnya malah mundur dan akan membahayakan apabila ada mobil lain di belakang Anda.

Sedangkan untuk pengemudi yang sudah mahir, biasanya malah tidak menggunakan rem tangan atau kaki, cukup menjaga keseimbangan antara kopling dan gas saja. Step ini biasanya perlu diulang berkali-kali agar semakin terbiasa.

Jangan lewatkan: Tips Aman Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan

5. Latihan Memarkir Mobil


Bila Anda sudah terbiasa di jalan tanjakan, sekarang mulai untuk latihan memarkir mobil. Parkir mobil mungkin terdengar mudah, tapi cukup merepotkan apabila Anda belum terbiasa.

Sebelumnya, Anda coba perhatikan bagaimana cara orang-orang memarkirkan mobilnya di mall, kantor, atau lokasi-lokasi khusus untuk parkir mobil.

Perkirakan panjang dan lebar area parkir, sesuaikan dengan ukuran mobil Anda. Jika sudah paham, baru Anda bisa mempraktikkannya sendiri.

Saat parkir mundur, perhatikan spion kanan, kiri, dan tengah. Jangan terlalu mepet dengan mobil lain atau apapun di samping kanan-kiri mobilmu. Ulangi beberapa kali hingga terbiasa dan pas instingnya.

Jika sudah lancar, barulah Anda mencoba untuk ke lokasi parkir lain yang lebih menantang. Tahap ini lumayan merepotkan, tapi teruslah mencoba dan jangan mudah menyerah sampai Anda benar-benar lancar dan terbiasa.

6. Saatnya Mengemudi di Jalan Raya


Tahap berikutnya ialah mengemudi di jalan raya. Jalan raya merupakan medan sesungguhnya yang harus dikuasai pengemudi.

Santai dan jangan tegang. Kemudikan mobilmu dengan kecepatan rendah, jangan panik bila banyak mobil mengantri di belakang atau menghujanimu dengan klakson. Jangan panik, dan tetap fokus ke arah depan. Ketika sudah memungkinkan, nantinya mereka juga akan menyalip Anda.

Berlatihlah memindahkan perseneling dari gigi 1 ke gigi 2, gigi 3, dan seterusnya. Di tahap ini adalah waktu yang tepat untuk Anda mencoba beberapa kecepatan. Ulangi terus sampai benar-benar lancar dan percaya diri.

7. Tambah Terus Jam Terbang Mengemudi


Anda telah dianggap berhasil bila sudah sampai pada tahap ini. Seiring berjalannya waktu, Anda akan semakin lancar dan percaya diri menyetir mobil di segala medan. Beranikan diri untuk memarkir sendiri mobil ke garasi.

Lanjutkan membaca: Tutorial Cara Menyetir Mobil Matic yang Mudah dan Aman untuk Anda

Sekali waktu, cobalah pergi ke suatu tempat untuk mengantar atau menjemput keluarga. Terus tambah jam terbang untuk mengasah kemampuan mengemudi Anda hingga semakin baik.

Selamat mencoba!

sumber:
www.hipwee.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com