7 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Ingin Berlibur Sendirian

Yoadit.com - Traveling menjadi aktivitas yang tidak sekadar melepas penat, tapi juga dapat membuka mata dan hati terhadap hal-hal baru yang bahkan mampu mengubah hidup seseorang.

7 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Ingin Berlibur Sendirian
Namun, kecemasan dan stres juga dapat muncul ketika Anda tengah melakukan traveling. Terkadang ada saja hal-hal yang melenceng dari semua rencana perjalanan yang sudah disusun dengan begitu detail.

Menurut Breffni Horgan, seorang pakar traveling, kecemasan sebelum bepergian merupakan hal yang normal. Namun, melancong tetaplah menjadi hal yang positif dan dapat menginspirasi apabila dipersiapkan dengan baik.

Bagaimana jika Anda melakukan traveling sendirian? Traveling sendirian juga dapat menjadi bagian dari semua kegembiraan, ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari traveling sendirian, di antaranya dapat membuat lebih percaya diri, mudah untuk menemukan jati diri dan berbagai hal inspiratif yang kreatif.

Akan tetapi, ketika melakukan traveling sendirian ada baiknya memperhatikan beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan para traveler sehingga Anda dapat menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan.

Baca juga: Ini Dia Barang-barang Penting yang Harus Dibawa Agar Liburanmu Tenang, Nyaman, dan Berkesan!

Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika Anda melakukan traveling sendirian untuk mengisi waktu liburan:

1. Kurangnya Pengelolaan Waktu yang Baik


Saat merencanakan perjalanan sendirian, berbagai kemungkinan sudah harus kita persiapkan, mulai dari penerbangan Anda yang datang terlambat, terjebak kemacetan di jalan, hingga saat Anda tersesat.

Anda harus memiliki cadangan waktu yang cukup sehingga dapat tiba di tujuan dengan tenang dan nyaman. Dengan demikian stres dan gelisah selama traveling dapat terhindari meski di tengah musim liburan yang sibuk.

2. Mengabaikan Asuransi Perjalanan


Saat pergi berlibur, ada berbagai hal di luar prediksi yang dapat terjadi. Baik kaitannya dengan ketepatan waktu atau adanya masalah keamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Meski mahal, asuransi perjalanan dapat membuat Anda lebih tenang dan terhindar dari kegelisahan selama pergi liburan.

3. Merasa Wajib Mengunjungi Setiap Objek Wisata


Keharusan mengunjungi setiap tempat wisata menjadi kesalahan dalam traveling sendirian yang berikutnya. Saat pergi berlibur, seringkali kita merasa khawatir untuk melewatkan satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di kota tujuan.

Padahal, tidak ada kewajiban untuk kita mengunjungi semua tempat wisata yang ada. Hal terpenting ialah bagaimana merencanakan liburan yang diinginkan sesuai dengan waktu yang dimiliki. Dengan begitu perjalanan Anda akan lebih tenang, aman, dan menyenangkan.

4. Mengabaikan Waktu Istirahat dan Makan


Ketika akhirnya dapat berlibur ke tempat yang diinginkan, seringkali membuat kita terlalu senang hingga mengabaikan waktu istirahat saat berada di kota tujuan.

Padahal, waktu istirahat dan makan yang cukup merupakan hal penting yang harus diperhatikan agar kondisi fisik Anda tidak terganggu selama dalam perjalanan.

5. Banyak Mengeluh dan Kurang Bersabar


Saat pergi liburan, banyak orang yang secara tidak realistis berharap bahwa seluruhnya akan berjalan lancar sesuai rencana. Padahal, kemungkinan sebaliknya bisa saja terjadi.

Menurut Patricia Hajifotiou, penulis “Travel Like You Mean It!” ada dua hal yang perlu diingat oleh para traveler selama dalam perjalanan, yaitu kesabaran dan perspektif.

Ketika suatu hal terjadi di luar rencana, kurangi mengeluh dan lihatlah ada kesempatan apa yang bisa Anda lakukan dari kejadian itu. Marah dan kesal hanya akan membuat Anda kehilangan elemen penting dalam setiap perjalanan, yaitu kebahagiaan.

6. Tidak Melakukan Riset dengan Baik Sebelum Berangkat


Hotel dan objek wisata yang ditampilkan secara online tidak selalu seperti aslinya. Tapi setidaknya, dengan melakukan riset dan meminta rekomendasi sebelum memesan hotel atau menyusun rencana perjalanan, Anda akan dapat mempersiapkan berbagai alternatif dari segala kemungkinan yang dapat terjadi selama liburan.

7. Memilih Tetap di Zona Aman


Hilangkan ketakutan untuk menjelajahi tempat-tempat baru. Regangkan batasan emosional Anda ketika menjelajahi lokasi geografis baru atau tempat-tempat menantang yang akan memberi pengalaman mengesankan selama liburan.

Jangan lewatkan: Begini Cara Pembuatan Paspor dan Visa Untuk Anda yang Ingin Traveling ke Luar Negeri

Demikian informasi dari kami mengenai 7 kesalahan yang perlu dihindari saat berencana liburan sendirian. Semoga membantu Anda untuk meraih berbagai pengalaman mengesankan selama perjalanan liburan.

Sumber:
traveling.bisnis.com

 

Start typing and press Enter to search