Pecinta Kucing Harus Tahu! 12 Manfaat Menjadikan Kucing Sebagai Hewan Peliharaan

Yoadit.com - Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang sangat bersahabat dengan manusia dan sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Namun, beberapa orang masih pikir-pikir untuk memelihara kucing karena dianggap bulunya memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Pecinta Kucing Harus Tahu! 12 Manfaat Menjadikan Kucing Sebagai Hewan Peliharaan
sumber: iyakan.com
Padahal, nyatanya tidak demikian karena memelihara kucing justru dapat memberikan manfaat yang baik bagi si pemilik dan keluarganya. Nah, apa saja manfaat menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan? Berikut kami sampaikan ulasannya.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Pelihara Anjing atau Kucing?

1. Menjadikan Anda Lebih Disiplin


Kucing terkenal sebagai hewan yang menyukai tempat bersih dan mudah lapar. Sehingga dengan memelihara hewan imut nan lucu ini dapat membuat Anda terbiasa untuk menjaga kebersihan dan memberinya makan tepat waktu.

Kucing manis Anda akan segera merasa tidak nyaman ketika kandang atau kotak kotorannya belum dibersihkan. Selain itu, kucing juga akan selalu merengek minta makan ketika merasa kelaparan.

Dia akan terus mendekati Anda dan bertingkah seolah minta tolong untuk segera diberi makan atau dibersihkan kandangnya.

Kucing juga merupakan hewan yang sangat peka terhadap suara dan getaran sehingga ketika dibiarkan seharian di dalam rumah, Ia dapat menjadi alarm bangun tidur yang efektif bagi pemiliknya.

Sebab, hanya dengan mendengar dering ponsel atau suara ayam berkokok, kucing akan segera bangun dan beraktivitas kembali. Biasanya ketika bangun tidur, dia akan mendekati tuannya dan meminta makan, sehingga Anda pun akan ikut terbangun karena harus memberinya makan.

2. Mengurangi Kesedihan


Bagi para pecinta kucing, memelihara kucing ternyata dapat mengurangi rasa sedih dan gundah yang tengah melanda. Bermain bersama kucing kesayangan akan membuat Anda melupakan sejenak kesedihan yang sedang dialami.

3. Mengatasi Rasa Sakit Akibat Kehilangan


Mereka yang memelihara kucing dapat mengatasi rasa sakit akibat kehilangan dengan lebih cepat bila dibandingkan dengan orang yang tidak memelihara kucing.

Menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan dapat memberi dukungan ketika Anda mengalami masa-masa sulit akibat kehilangan orang yang disayangi. Kucing dapat menjadi teman yang tepat untuk mencurahkan isi hati tanpa perlu takut dengan respon atau penilaian orang lain.

4. Cowok yang Pelihara Kucing Dianggap Lebih Menarik


Sosok pria yang memelihara kucing terlihat lebih menarik karena dianggap memiliki karakter yang baik dan lebih peduli dibandingkan pria yang tidak memelihara hewan sama sekali.

Hal ini ditemukan pada sebuah jajak pendapat di Inggris yang menunjukkan bahwa 82% wanita lebih tertarik pada pria yang menyukai kucing sebagai hewan peliharaan.

5. Menunjukkan Kepribadian Seseorang


Seseorang yang suka memelihara kucing umumnya merupakan individu dengan kepribadian cenderung introvert dan lebih bersikap tenang. Kelebihan orang yang memelihara kucing juga dapat dipercaya, dan biasanya tampil lebih sederhana dan tidak manipulatif.

Jangan lewatkan: Kamu Suka Kucing? Ini Dia 7 Karakter Khas yang Dimiliki Cewek Pecinta Kucing

6. Kucing Merupakan Hewan Penyelamat


Meskipun kucing tidak secerdas anjing, namun banyak kisah tentang kucing yang menjadi penyelamat bagi pemiliknya. Sebut saja kucing di Montana yang membangunkan pemiliknya saat terjadi kebocoran pipa gas.

Ada juga kisah tentang kucing yang bernama Simon yang berada di kapal HMS Amethyst yang menerima medali Dickin pada tahun 1949 atas jasanya yang mengamankan stok makanan dari ancaman tikus dan memberi support moral bagi para pelaut yang masih hidup meski dalam kondisi mereka saat itu sudah terluka parah akibat ledakan.

7. Merelaksasi Tulang dan Otot Manusia


Pecinta kucing pasti tahu kalau kucing suka mengeluarkan suara seperti dengkuran meski tidak sedang tertidur. Kucing biasanya akan mendengkur apabila berada didekat manusia yang membuatnya merasa nyaman.

Suara dengkuran tersebut ternyata memiliki manfaat yang baik bagi penyembuhan therapeutic pada tulang dan otot manusia.

Menurut penelitian para ahli yang kami lansir dari laman Sindo, dengkuran kucing menghasilkan frekuensi getaran sekitar 20-140 Hz yang mampu menstimulus sendi dan otot yang tegang supaya lebih rileks.

Jadi, bila memelihara kucing dan mendengkur saat berada di dekat Anda, tandanya Ia ingin membuat pemiliknya merasa nyaman dengan merelaksasi tubuh Anda yang lelah.

8. Mengurangi Tingkat Stres dan Tekanan Darah


Dikutip dari laman Health Fitness, dilaporkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota’s Stroke Institute, Minneapolis bahwa memelihara kucing dapat meredam potensi meningkatnya tekanan darah hingga 30-40%.

Interaksi dengan kucing dapat memberi rasa tenang dan bahagia bagi pemiliknya sehingga dapat mengurangi kadar stres dan tekanan darah. Tekanan darah dan kadar stres yang tetap terjaga juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan strok bagi orang yang memelihara kucing.

Bahkan, kombinasi antara rasa tenang, bahagia, dan gemas ketika melihat tingkah laku kucing dapat merangsang produksi hormon oksitosin dalam tubuh manusia yang dapat meredakan rasa sakit akibat peradangan.

9. Membantu Anak-anak yang Memiliki Gejala Autisme


Rupanya, kucing juga dapat bermanfaat bagi anak-anak dengan gejala autis. Tingkah lakunya yang tidak biasa sering membuat anak yang mengalami gejala atau sudah menderita autisme cenderung sulit diterima di masyarakat.

Namun menurut laman Mentalfloss, bagi orang tua yang memiliki anak pre-autism dan post-autism, memelihara kucing dapat membantu stimulasi saraf mereka menjadi lebih stabil.

10. Baik untuk Kesehatan Jantung


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memelihara kucing dapat menjaga tekanan darah dan tingkat stres menjadi lebih stabil.

Menurut sebuah penelitian, ketika Anda membelai kucing, maka akan memberikan efek ketenangan sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung 30% lebih kecil dibandingkan orang yang tidak memelihara kucing.

11. Membuat Tidur Anda Lebih Nyenyak


Sejumlah penelitian dan survei di Inggris menunjukkan hasil bahwa banyak orang yang memelihara kucing memiliki kualitas tidur yang lebih baik karena membuat hidup mereka lebih tenang dan bahagia.

12. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Terhadap Alergi


Sebuah penelitian yang dirilis oleh National Institutes of Health pada tahun 2002 mengungkapkan bahwa anak-anak di bawah usia 1 tahun yang sering bermain dengan kucing memiliki risiko lebih kecil untuk terserang alergi.

Lanjutkan membaca: 8 Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Namun, tetap ingat ya untuk merawatnya dengan baik dan selalu menjaga kebersihannya agar si kucing tetap sehat sehingga memberi efek positif bagi pemiliknya.

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com