Tips Aman Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan


Yoadit.com - Membawa mobil pribadi untuk perjalanan jauh tentunya wajar dilakukan. Namun, bagi pengemudi yang pertama kali mengendarai mobil pribadi untuk perjalanan jauh terkadang timbul rasa khawatir.

Tips Aman Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan
Kekhawatiran tersebut juga terkadang muncul bagi pemilik mobil matic apabila menghadapi jalan tanjakan. Ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan bagi pengemudi mobil bertransmisi otomatis ketika menghadapi jalanan tanjakan. Berikut kami sampaikan ulasannya!

Baca juga: Tutorial Cara Menyetir Mobil Matic yang Mudah dan Aman untuk Anda

1. Pahami Fungsi-fungsi Tuas Transmisi dengan Baik


Pengemudi mobil matic perlu memahami dengan baik fungsi dari huruf-huruf yang ada pada tuas transmisi mobil matic.

Umumnya, huruf-huruf yang ada pada tuas terdiri dari P untuk parkir, R untuk berjalan mundur atau atret, N untuk posisi gigi netral, D atau drive untuk berkendara, D-3 dan D-2 untuk berjalan dengan kecepatan medium hingga tinggi, serta L untuk berjalan di tanjakan yang curam.

2. Kenali Kondisi Jalan yang Akan Dilalui


Pengemudi juga perlu memahami kondisi jalan yang akan dilalui. Dalam kondisi jalan menanjak dan macet, mobil membutuhkan akselerasi yang tinggi.

Oleh karena itu, pengemudi harus memindahkan tuas dari posisi D-3 ke D-2. Semakin tinggi tanjakannya, maka jangan ragu untuk memindahkan tuas ke posisi L atau gigi low.

3. Posisikan Tuas di P Saat Berhenti di Tanjakan


Ketika mobil harus berhenti di tanjakan, pengemudi harus memindahkan posisi tuas ke P. Dan jangan lupa untuk menggunakan pula rem tangan. Apabila tuas persenelling tidak di posisikan di P, maka bisa timbul kondisi overheating akibat naiknya temperatur pada oli transmisi.

4. Manfaatkan Fitur Hill Start Assist


Banyak mobil keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist, contohnya All New Daihatsu Terios tipe R. Hill Start Assist merupakan fitur yang membantu mobil supaya tidak mundur ketika “stop and go” saat berada di tanjakan.

Fitur ini akan sangat membantu untuk Anda yang akan melewati jalanan dengan banyak tanjakan.

Tips Aman dan Nyaman Mengemudi Melewati Jalan Tanjakan


Selain tips di atas, kami juga akan berbagi kiat aman melewati tanjakan dan turunan agar tidak menjadi penghambat selama dalam perjalanan.

Jangan lewatkan: Ini Dia Barang-barang Penting yang Harus Dibawa Agar Liburanmu Tenang, Nyaman, dan Berkesan!

1. Selalu Cek Kondisi Mobil Sebelum Bepergian


Sebelum memulai suatu perjalanan, biasakan selalu mengecek kondisi kendaraan. Teruma bila Anda akan melakukan perjalanan jauh, pastikan semua komponen seperti mesin, oli mesin, radiator, rem, ban, kopling, klakson, lampu-lampu, dan wiper dalam kondisi baik.

2. Pahami Jalur yang Hendak Dilewati


Pengendara seringkali menyadari bahwa telah salah jalan dan terlewat jauh dari jalan sebenarnya. Supaya Anda tidak kesasar, ada baiknya membawa peta atau GPS bila ingin melakukan perjalanan jauh.

3. Pastikan Bahan Bakar Sudah Terisi Penuh


Ketika melewati jalur yang banyak memiliki tanjakan dan turunan, pengemudi akan sering menggunakan gear (gigi) rendah sehingga RPM mesin akan selalu tinggi. Hal ini tentu membuat mobil lebih boros bahan bakar.

Selain itu, pengereman yang sering dilakukan pada jalanan menurun juga mengurangi efisiensi bahan bakar. Oleh karena itu, pastikan mengisi bahan bakar penuh agar tidak kekurangan bahan bakar saat di perjalanan.

4. Menyetir dengan Santai


Ketika melintasi jalan perbukitan dan berliku, pengemudi harus selalu memperhatikan kecepatan. Utamakan keselamatan, jangan terburu-buru dan kemudikan kendaraan pada posisi gear rendah.

5. Lajukan Kendaraan pada Jalur yang Benar


Saat mengemudi di jalur yang banyak tanjakan dan turunan, jangan mengemudi terlalu ke tengah karena dapat membingungkan pengemudi lainnya dan membahayakan keselamatan.

Teruslah melaju di lajur kiri. Jangan terlalu sering menyalip kendaraan lain saat di tanjakan maupun turunan. Pastikan kondisi benar-benar aman saat ingin menyalip kendaraan lain.

6. Bunyikan Klakson Saat Melewati Tikungan Tajam


Saat akan melewati tikungan tajam, ada baiknya pengemudi membunyikan klakson pendek 1 atau 2 kali guna mengingatkan bila ada mobil lain dari arah berlawanan sehingga mengetahui keberadaan Anda dan mengurangi kecepatan.

7. Jaga Jarak dengan Truk Bermuatan Saat di Tanjakan


Seringkali, truk bermuatan mengalami kesulitan saat melewati tanjakan. Meskipun truk tersebut berjalan pelan, bukan berarti aman untuk berada di belakangnya. Jaga jarak aman, dan rencakan untuk menyalip saat berada di jalan lurus dan aman.

8. Rencanakan Waktu yang Cukup untuk Istirahat


Ketika Anda merasa lelah atau mengantuk, jangan memaksakan untuk terus mengemudi. Sediakan waktu yang cukup untuk beristirahat dan menyegarkan badan.

Lanjutkan membaca: Jangan Anggap Sepele, Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Mengemudi

Itulah beberapa tips yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk Anda yang belum terbiasa mengemudi lewat jalan perbukitan. Jangan terburu-buru, santai saja saat mengemudi sambil menikmati keindahan pemandangan alam di sekitar perbukitan.

Sumber:
traveling.bisnis.com
tribunjogja.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com