Ingin Liburan Saat Musim Hujan? Begini Tips Memilih Tempat Wisata yang Cocok di Musim Hujan

Yoadit.com - Traveling diyakini bukan lagi sekadar tren atau gaya hidup, tapi juga menjadi salah satu obat bagi Anda yang ingin selalu hidup sehat dan bahagia.

Ketika budget sudah mencukupi untuk memanjakan diri pergi liburan, hal berikutnya yang perlu dipikirkan ialah menentukan lokasi tujuan untuk liburan.

Mungkin tidak begitu sulit untuk kita menentukan lokasi liburan saat musim panas. Tapi bagaimana jika Anda ingin berlibur saat musim hujan? Tentu tidak boleh asal dalam menentukan lokasi liburan, Anda harus lebih cermat bila ingin liburan Anda tetap mengesankan meski saat musim hujan.

Ingin Liburan Saat Musim Hujan? Begini Tips Memilih Tempat Wisata yang Cocok di Musim Hujan
Nah, berikut ini kami akan berbagi tips-tips menarik dalam  menentukan lokasi liburan saat musim hujan sehingga traveling Anda tetap nyaman dan berkesan.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Ingin Berlibur Sendirian

Sesuaikan Liburan dengan Tujuan dan Kebutuhan


By the way, setiap traveler tentu memiliki tujuan dan kebutuhan berbeda-beda dalam melakukan liburan.

Ada yang sekadar hobi, ingin mencari tantangan baru, suka dengan seni dan budaya lokal setempat, ingin menghilangkan penat, atau ada juga yang hanya ingin seru-seruan saja bareng teman maupun keluarga.

Oleh karena itu, dalam menentukan lokasi liburan tentunya harus disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan. Misalnya, bagi yang sekadar ingin menghilangkan penat, Anda dapat berlibur dengan melakukan staycation di hotel yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan kuliner.

Atau bisa juga menginap di villa yang menyajikan pemandangan alam mempesona yang berada di sekitar perbukitan atau perkebunan teh.

Selain itu, berkunjung ke tempat pemandian air panas juga bisa menjadi alternatif yang tepat bagi traveler yang ingin berlibur untuk menghilangkan penat sekaligus menyegarkan kembali tubuh dan pikiran.

Sedangkan bagi Anda yang ingin memanfaatkan liburan untuk berburu kuliner, lokasi yang disarankan ialah kota-kota yang terkenal dengan pilihan kulinernya yang lezat dan beragam, seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Bali, dan lain-lain.

Di kota-kota tersebut Anda akan menemukan beragam sajian menu tradisional yang lezat dan memanjakan lidah.

Sementara bagi traveler yang suka dengan tantangan, maka dapat berkunjung ke taman bermain indoor dan mencoba beragam wahana seru yang dapat memicu adrenalin tanpa perlu khawatir kehujanan.

Traveler penggemar seni dan budaya dapat berkunjung ke museum atau tempat-tempat pagelaran seni yang banyak terdapat di kota besar di Indonesia.

Lain halnya dengan traveler yang sekadar ingin seru-seruan bareng teman atau keluarga. Ada banyak lokasi dan aktivitas yang bisa menjadi pilihan liburan, seperti menginap di hotel atau villa yang dekat dengan pusat perbelanjaan, mencicipi aneka kuliner khas Nusantara, berkeliling kota di malam hari, atau berkunjung ke taman bermain indoor untuk mencoba wahana yang memacu adrenalin.

Hindari Memilih Obyek Wisata Alam Sebagai Pilihan Liburan


Saat musim penghujan, lokasi liburan yang dapat kita pilih memang lebih terbatas dibandingkan saat musim kemarau.

Tidak disarankan untuk traveler pergi ke tempat-tempat wisata alam seperti pantai, gunung, air terjun, karena selain aktivitas wisata Anda akan terganggu saat hujan turun, memilih tempat wisata alam saat musim hujan juga mengandung risiko yang besar terhadap keselamatan Anda.

Tempat wisata alam cenderung rawan terjadi bencana di musim hujan. Tentu sebaiknya Anda dan keluarga tidak memilih lokasi tempat wisata alam supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Banyak risiko yang perlu diwaspadai, termasuk terhadai kesehatan tubuh. Tapi Anda tidak perlu bingung untuk memilih alternatif tempat wisata yang aman dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan, karena masih banyak kok tujuan wisata menarik lainnya pas dikunjungi saat musim hujan.

Misalnya saja Anda dapat pergi ke taman bermain indoor, museum, tempat pertunjukan kesenian, berwisata kuliner, ataupun jalan-jalan ke Mall sambil berwisata belanja.

Rencanakan Waktu Terbaik untuk Pergi Berlibur


Meski musim hujan, Anda tetap dapat melakukan liburan. Namun, untuk membuat liburan Anda makin menyenangkan tentu perlu persiapan dan perencanaan yang matang.

Selain perencanaan dan persiapan yang matang, kondisi fisik yang fit juga tetap perlu dijaga agar liburan dapat berlangsung aman dan mengesankan.

Jangan lewatkan: Ini Dia Barang-barang Penting yang Harus Dibawa Agar Liburanmu Tenang, Nyaman, dan Berkesan!

Itulah sejumlah tips yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi liburan saat musim hujan. Happy traveling!

Sumber:
traveling.bisnis.com

 

Start typing and press Enter to search