9 Cara Menghemat BBM Saat Bepergian Menggunakan Mobil Pribadi

Yoadit.com - Posting berikut ini kami akan mengulas tentang cara menghemat BBM mobil saat kita melakukan perjalanan jauh.

9 Cara Menghemat BBM Saat Bepergian Menggunakan Mobil Pribadi
sumber: autotekno.sindonews.com
Seperti kita ketahui, bahan bakar minyak bumi merupakan salah satu sumber energi yang butuh waktu lama untuk dapat diperbaharui. Oleh sebab itu, ketersediaannya pun terbatas dan semakin hari harganya akan terus melambung menyesuaikan dengan harga minyak dunia.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dianggap Wajar Pengemudi Mobil Manual

Menggunakan transportasi umum merupakan salah satu upaya kita untuk menghemat BBM. Tapi bagaimana jika Anda pergi bersama rombongan keluarga, tentu menggunakan mobil pribadi menjadi pilihan karena menawarkan kemudahan dan kecepatan untuk sampai tujuan.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan mobil pribadi ialah pastikan Anda berkendara dengan cara yang tepat dan aman. Selain berkendara dengan aman, Anda juga perlu mengetahui teknik mengemudi yang lebih hemat BBM ketika harus melakukan perjalanan jauh.

Meskipun besarnya konsumsi BBM kendaraan Anda ditentukan oleh banyak hal, tetapi cara mengemudi juga memiliki pengaruh yang besar dalam menghemat BBM.

Nah, berikut kami sampaikan bagaimana cara menghemat BBM saat melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi.

1. Biasakan Mengecek Kondisi Mobil Sebelum Bepergian


Pengecekan rutin kendaraan merupakan hal penting yang mesti dilakukan. Kondisi mesin dan komponen lain pada kendaraan juga akan mempengaruhi konsumi bahan bakar. Pastikan mobil dalam kondisi prima sebelum bepergian.

Nyalakan mesin mobil dan dengarkan bunyinya setiap kali akan berkendara. Mesin yang normal bunyinya pasti terdengar halus, sesuai dengan jenis mesin mobil tersebut.

Servis rutin juga penting untuk diperhatikan. Untuk mengetahui kapan mobil harus diservis, Anda bisa mengeceknya di buku manual kendaraan.

2. Lakukan Perpindahan Gigi pada Rentang yang Tepat


Pengoperasian gigi transmisi yang tepat juga dapat mempengaruhi konsumsi BBM mobil Anda. Masing-masing jenis mesin mobil mempunyai rentang putaran mesin ideal.

Biasanya, untuk mesin berbahan bakar bensin memiliki rentang ideal antara 1500-2500 rpm, sedangkan mesin diesel berada di kisaran 1100-2100 rpm.

Dengan melakukan pergantian gigi transmisi pada rentang tersebut, konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit. Mengapa? Pasalnya ketika putaran mesin berada di atas rentang tersebut, dapat menguras bahan bakar dengan lebih cepat.

Jadi, jangan terlalu agresif dan sering melakukan akselerasi tinggi, karena putaran mesin akan berada di atas rentang tersebut.

Jika ingin lebih hemat lagi, usahakan untuk melaju pada gigi transmisi tertinggi dan kecepatan konstan. Dalam kondisi tersebut, biasanya kecepatan yang ditempuh berada di kisaran 70-80 km/jam.

Hal yang perlu diperhatikan dalam cara menghemat BBM mobil ialah tahu kapan harus mengoper gigi. Jangan sampai menunggu mesin berdengung keras baru mengoper gigi. Di samping itu, melajulah secara konstan agar RPM mesin tetap terjaga pada rentang yang wajar.

3. Matikan Mesin Kendaraan Bila Memungkinkan


Saat lampu merah, atau berhenti pada pintu perlintasan kereta api, Anda dapat mematikan mesin beberapa saat. Terutama ketika macet parah, dianjurkan untuk mematikan mesin mobil bila ingin lebih hemat BBM.

Jangan lewatkan: Cara Merawat Mobil yang Tepat Bagi Pemula

Sebagai tambahan, 3 menit Anda mematikan mesin dapat menghemat bensin yang digunakn untuk jarak tempuh 1 km dengan kecepatan konstan 50 km/jam. Jadi, dengan cara menyetir mobil semacam ini, Anda dapat menghemat lebih banyak bahan bakar bukan?

