16 Fakta Menarik Tentang Kucing yang Kamu Wajib Tahu!


Yoadit.com - Apakah kamu seorang pecinta kucing? Berapa banyak hal yang kamu ketahui tentang hewan peliharaan yang menggemaskan satu ini?

Meski sering dianggap hewan yang nakal dan pemalas, ternyata kucing memiliki berbagai fakta menarik dan unik yang akan buat kamu makin sayang dengan hewan lucu yang satu ini.

Apa saja fakta-fakta tentang kucing yang menarik untuk diketahui? Berikut kami sampaikan ulasannya untuk Anda!

(Baca juga: Pecinta Kucing Harus Tahu! 12 Manfaat Menjadikan Kucing Sebagai Hewan Peliharaan)

1. Kucing Adalah Hewan Paling Bersih dan Anti Bakteri


16 Fakta Menarik Tentang Kucing yang Kamu Wajib Tahu!
Kucing merupakan hewan yang menyukai kebersihan. Misalnya saja di bagian kulitnya, terdapat otot-otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri. Otot kucing tersebut juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia lho.

Selain itu, lidah kucing merupakan alat pembersih yang paling canggih. Terdapat banyak benjolan kecil runcing yang menutupi bagian permukaannya. Benjolan tersebut berbentuk bengkok dan mengerucut seperti kikir atau gergaji yang sangat berguna untuk membersihkan kulit mereka.

Permukaan lidah kucing yang kasar juga berguna untuk membuang atau membersihkan bulu-bulu mati yang tersisa di badannya. Gerigi pada lidah kucing juga berfungsi saat minum sehingga tidak ada setetes pun cairan yang jatuh dari lidahnya.

Berbagai penelitian terhadap kucing telah dilakukan mulai dari perbedaan usia, perbedaan posisi kulit, punggung, bagian dalam telapak kaki, pelindung mulut, hingga ekor.

Sampel yang diambil menunjukkan bahwa tidak ada kuman berbahaya yang menempel pada bagian-bagian tubuh kucing tersebut. Meskipun telah dilakukan secara berulang-ulang.

Dari berbagai sumber terpercaya dan hasil penelitian laboratorium menyimpulkan pula bahwa tidak terdapat kuman dan mikroba berbahaya yang menempel pada tubuh kucing karena air liurnya yang digunakan untuk menjilati bulu dan bagian tubuh lainnya berfungsi sebagai pembersih yang sangat ampuh.

Berikut ini juga kami sampaikan beberapa komentar dari para dokter dan peneliti terkait tubuh kucing:

  • Dr George Maqshud, Ketua Laboratorium di Rumah Sakit Hewan Baitharah mengatakan jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing. Jika terdapat kuman, maka kemungkinan kucing itu akan sakit.
  • Sa’id Rafah, Dokter hewan di rumah sakit hewan Damaskus menegaskan bahwa kucing memiliki perangkat pembersih bernama lysozyme yang ampuh membersihkan bakteri dari tubuhnya.
  • Kucing juga tidak suka air karena mereka menganggap air menjadi tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri. Terutama pada air yang menggenang, air yang mengandung lumpur, maupun genangan air hujan.
  • Kucing juga suka berjemur untuk menjaga suhu tubuhnya sehingga tidak ada bakteri yang dapat berkembang di tubuhnya.


Beberapa hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa kucing adalah hewan yang bersih, bahkan lebih bersih daripada manusia.

2. Dengkuran Kucing Menurunkan Tingkat Stres


Kucing merupakan hewan peliharaan yang sudah sejak dulu digunakan untuk terapi. Ketika Ia menyukai kucing berada di dekat orang yang disukainya, kucing akan mengeluarkan dengkuran  sebesar 50Hz yang menurut para ahli sangat baik untuk kesehatan dan dapat menurunkan tingkat stres, begitu juga ketika kita mengelusnya.

3. Kucing Dapat Menggunakan Semua Kakinya Sekaligus


Sejumlah pecinta kucing penasaran apakah peliharaannya itu termasuk jenis kidal atau bukan. Padahal, sebagian besar kucing dapat menggunakan kaki kiri ataupun kanannya sekaligus.

