12 Cara Mengatur Uang Belanja Agar Tidak Boros yang Mudah dan Efektif


Yoadi.com – Bagaimana cara mengatur uang belanja agar tidak boros? Disiplin dalam menghemat pengeluaran merupakan kunci bila tidak ingin gaji bulanan Anda cepat habis bahkan cenderung minus.

12 Cara Mengatur Uang Belanja Agar Tidak Boros yang Mudah dan Efektif
sumber: www.articleforbacklinks.com
Bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran bulanan, ada beberapa tips penting yang bisa Anda lakukan. Simak tips-tips dari kami berikut ini!

Baca juga: Keuangan Anda Kebobolan? Ini Dia 20 Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros!

1. Analisa Kebiasaan yang Membuat Anda Boros


Langkah pertama dalam mengatur uang belanja agar tidak boros ialah mengecek kebiasaan-kebiasaan apa saja yang membuat pengeluaran Anda menjadi boros.

Misalnya, kegiatan belanja yang berlebihan. Tidak semua kegiatan belanja itu buruk, tetapi pikirkan kembali poin apa yang membuat Anda senang saat melakukannya. Mungkin, Anda hanya senang berjalan-jalan di mall saja, tanpa perlu membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

2. Buat Rencana Anggaran Bulanan dan Terapkan Secara Bertahap


Pemborosan dalam hal belanja dapat menimbulkan sejumlah masalah dalam anggaran keuangan Anda. Oleh karena itu, mulailah untuk menyusun ulang rencana anggaran, kemudian terapkan secara bertahap dengan tujuan menghemat beberapa pos pengeluaran.

Perhitungkan dan pertimbangkan secara cermat saat menyusun anggaran yang tepat. Jangan memasukkan rencana penghematan yang tidak masuk akal dan mustahil Anda lakukan.

3. Ambil Gaji dari Rekening Seperlunya Saja


Bila gaji Anda selalu dibayarkan tepat waktu ke rekening, jangan langsung ditarik tunai semuanya. Ambil uang dari rekening seperlunya saja, sesuai dengan perhitungan anggaran yang telah Anda susun sebelumnya.

4. Targetkan Jumlah Tabungan yang Ingin Dimiliki


Tetapkan target jumlah tabungan yang harus Anda miliki tiap bulannya, bagi lagi menjadi jumlah kecil yang harus Anda sisihkan tiap minggunya.

Misalkan Anda mentargetkan jumlah tabungan sebesar Rp 1 juta per bulan, usahakan Anda bisa menyisihkan uang Rp 250 ribu setiap minggunya.

Dengan demikian, menabung jadi lebih ringan karena banyak orang yang sulit menabung karena merasa terbebani dengan jumlah yang besar. Padahal, bila disisihkan secara mingguan atau harian, jumlahnya tidaklah begitu besar. Tapi Anda harus konsisten dengan target tabungan yang sudah ditetapkan yah!

5. Simpan Uang Koin ke Dalam Celengan


Biasanya, uang koin selalu terburu-buru untuk dibelanjakan karena membuat kantong atau dompet terasa berat. Padahal, uang koin sisa belanja tersebut bisa Anda sisihkan ke dalam celengan khusus yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Jangan lewatkan: 7 Langkah Cerdas Mengajukan Kredit Mobil Agar Cepat Disetujui

6. Jangan Sungkan Membandingkan Harga


Meski terlihat merepotkan, membandingkan harga sebelum membeli suatu barang dapat membuat pengeluaran Anda jadi lebih hemat. Misalnya, untuk kebutuhan yang sama pilihlah barang dengan merek yang lebih murah. Atau untuk barang dengan merek yang sama, pilihlah toko yang membandrol harga yang lebih murah.

7. Buat Daftar Kebutuhan Sebelum Berbelanja


Seringkali keuangan yang ‘bocor’ disebabkan karena kita tidak menyadari mana kebutuhan, dan mana keinginan. Hal ini bisa disiasati dengan membuat daftar belanja sebelum pergi ke toko atau supermarket.

Ketika sampai di supermarket, dahulukan membeli barang-barang yang ada pada daftar belanja. Bila masih ada sisa uang, baru Anda beli barang-barang lain yang disertai diskon, atau masih dalam masa promo.

8. Jadikan Penghematan Sebagai Rutinitas


Mungkin, setiap orang memiliki cara mengatur uang belanja agar tidak boros yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya hal penting yang harus dilakukan ialah memantau dan mengendalikan setiap pengeluaran yang kita lakukan setiap harinya.

Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu di akhir pekan untuk menghitung dan mengevaluasi setiap pos pengeluaran tiap sebulan atau seminggu sekali. Sisihkan pula sisa uang yang ada untuk tabungan dan investasi.

Lakukan kegiatan tersebut sebagai rutinitas yang menyenangkan sehingga tidak terlalu menjadi beban saat melakukannya.

9. Ubah Kebiasaan Lama dengan Kebiasaan Baru yang Lebih Hemat


Jika kita ingin hidup lebih hemat, ada banyak hal yang memang harus diubah. Salah satunya adalah mengubah kebiasaan-kebiasaan yang bersifat konsumtif dengan kebiasaan yang lebih produktif. Atau paling tidak, kebiasaan tersebut bisa mengurangi pengeluaran Anda di setiap bulannya.

10. Hindari Godaan Pemicu Hasrat Belanja


Dengan melakukan evaluasi pada pos pengeluaran, Anda akan mengetahui apa saja kelemahan dalam cara mengelola keuangan yang dilakukan.

Kelemahan tersebut harus segera diperbaiki, dan dihindari. Terutama bila masalahnya adalah kebiasaan belanja yang buruk. Kurangi untuk jalan-jalan atau nongkrong di mall atau pusat perbelanjaan. Hindari berbagai godaan yang dapat memicu hasrat Anda untuk memboroskan uang.

11. Minta Dukungan Moral dari Keluarga


Dengan meminta dukungan moral dari keluarga, setidaknya akan ada orang terdekat yang bantu mengingatkan ketika Anda hendak berfoya-foya atau memboroskan banyak uang.

Meski terlihat sepele, dukungan dan motivasi dari keluarga sangat penting dalam mengatur keuangan pribadi maupun rumah tangga.

12. Terus Berusaha Pantang Menyerah


Kegiatan penghematan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan secara konsisten. Ada kalanya, Anda akan tergoda. Ada kalanya, Anda akan merasa jenuh.

Kemudian Anda berpikir ‘ah, sekali ini saja’. Tapi tidak demikian, nyatanya sekali Anda tergelincir, akan lebih mudah untuk Anda tergelincir lagi untuk kesekian kalinya.

Oleh karena itu, diperlukan tekad yang kuat untuk berkomitmen dalam mengatur uang belanja agar tidak boros. Sehingga program penghematan keuangan yang Anda lakukan bisa berjalan lancar dan sukses sesuai tujuan semula.

Simak juga: Aneka Ide Usaha Rumahan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Itulah sejumlah tips dan cara mengatur uang belanja agar lebih hemat dan tidak boros. Semoga semua langkah di atas dapat Anda terapkan dengan sukses hingga apa yang menjadi tujuan Anda dalam melakukan penghematan dapat tercapai dengan baik.

Sumber:
www.happyfresh.id
journal.sociolla.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com