Begini Cara Menyetir Mobil Manual yang Mudah dan Aman

Yoadit.com - Mayoritas pengemudi sebenarnya sudah memahami fungsi-fungsi yang ada di dalam mobil. Namun, belum tentu mengetahui cara menyetir mobil manual yang mudah dan aman sehingga kecelakaan di jalan raya masih saja kerap terjadi.

Tips Menyetir Mobil Manual di Jalanan Mendatar


Begini Cara Menyetir Mobil Manual yang Mudah dan Aman
sumber: www.vebma.com
Banyak hal yang perlu diperhatikan bila ingin menjadi pengemudi mobil yang handal. Nah, berikut kami bagikan tips-tips atau cara menyetir mobil manual yang mudah dan aman sehingga Anda dan keluarga dapat sampai ke tujuan dengan selamat.

1. Selalu Gunakan Sabuk Pengaman (Seatbelt)


Masuklah ke mobil yang berada di posisi datar, lalu kenakan sabuk pengaman supaya lebih aman dalam perjalanan. Jangan anggap sepele fungsi sabuk pengaman karena dengan menggunakannya risiko cedera akibat kecelakaan dapat lebih diminimalisir.

2. Atur Tempat Duduk Agar Lebih Nyaman


Sebelum memulai perjalanan, pastikan Anda telah memposisikan duduk dengan nyaman. Atur sedemikian rupa agar Anda dapat lebih mudah saat mengoperasikan kendaraan.

3. Kenali Fungsi Semua Pedal


Bagi Anda yang baru mulai belajar mengemudi, ketahui dengan jelas fungsi-fungsi pada mobil manual. Pedal sebelah kiri berfungsi sebagai kopling. Pedal yang berada di tengah berfungsi sebagai rem. Dan pedal yang berada di sebelah kanan berfungsi sebagai gas. Jangan sampai salah injak yah!

4. Penguasaan Kopling


Fungsi kopling ialah pemutus putaran mesin dan putaran roda yang masih terhubung. Selain itu, kopling juga berfungsi untuk berpindah gear (gigi), sehingga tidak merusak roda gigi yang berada di masing-masing gigi transmisi.

Ingat yah, jangan sampai lupa menginjak pedal kopling saat hendak mengurangi atau menambah gigi.

Perlu Anda ketahui bahwa mesin mobil sudah mengalami putaran meskipun mobil belum berjalan. Namun putaran mesin belum terhubung ke roda sehingga tidak akan bergerak apabila Anda belum memasukkan atau mengubah tuas gear dari N (Netral) ke R atau Gear 1-6.

Mesin yang berputar akan terhubung ke roda ketika tuas persenelling berada pada posisi 1/2/3/4/5/6, dan R dengan posisi kopling tidak ada tekanan. Ketika Anda menginjak kopling, maka roda dan mesin tidak akan terhubung.

5. Pengoperasian Pedal


Konsentrasi untuk mengingat bagaimana jarak ayunan pedal diperlukan dalam pengoperasian pedal. Ada kalanya, masing-masing mobil memiliki setelan pedal yang berbeda.

Dalam cara menyetir mobil manual, biasakan untuk melepas pedal kopling secara perlahan dan teratur agar mobil tidak loncat atau mesin mati mendadak.

6. Menjalankan Mobil


Sebelum Anda menyalakan mesin mobil, pastikan tuas persenelling berada di posisi N. Saat memindahkan tuas persenelling, injak pedal kopling secara penuh.

Untuk bergerak mundur, pindahkan tuas ke posisi gear R. Sedangkan untuk bergerak maju, pindahkan tuas ke posisi 1, lalu 2 dan seterusnya bila ingin menambah kecepatan.

Ketika hendak bergerak, sebelumnya injak kopling secara penuh, pindahkan tuas persenelling ke posisi 1. Injak gas perlahan diikuti dengan melepas pedal kopling secara perlahan dan teratur. Dengarkan suara mesin, kenali suara mesin mobil yang akan Anda kemudikan.

Ketika mulai menjalankan mobil, tekanan gas dan lepasan kopling harus seimbang sehingga mobil dapat berjalan dengan nyaman dan tidak mati mendadak.