4. Kucing Suka Minuman Dingin


Tahukah Anda, Kucing lebih suka bila makanannya disajikan dalam suhu ruangan. Tetapi untuk minumnya, ternyata kucing lebih suka dengan yang bersuhu dingin.

5. Kucing Dapat Membedakan Warna


Bila banyak hewan yang tidak dapat membedakan warna, ternyata kucing tidak buta warna lho. Kucing mampu membedakan warna oranye, ungu, kuning, dan warna-warna lainnya dengan jelas. Selain itu, penglihatan mereka juga sangat tajam pada malam hari.

6. Kucing Mengerti Saat Dimarahi


16 Fakta Menarik Tentang Kucing yang Kamu Wajib Tahu!
Ketika kita marah atau berteriak pada kucing, sebenarnya mereka mengerti meski tampak tidak peduli. Begitu pula saat kita menunjukkan kasih sayang, kucing akan mendengkur karena menyukainya.

7. Penemu Pintu Kucing Adalah Isaac Newton


Apakah di rumah Anda terdapat pintu khusus kucing? Tahukah Anda siapa yang pertama kali menemukan ide ini?

Isaac Newton, seorang penemu dan ilmuwan terkenal ternyata adalah orang yang pertama kali menemukan ide untuk membuat pintu khusus kucing.

Awalnya Ia merasa terganggu dengan kucing peliharaannya  yang sering mengeong karena ingin keluar masuk rumah. Ia lantas membangun pintu khusus kucing di rumahnya.

8. Tukang Kawin


Kucing dewasa yang birahi akan terus menerus menghasilkan keturunan. Bahkan, beberapa orang iseng memberinya sebutan mesin pembuat anak. Pasalnya, tidak lama setelah melahirkan dan menyusui, kucing akan langsung minta kawin lagi.

9. Tidak Ada Kucing yang Memiliki Bentuk Hidung Sama


Tahukah Anda, kalau kucing memiliki bentuk hidung yang berbeda antara satu dengan yang lainnya? Bahkan, bentuk hidung tersebut disebut layaknya sidik jari manusia yang pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya.

10. Semua Kucing Tukang Tidur


16 Fakta Menarik Tentang Kucing yang Kamu Wajib Tahu!
Kucing secara alami memang terlahir sebagai tukang tidur. Rata-rata seekor kucing dapat menghabiskan 16 jam per hari atau 70% dari hidupnya untuk tidur. Misalnya saja ada kucing berumur 10 bulan, artinya ia hanya terbangun dengan total waktu 3 bulan saja dalam hidupnya.

Jadi, wajar lah kalau kucing kamu suka tidur, memang sudah kodrat alamiahnya kali yah? Dia ini bangun cuma kalau pas lapar dan mau kawin saja nih kayaknya!

11. Cara Menunjukkan Perasaan Suka


Sebagai karnivora, kucing pada dasarnya merupakan pemburu yang ulung.  Jadi, ketika kucing ingin menunjukkan perasaan suka pada manusia, satu-satunya cara yang ada di otak mereka ialah dengan memberikan hasil buruan.

Jadi, jangan kaget kalau kucing Anda tiba-tiba membawa bangkai tikus atau burung ke dalam rumah. Itu tandanya, Ia menyukaimu lho!

12. Kelebihan Kucing Dibandingkan Anjing


Banyak yang menganggap bahwa anjing lebih unggul dibandingkan kucing. Kalau masalah penciuman dan kesetiaan memang iya sih. Tapi kucing juga memiliki keunggulan lain lho dibandingkan anjing.

Pertama, kucing memiliki pendengaran yang lebih bagus dibandingkan anjing. Kedua, penglihatan kucing juga lebih tajam dibandingkan anjing. Selain itu, kucing juga menjadi hewan yang lebih banyak dipelihara di dunia bila dibandingkan anjing.

(Jangan lewatkan: Lebih Baik Mana, Pelihara Anjing atau Kucing?)

13. Kucing Suka Ketinggian


Fakta menarik kucing berikutnya ialah ternyata kucing memang menyukai tempat-tempat tinggi. Entah apa alasan yang ada di benaknya. Mungkin karena dia memang ahli memanjat, atau karena dengan berada di ketinggian, dia dapat mengamati mangsanya dengan lebih mudah.