4. Sesuaikan Tekanan Angin Ban Mobil


Gesekan yang lebih besar antara ban mobil dengan jalan dapat ditimbulkan akibat ban mobil yang kurang angin sehingga akan mengurangi traksi ban dan mobil akan lebih terbebani.

Tekanan angin yang terlalu besar juga tidak baik karena dapat mengganggu kenyamanan berkendara. Oleh sebab itu, sesuaikan tekanan angin ban mobil sesuai dengan rekomendasi pabrik terkait.

Tekanan angin pada ban mobil yang sesuai rekomendasi dapat menghemat konsumsi BBM antara 5%-20%.

5. Pakailah Jenis Bahan Bakar yang Berkualitas


Mungkin banyak pengemudi yang meremehkan hal ini. Namun, sebenarnya jenis bahan bakar yang yang dipakai juga dapat mempengaruhi tingkat konsumsi BBM. Gunakanlah bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Jangan pilih yang terlalu rendah hanya karena ingin menghemat pengeluargan. Padahal, bahan bakar yang lebih murah tidak selalu dapat menghemat biaya. Untuk jangka pendek memang iya, tetapi untuk jangka panjang dapat mengurangi usia komponen maupun mesin kendaraan.

Oleh karena itu, pakailah bahan bakar yang berkualitas. Sesuai dengan rekomendasi pabrik terkait agar mesin Anda tidak cepat kotor dan usianya bisa lebih tahan lama.

6. Nyalakan AC Hanya Bila Diperlukan


Sejuknya AC memang membuat pengemudi dan penumpang nyaman. Tetapi, bila tidak begitu penting ada baiknya AC dimatikan saja. Hal ini karena AC dapat membebani mesin. Beban yang harus ditanggung pun tidaklah sedikit.

Apalagi jika AC disetel pada suhu yang sangat rendah. Baiknya, nyalakan AC hanya bila diperlukan. Dan juga aturlah pada suhu 22-23 derajat celsius agar beban mesin tidak terlalu berat dan konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih irit.

7. Jangan Terlalu Sering Mengandalkan Rem


Untuk mengurangi kecepatan, rem bukan satu-satunya yang dapat Anda gunakan. Ada kalanya Anda tidak perlu melakukan pengereman, cukup mengurangi kecepatan dengan melepas pedal gas dan menurunkan gigi mobil dengan teratur.

Cara ini selain dapat menghemat rem juga dapat menghemat BBM. Tetapi bila memang harus menggunakan rem, jangan paksakan untuk menggunakan engine break. Sesuaikan dengan kondisi, dan tetap mengutamakan keselamatan.

8. Hindari Akselerasi yang Terlalu Berlebihan


Terlalu sering mengerem berarti mobil juga akan sering memulai tarikan dari titik bawah. Pastinya hal ini akan berdampak pada jumlah pembakaran bensin.

Selain itu, hindari juga akselerasi terlalu berlebihan bila Anda ingin menghemat bahan bakar. Cara menyetir yang henar dan hemat BBM ialah dengan menginjak pedal gas secara perlahan dan bertahap.

Jangan langsung menginjak pedal gas dalam-dalam, cara berkendara ini sangat berbahaya dan juga dapat membuat mobil lebih boros bahan bakar.

9. Bawa Barang Seperlunya Saja


Jumlah beban yang harus diangkut mobil juga dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Semakin besar beban yang harus ditanggung mobil, semakin besar pula jumlah bensin yang harus dibakar.

Selain itu, membawa beban melebih kapasitas yang direkomendasikan juga dapat merusak kendaraan. Saat bepergian, bawalah barang-barang seperlunya saja. Selain itu juga hindari membawa penumpang melebihi kapasitas yang direkomendasikan.

Lanjutkan membaca: Jangan Anggap Sepele, Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Mengemudi

Nah, itulah beberapa cara mengemudi untuk Anda yang ingin lebih menghemat bahan bakar. Semoga 9 cara menghemat BBM di atas dapat bermanfaat. Tetap ingat keselamatan dan kenyamanan adalah hal yang utama.

sumber:
mobilkamu.com

 

Start typing and press Enter to search