7 Cara Latihan Menyetir Mobil yang Akan Menambah Rasa Percaya Diri Saat Mengemudi


Yoadit.com - Menyetir mobil menjadi salah satu kemampuan dasar yang penting untuk dimiliki di zaman modern ini. Oleh karenanya, banyak orang sekarang ini belajar menyetir mobil agar memiliki kemampuan dasar yang penting tersebut.

7 Cara Latihan Menyetir Mobil yang Akan Menambah Rasa Percaya Diri Saat Mengemudi
sumber: www.tribunnews.com
Kemampuan menyetir mobil memang sangat menunjang dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi Anda yang berencana untuk mengendarai mobil untuk aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Langkah-langkah Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pemula

Nah, bagi Anda para pemula yang baru belajar nyetir, ada baiknya untuk mengetahui beberapa cara latihan menyetir mobil yang akan buatmu makin PEDE saat berkendara di jalan.

1. Pahami Semua Fitur pada Dashboard Mobil


Memahami fitur-fitur pada dashboard menjadi hal pertama yang penting untuk dilakukan. Mulai dari lampu sen, wiper, audio, hingga beberapa additional button lainnya, penting untuk Anda ketahui apa saja fungsi-fungsi yang ada pada dashboard.

Pada pegangan setir sejumlah mobil juga ada yang menempatkan audio control dan tombol untuk mengatur spion, ketahui apakah mobil Anda juga memiliki fitur tersebut.

Selain itu, tombol membuka tutup bensin, kap mesin, AC, dan tombol lainnya juga ada di dashboard mobil, pahami semua fungsi tombol dengan baik. Pasalnya, ada beberapa mobil yang letak tombolnya memang berbeda satu sama lain.

2. Menyeimbangkan Kopling dan Gas


Jika Anda menggunakan mobil dengan transmisi manual, belajar menyesuaikan kopling menjadi hal yang wajib dilakukan. Anda harus bisa menyeimbangkan antara pedal kopling dan gas, serta saat berpindah gigi.

Kondisikan kaki kanan untuk selalu berada di antara gas atau rem, sedangkan kaki kiri diposisikan hanya untuk kopling.

3. Menyetir di Jalan Tanjakan


Tanjakan seringkali menjadi momok bagi para pengemudi yang baru belajar nyetir. Padahal, ada banyak jalan menanjak di sekitar Anda yang mesti dilalui, seperti jalan tol, jalan perbukitan, bahkan tanjakan di basement parkiran gedung.

Jika ingin lebih percaya diri di jalan menanjak, Anda harus belajar mengatur rem tangan, kopling dan gas. Pengemudi pemula ada baiknya mengandalkan rem tangan, dan saat akan maju sambil menginjak gas, lepaskan rem tangan perlahan-lahan.

Jangan lewatkan: Tips Aman Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan

Latih pula kemampuan mengemudi Anda saat harus menghadapi kemacetan di tanjakan supaya makin percaya diri saat berkendara sendiri.

4. Melewati Gang Sempit


Gang sempit di sini maksudnya bukan gang kecil yang ukurannya masih muat dilewati mobil. Belajar mengemudi melewati gang sempit akan mengasah keterampilan Anda dalam menyetir. Di sinilah ‘feeling’ menyetir Anda akan diasah.

Dengan latihan ini, Anda akan mengetahui seberapa pasti ukuran mobil yang dikendarai. Selain itu, juga akan mengasah kemampuan respon Anda ketika tiba-tiba ada orang menyeberang atau saat berpapasan dengan kendaraan lain meski di jalan yang sempit.

5. Putar Balik (U Turn)


Putar balik menjadi manuver yang penting untuk dikuasai saat mengemudi. Mungkin terlihat sepele, tapi tidak semua jalan memiliki lebar pembatas dan putaran balik yang sama.

Jika melewati U turn yang lebar mungkin bukan perkara yang sulit, tetapi bagaimana jika harus putar balik di U turn yang kecil dengan pembatas jalan yang kecil? Anda harus memiliki penaksiran yang tepat.

Terkadang harus maju-mundur dulu baru bisa belok, belum lagi ketika banyak kendaraan yang turut mengantri saat akan putar balik. Apalagi, jika terjadi antrian kendaraan dari arah belakang, tentu akan sedikit merepotkan.

6. Memarkir Mobil di Segala Kondisi


Latihan yang satu ini enggak boleh dilewatkan dan penting juga untuk dikuasai. Anda harus mampu memarkirkan mobil di segala situasi dengan berbagai cara.

Pertama, cobalah untuk belajar parkir biasa, kemudian latihan parkir mundur, parkir paralel, parkir di mall atau basement gedung, hingga parkir di jalanan tanjakan.

Dengan latihan tersebut, Anda akan lebih siap menghadapi bermacam kondisi lahan parkir, dari yang mudah hingga yang paling sulit sekalipun. Kalau mobil yang sudah canggih sih mungkin bisa lebih mudah karena biasanya dilengkapi dengan sensor atau kamera.

7. Menyetir di Jalan Tol


Berkendara di jalan tol tampaknya bukan hal yang sulit, tapi sebenarnya bisa membuat grogi bagi Anda yang baru belajar nyetir. Bila Anda baru pertama kali menyetir di jalan tol, sebaiknya menyetirlah di sebelah kiri atau jalur lambat.

Tingkatkan terus jam terbang Anda untuk mengemudi di jalan tol, agar kamu terbiasa dan lebih percaya diri.

Lanjutlan membaca: Begini Cara Menyetir Mobil Manual yang Mudah dan Aman

Demikian informasi dari kami mengenai 7 cara belajar nyetir mobil yang akan buat Anda makin percaya diri saat harus mengemudi sendiri. Oh iya, pastikan Anda sudah memiliki SIM A dulu ya sebelum menyetir di jalan. Enggak usah terburu-buru, tetap hati-hati dan utamakan keselamatan.

Selamat mencoba!

sumber:
www.yukepo.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com