Selain menyukai ketinggian, kucing juga memiliki kemampuan untuk mendarat dengan mulus ketika terjatuh dari tempat tinggi. Bahkan, konon kucing dapat selamat meski terjatuh dari tempat setinggi 20 sampai 320 meter.

Hal itu dikarenakan kucing dapat mengatur posisi dan mengurangi kecepatan saat mereka terjatuh dari tempat tinggi. Namun, diperlukan waktu yang cukup untuk dapat mengeluarkan kemampuannya tersebut.

Sehingga jika kucing terjatuh dari lantai yang lebih pendek kemungkinan hidupnya justru lebih kecil karena belum sempat mengatur posisinya dengan sempurna.

14. Kumis Kucing


Kenapa kucing punya kumis? Apakah karena ingin terlihat lebih macho dan maskulin? Bukan itu guys. Tahu enggak sih, ternyata kumis kucing itu memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kumisnya itulah, kucing dapat mengukur seberapa muat tubuh mereka untuk melewati suatu celah sehingga meminimalisir risiko untuk dapat terjepit di celah yang sempit.

Selain itu, kumis kucing konon juga berfungsi untuk mengukur dan mengunci target mangsanya supaya lebih tepat ketika mereka menangkapnya. Benar enggak yah?

15. Minum Air Laut Bukan Masalah Bagi Kucing


Kita semua tahu kalau minum air laut justru dapat mengakibatkan dehidrasi dan berbahaya untuk kesehatan. Nah, bagi kucing minum air laut bukanlah masalah karena garam yang terkandung pada air laut dapat disaring oleh ginjal sehingga mereka tidak mengalami dehidrasi.

16. Hewan Kesayangan Nabi Muhammad SAW


Seperti yang sudah sering kita dengar bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki seekor kucing yang bernama Mueeza.

Alkisah, ketika Nabi hendak mengambil jubahnya dan melihat Mueeza tengah tertidur lelap di atasnya, Nabi pun memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza karena tidak ingin mengganggu hewan kesayangannya itu.

Mueeza selalu terbangun dan merunduk sujud ketika Nabi kembali ke rumah. Nabi pun kemudian selalu membalas kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke badan mungil kucing itu sebanyak 3 kali.

Seringpula, ketika Nabi menerima tamu di rumahnya, beliau selalu menggendong Mueeza dan menaruh di pangkuan pahanya. Nabi sangat suka dengan salah satu sifat Mueeza yang selalu mengeong ketika mendengar Adzan.

Bahkan, kepada para sahabat Nabi selalu berpesan untuk menyayangi kucing dan hewan peliharaan layaknya keluarga sendiri.

Dalam sebuah hadits shahih Al Bukhari, Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa hukuman bagi orang yang menyiksa hewan peliharaannya adalah siksa neraka.

Dari Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai,” (HR. Bukhari).

Di beberapa hadist, Nabi SAW juga menekankan bahwa kucing tidaklah najis. Bahkan, diperbolehkan untuk berwudhu menggunakan air bekas minum kucing karena masih dianggap suci.

Diriwayatkan dari Ali bin Al-Hasan, dan Anas yang menceritakan bahwa Nabi SAW pergi ke Bathhan, yaitu suatu daerah di Madinah. Lalu, beliau berkata, “Ya Anas, tuangkan air wudhu untukku ke dalam bejana”. Kemudian Anas menuangkan air, ketika Nabi menuju bejana dilihatnya seekor kucing datang dan menjilati bejana.

Melihat itu, Nabi berhenti sampai kucing tersebut berhenti minum baru kemudian berwudhu menggunakan air di bejana tersebut. Ketika sahabat bertanya mengenai kejadian tersebut, Nabi menjawab, “Ya Anas, kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori sesuatu, bahkan tidak ada najis.”

(Lanjutkan membaca: Kamu Suka Kucing? Ini Dia 7 Karakter Khas yang Dimiliki Cewek Pecinta Kucing)

Demikian informasi dari kami mengenai 16 fakta menarik kucing yang wajib kamu tahu. Nah, bagaimana denganmu? Kucing jenis apa yang kamu pelihara di rumah?

Sumber:
kaltim.tribunnews.com
www.merdeka.com
www.selipan.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com