Tutorial Cara Menyetir Mobil Matic yang Mudah dan Aman untuk Anda

Yoadit.com - Cara menyetir mobil matic memang bukan hal mudah bagi Anda yang belum terbiasa. Menyetir mobil merupakan suatu keterampilan yang tidak hanya membutuhkan konsentrasi, tapi juga koordinasi visual motorik yang baik.

Konsentrasi dan koordinasi visual motorik merupakan dua hal penting yang perlu dimiliki oleh pengemudi. Konsentrasi dalam memperhatikan lalu lintas, mengelola pengaturan kopling dan perseneling agar sesuai dengan kondisi jalanan, dan konsentrasi saat mengatur kecepatan kendaraan.

Namun, hal ini berlaku bila Anda mengendarai mobil dengan transmisi manual. Lantas, bagaimana jika Anda menggunakan mobil dengan transmisi otomatis alias matic? Justru sebenarnya, mobil matic lebih mudah untuk dikendarai, asal Anda tahu caranya.

Baca juga: 6 Tips yang Perlu Diingat Bila Ingin Ikut Kursus Mengemudi

Cara Mengemudi Mobil dengan Transmisi Otomatis


Tutorial Cara Menyetir Mobil Matic yang Mudah dan Aman untuk Anda
sumber: jogja.tribunnews.com
Mobil-mobil keluaran terbaru di tahun-tahun belakangan ini banyak yang menerapkan teknologi transmisi automatic (matic). Mobil matic sebenarnya memiliki pengoperasian yang lebih sederhana dan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi pengendara.

Sebelum kita melangkah tentang tips-tips menyetir mobil matic, ada baiknya ketahui dulu beberapa fakta menarik tentang mobil matic berikut ini:

  • Pastikan posisi tuas berada di P bila ingin menghidupkan mesin mobil matic.
  • Mobil tidak mundur saat mesin mati ditanjakan, sehingga Anda dan penumpang tetap aman.
  • Konsentrasi saat mengemudi pada monitor di bawah kemudi yang menunjukkan kecepatan kendaraan, posisi perseneling, lampu, tangki bahan bakar, dan temperatur mesin.


Perbedaan paling mendasar antara mobil matic dan mobil manual ialah pada jumlah pedalnya. Terdapat 3 pedal pada mobil manual, sedangkan mobil matic hanya memiliki dua pedal.

Perbedaan lainnya, mobil matic juga memiliki tuas-tuas sebagai berikut:

  • P (PARK) = untuk posisi parkir, atau dapat digunakan saat jalan macet dan berhenti yang diperkirakan selama lebih dari 10 menit. Pastikan tuas persenelling berada di posisi P ketika mobil dalam keadaan berhenti cukup lama.
  • R (RETURN) = digunakan untuk berjalan mundur.
  • N (NEUTRAL) = digunakan untuk jalanan macet atau berhenti agar pengemudi tidak capek. Ketika tuas persenelling di posisi N, ada baiknya dibantu dengan rem tangan supaya mobil benar-benar berhenti. Anda bisa melepaskan posisi kaki dari pedal rem dan gas.
  • D (DRIVE) = digunakan untuk berjalan maju. Drive terdiri dari D1, D2, dan D3. D2 dan D1 digunakan bila ingin mobil berjalan dengan kecepatan rendah.

Jangan lewatkan: Jangan Anggap Sepele, Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Mengemudi


Adapun langkah-langkah dalam menyetir mobil matic, antara lain:

  1. Pastikan tuas persenelling berada di posisi P, injak pedal rem, lalu nyalakan mesin.
  2. Biarkan beberapa saat untuk memanaskan mesin mobil.
  3. Arahkan tuas ke D1 bila ingin maju, atau R untuk berjalan mundur sambil pedal rem terus diinjak.
  4. Perlahan, pijakan pada rem diangkat sedikit demi sedikit agar kendaraan bergerak.
  5. Baru selanjutnya gas diinjak untuk meningkatkan kecepatan mobil.
  6. Geser tuas ke D1, D2, atau D3 sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.
  7. Saat berada di jalan menanjak, geser tuas ke posisi L. Biasakan untuk menginjak pedal rem saat menggeser tuas.


Salah satu keunggulan mobil matic atau mobil keluaran terbaru ialah adanya fitur pengunci otomatis yang bekerja saat tuas digeser ke D. Selain itu, juga terdapat fitur tombol untuk mengatur posisi kaca spion samping.

Kecanggihan lainnya yang terdapat pada mobil matic ialah adanya sejumlah tombol di jari-jari kemudi yang fungsinya untuk memutar radio, musik, ataupun televisi, lengkap pula bersama tombol volumenya.

Tips Menyetir Mobil Matic di Tanjakan


Penggunaan mobil matic memang sangat mudah dan tidak ribet. Bahkan, sekarang telah banyak wanita yang menggunakan mobil matic karena lebih mudah untuk dikemudikan.

Tidak hanya mudah dan hemat saat dikendarai jalanan kota yang sering macet, mobil matic juga mudah digunakan di jalan yang menanjak atau menurun.

Dalam mengendarai mobil matic di area tanjakan, sebelumnya Anda harus memperkirakan tingkat ketinggian yang akan dilewati. Jika tanjakan masih termasuk standar, maka dapat menggunakan mode D3 pada tuas persenelling.

Bedanya dengan mobil manual, saat berpindah tuas persenelling maka harus memperhatikan RPM. Sedangkan pada mobil matic, yang perlu diperhatikan ialah limit kecepatannya dan bukan pada RPM.

Sedangkan jika Anda akan melewati jalanan dengan tingkat tanjakan yang cukup tinggi seperti di daerah pegunungan, maka menggunakan mode D2 atau D1 agar dapat melalui tanjakan tersebut dengan mudah.

Sedangkan bila tanjakan tampak sangat curam, maka dapat memindahkan tuas persenelling ke posisi L. Transmisi pada posisi L juga dapat diterapkan apabila mobil berada di pertengahan tanjakan dan terjadi kemacetan arus lalu lintas.

Cara Menyetir Mobil Matic di Jalanan Macet


Menyetir mobil matic juga akan sangat memudahkan pengemudi di tengah kondisi jalan macet. Anda tidak perlu mengubah-ubah posisi persenelling, cukup menahan rem sebentar untuk membuat mobil berhenti sejenak.

Atau Anda bisa memindahkan tuas ke posisi P atau N jika macetnya terjadi agak lama lebih dari 10 menit.

Demikian informasi dari mengenai cara menyetir mobil matic. Semoga perjalanan Anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

Lanjutkan membaca: Cara Merawat Mobil yang Tepat Bagi Pemula

Bagi yang belum memiliki mobil matic, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Tentunya dengan berbagai kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkan, berganti ke mobil matic bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sumber:
daihatsu.co.id
showroommobil.co.id

 

Start typing and press Enter to search