Kopling yang dilepas terlalu cepat dapat menyebabkan mesin mobil mati. Sedangkan kopling yang terlalu lambat dilepas juga akan membuat perputaran mesin mobil berlebihan sehingga kopling cepat aus dan bisa mengeluarkan asap.

7. Perpindahan Gigi Transmisi


Tuas gigi merupakan hal penting yang perlu diketahui saat mengemudi mobil manual. Jika mesin telah dihidupkan dan suaranya stabil, maka Anda dapat memindahkan tuas transmisi dari Netral (N) ke posisi gigi 1.

Posisi gigi 1 biasanya berada di bagian kiri atas pada tuas transmisi. Pastinya di setiap tuas transmisi sudah terdapat petunjuk atau tulisan mengenai posisi masing-masing gigi.

Ketika mobil berjalan, Anda dapat menambah kecepatan dengan menginjak kopling dan memindahkan tuas gear ke posisi di atasnya dan melepas kembali pedal kopling dengan menginjak gas secara perlahan.

Perhatikan pula indikator RPM pada mesin, ketika telah melewati angka 2 dan seterusnya, Anda dapat memindahkan tuas transmisi ke posisi 2, 3, dan seterusnya.

Cara Menyetir Mobil Manual di Jalanan Menurun


Ketika Anda melewati jalan dengan kondisi turunan, maka persenelling juga sebaiknya diturunkan. Turunan yang cukup curam, ada baiknya Anda memposisikan gear di angka 2. Lalu gunakan rem seperlunya untuk mempertahankan kecepatan saat melewati jalan menurun.

Jaga posisi RPM mesin dalam keadaan aman. Jangan hanya mengandalkan rem saja, tapi juga manfaatkan RPM mesin dengan menggunakan transmisi gigi rendah pada jalanan menurun.

Terlalu sering menggunakan rem juga dapat membuat rem cepat panas dan engine brake-nya bisa hilang. Selain itu, menggunakan rem sepenuhnya saat melewati turunan juga dapat mengakibatkan mobil kehilangan booster rem mobil akan melaju lebih cepat, tidak terkendali, dan membahayakan keselamatan Anda dan pengendara lainnya.

Cara Menyetir Mobil Manual di Jalan Tanjakan


Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyetir mobil manual di jalan tanjakan, antara lain:

  • Gunakan fungsi rem tangan.
  • Tenaga mesin mobil.
  • Beban muatan yang dibawa.
  • Gunakan transmisi gigi rendah.
  • Jangan terlalu dekat dengan truk bermuatan yang membawa beban berat.
  • Hindari menyalip saat berada di tanjakan, kecuali kondisi benar-benar aman.


Cara Menyetir Mobil Manual di Jalan Pegunungan


Jalur pegunungan umumnya memiliki kondisi jalan yang berkelok-kelok disertai dengan banyak tanjakan dan turunan. Pengemudi harus ekstra hati-hati bila mengendarai mobil di jalan pegunungan karena memiliki tingkat kerawanan kecelakaan yang tinggi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengemudi mobil di jalur pegunungan, antara lain:

  • Gunakan gigi transmisi rendah.
  • Perhatikan RPM mesin agar mendapatkan tenaga yang cukup saat melewati jalan menanjak.
  • Jalur pegunungan akan menghabiskan bahan bakar lebih banyak, pastikan Anda mengisi cukup bahan bakar agar tidak kehabisan di tengah perjalanan.
  • Perlambat kendaraan saat melewati tikungan.
  • Bunyikan klakson pendek 1 atau 2 kali saat melewati tikungan yang tajam.
  • Jangan menyalip di tikungan dan pastikan jalan benar-benar aman ketika hendak menyalip.


Demikian sejumlah tips atau cara menyetir mobil manual yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga dengan ulasan di atas dapat memudahkan Anda dalam mengemudi mobil dengan transmisi manual.

Hati-hati di perjalanan yah! Jangan terburu-buru, santai saja saat mengemudi yang penting Anda dan keluarga selamat sampai tujuan.

sumber:
showroommobil.co.id

 

Start typing and press Enter to search