Motor Anda Kurang Tenaga? 6 Ciri Kampas Kopling Habis Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Yoadit.com - Anda mungkin bertanya-tanya ketika motor terasa kurang bertenaga, apakah karena kampas koplingnya habis, atau karena penyebab lainnya?

Supaya dapat memastikannya, berikut ini kami akan mengulas ciri-ciri kampas kopling habis yang dapat menyebabkan motor kurang bertenaga.

Apa Hubungan Tenaga Motor dengan Kampas Kopling?


Motor Anda Kurang Tenaga? 6 Ciri Kampas Kopling Habis Ini Bisa Jadi Penyebabnya!
sumber: otosite.net
Perlu Anda ketahui bahwa kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin dengan transmisi.

Baca juga: Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula Agar Cepat Lancar

Ada beberapa kondisi di mana putaran mesin harus diputus dari transmisi, misalnya saat melakukan perpindahan gigi, bila tenaga mesin tidak diputus, maka akan terjadi sentakan ketika Anda mengoperasikan transmisi.

Kemudian saat berhenti di lampu merah, kita akan kerepotan untuk mematikan dan menghidupkan mesin bila tidak ada kopling.

Itulah mengapa kopling sangat penting keberadaannya pada kendaraan baik motor maupun mobil. Namun, kampas kopling juga bisa cepat habis karena kampas akan meregang dengan driven gear/flywheel saat tuas kopling ditarik, lalu kembali menempel dengan flywheel saat tuas kopling dilepas.

Saat awal kampas menempel, akan terjadi gesekan pada dua komponen tersebut. Akibatnya, lama-kelamaan kampas kopling akan menipis dan habis.

Ciri-ciri Kampas Kopling Sepeda Motor Telah Habis


Untuk mengetahui apakah kampas kopling sudah menipis atau habis, ada beberapa ciri yang bisa kita amati, antara lain:

1. Terjadi Selip Saat Gas Ditarik


Ciri kampas kopling habis yang pertama ialah selip. Saat putaran mesin tidak mampu disalurkan ke transmisi meski kopling terlepas, inilah yang dinamakan selip pada kopling.

Akibatnya, motor tidak mampu berakselerasi atau istilahnya ‘nggerung’ meski Anda menarik gas cukup dalam.

2. Motor Tertahan Saat Awal Akan Berjalan


Ciri berikutnya ialah motor tertahan pada saat awal akan berjalan. Gejala kampas kopling habis yang satu ini dapat dirasakan ketika kopling dilepas, tetapi motor tidak langsung bergerak.

3. Tenaga dan Kecepatan Motor Terasa Berkurang


Masih ada hubungannya dengan selip karena kopling habis. Transmisi motor yang selip akan membuat tenaga motor terbuang percuma sehingga meski pemakaian bensin stabil, namun output tenaga yang dihasilkan jauh berkurang.

4. Pada Kecepatan Tinggi Mesin Terasa Kasar


Ketika kampas kopling habis, getaran yang kasar juga terasa pada mesin saat motor dipaksakan melaju kencang. Suara kasar hingga bergetar akan timbul karena flywheel mesin bergesekan dengan kampas kopling.

5. Mesin Lebih Cepat Panas Dari Biasanya


Seperti halnya pada sistem rem, saat gesekan terjadi pada dua material maka akan menimbulkan panas. Hal ini juga dapat terjadi pada kampas kopling yang habis, mesin akan lebih cepat panas dari biasanya.

6. Sulit Berpindah Gigi


Kopling yang habis atau menipis jika dibiarkan akan menimbulkan masalah yang cukup parah. Panas yang dihasilkan akan menyebabkan kampas kopling merekat pada flywheel. Ketika hal ini terjadi maka tuas akan lebih keras saat ditarik sehingga gigi atau perseneling menjadi sulit dioperasikan.

Penggantian Kampas Kopling yang Habis


Teknik berkendara yang kurang tepat menjadi penyebab umum kampas kopling cepat habis. Misalnya pemakaian setengah kopling, di mana ketika kita sering berkendara dengan kondisi demikian maka pegas kopling akan tertahan karena tuas kopling tidak ditarik sepenuhnya.

Hal ini menyebabkan tekanan kampas ke flywheel menjadi kecil sehingga gesekan akan timbul antara flywheel dengan kampas kopling.

Ketika Anda menemui ciri-ciri kampas kopling habis yang telah dijelaskan di atas, maka perlu dilakukan penggantian plat kopling.

Segera bawa motor Anda ke bengkel terdekat, bisa bengkel resmi atau bengkel umum. Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk mengganti kopling motor terdiri dari harga satu set plat kopling baru beserta biaya jasa penggantian.

Jangan lewatkan: Hindari 5 Hal Ini Bila Ingin Aki Motor Tidak Cepat Tekor

Umumnya, biaya yang harus dikeluarkan dalam penggantian kampas kopling sepeda motor berkisar antara Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu.

Fungsi kopling pada motor dan mobil memang sangat penting, oleh karena itu penting untuk Anda melakukan beberapa tips berikut ini supaya kopling lebih awet dan tidak cepat habis:

  • Biasakan berkendara dengan menggunakan kopling secara lembut.
  • Kurangi cara berkendara dengan memakai setengah kopling.
  • Pastikan oli yang dipakai sesuai dengan spesifikasi kendaraan.


Nah, itulah sedikit ulasan dari kami mengenai ciri-ciri kampas kopling habis, penggantian, dan tips mencegah kampas kopling cepat habis. Semoga bermanfaat untuk para pengendara.

sumber:
www.autoexpose.org

 

Start typing and press Enter to search