Godong Ijo Depok: Wisata Edukasi yang Asik Buat Berakhir Pekan Bareng Keluarga

Yoadit.com – Mungkin belum banyak yang tahu kalau ternyata di Depok terdapat tempat wisata edukasi yang asik, dan lokasinya mudah diakses. Namanya GodongIjo Depok.

Godong Ijo Depok: Wisata Edukasi yang Asik Buat Berakhir Pekan Bareng Keluarga
sumber: www.depok.go.id
Suasana di Godong Ijo Depok ini sesuai dengan namanya, dipenuhi dedaunan hijau sehingga terasa asri teduh, asri dan segar. Teduhnya dedaunan rindang dari pohon-pohon di sekitar lokasi sudah bisa kita rasakan ketika melewati gerbangnya.
Masuk ke dalam area, mengingatkan pada suasana di Kebun Raya Bogor dengan beberapa pohon besar yang akan menaungi kita.

Tempat wisata edukasi yang sebenarnya sudah lama ada di Depok ini memang kurang terekspos sehingga belum begitu banyak diketahui para pelancong.

Pasang surut pun harus dilalui, bahkan Godong Ijo sempat mengalami krisis dan vakum selama beberapa tahun. Meski demikian, tempat wisata ini mampu tetap bertahan sampai sekarang di usianya yang sudah lebih dari 15 tahun.

Lokasi dan Rute Menuju Godong Ijo Depok


Lokasi Godong Ijo Depok berada tepatnya di Jalan Raya Cinangka No 60, Desa Serua, Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Tempat rekreasi yang pas untuk keluarga ini memiliki berbagai macam tumbuhan dan hewan serta pesona alam yang asri sehingga dapat memanjakan mata maupun pikiran Anda.

Lokasi Godong Ijo Depok tidak terlalu jauh dan mudah untuk diakses. Bagi pelancong yang menggunakan transportasi umum bisa menaiki angkot 03 dari Terminal Depok menuju jurusan Parung. Kemudian turun di perempatan lampu merah Sawangan.

Naik lagi angkot 106 jurusan Lebak Bulus, tidak begitu jauh Anda akan tiba di Godong Ijo yang letaknya berada di kiri jalan.

Jangan lewatkan: Wisata Wego Lamongan: Nikmati Keseruan Liburan Sambil Belajar Bersama Keluarga

Aktivitas Wisata di Godong Ijo Depok


Masuk ke area wisata Godong Ijo, pengunjung akan disambut oleh sebuah hutan kecil yang memiliki banyak pohon tua yang langka dan rimbun. Tampak pula beberapa hewan liar seperti tupai, kadal, maupun kodok.

Tempat wisata yang memiliki luas area sekitar 3 hektar ini dapat menjadi wahana edukasi tepat bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak bermain, belajar, dan mengenal hal-hal baru.

Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan dan tumbuhan yang ada di tempat ini, seperti memberi makan dan memandikan kura-kura, berinteraksi dengan ular, menanam bibit tanaman, membuat Vertical Garden, memancing ikan, dan masih banyak lagi..

Terdapat beragam jenis tanaman yang dikelompokkan menurut manfaatnya bagi kehidupan manusia sehari-hari. Macam tumbuhan ini terbagi menjadi beberapa zona, mulai dari tanaman pangan, tanaman buah, tanaman obat, tanaman rempah/bumbu, tanaman industri, hingga zona tanaman unik dan langka.

Tidak hanya tanaman, di Godong Ijo Depok juga terdapat beragam jenis hewan yang menarik, misalnya ular raksasa sepanjang 8 meter, iguana dengan 1,8 meter, bahkan ada juga ikan purba raksasa Arapaima Gigas (Carniforus Fish) yang langka.

Beragam aktivitas wisata menarik tersedia di tempat ini. Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan interaksi dengan alam yang dapat mempererat kekompakkan keluarga, seperti menangkap belut, menangkap ikan, ataupun mencangkok tanaman.

Godong Ijo Depok: Wisata Edukasi yang Asik Buat Berakhir Pekan Bareng Keluarga
sumber: depok-kota.blogspot.com
Tersedia pula Family Games, yaitu permainan yang berkonsep kerjasama dalam keluarga seperti lomba memasak antar keluarga, membangun piramida dari balon, membuat keramik, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang hobi memancing dan ingin turut serta mengajak keluarga, di Godong Ijo Depok terdapat area pemancingan yang berisi ikan mas, lele, dan patin. Hasil tangkapan bisa langsung diolah dan santap bersama keluarga sambil menikmati pemandangan alam yang sejuk nan asri.

Di tempat ini juga ada cafe untuk Anda bersantai bareng keluarga sambil menikmati suasana dan pesona alam yang indah di Godong Ijo Depok.

Paket Wisata Godong Ijo Depok


Tersedia berbagai paket kegiatan wisata di Godong Ijo Depok, seperti Pakat Holiday Camp atau Family Camp yang dikenai tarif Rp 50 ribu per orang dengan minimum peserta berjumlah 5 orang.

Ada pula Paket Young Greeners, yang terdiri dari beberapa akitivitas wisata di antaranya menanam 1 pot tanaman yang akan dibawa pulang, berinteraksi dengan mamalia dan reptil, mengunjungi rumah hijau, menangkap ikan, nursery dan education farm, dan lain-lain.

Paket Membatik yang kegiatannya terdiri dari membatik, feeding, dan showering giant tortoise, menangkap ikan, dan sebagainya.

Berikutnya, ada Paket Fun with Clay yang terdiri dari membentuk dan melukis keramik, feeding dan showering giant tortoise, menangkap ikan, nursery dan education farm.

Tersedia juga Paket Family Gathering dengan tarif Rp 70 ribu – Rp 120 ribu per orang. Fasilitas yang akan didapatkan antara lain 2 kali makanan ringan, 1 kali makan siang, dan souvenir.

Bagi perusahaan yang ingin mengadakan rekreasi karyawan bersama keluarga dapat memilih Paket Company Outing dengan tarif Rp 100 ribu – Rp 300 ribu per orang. Fasilitas yang akan didapatkan antara lain 2 kali makanan ringan, 1 kali makan siang, hiburan, pendidikan, dan souvenir.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung, jam operasional Godong Ijo Depok buka setiap hari Senin-Jumat mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Sedangkan untuk hari Sabtu-Minggu dan hari libur, buka mulai jam 9 pagi sampai 6 sore.

Baca juga: Nikmati Keseruan Liburan Sambil Belajar di Wahana World of Wonder Citra Raya

Kelebihan Wisata Edukasi di Godong Ijo Depok


Dibandingkan dengan tempat wisata edukasi lainnya, sejumlah kelebihan terdapat di Godong Ijo Depok, antara lain:

1. Anda Bisa Mengenal Tanaman-tanaman Langka


Di Godong Ijo Depok terdapat beberapa jenis tanaman langka yang biasanya kita jumpai di Kebun Raya Bogor. Ada juga jenis-jenis tanaman mahal yang dulu sempat populer, misanya Anthurium.

Selain itu, pengunjung juga dapat belajar mengenai contoh-contoh tanaman yang ada di sudut tersendiri di Godong Ijo Depok.

2. Serunya Berinteraksi dengan Hewan-hewan Langka


Godong Ijo Depok: Wisata Edukasi yang Asik Buat Berakhir Pekan Bareng Keluarga
sumber: wisatasekolah.com
Di Godong Ijo Depok, Anda juga dapat mengenal beberapa jenis binatang langka. Memang, di sini tidak terdapat Mini Zoo, tetapi Anda bisa menjumpai beberapa jenis hewan langka, seperti ular phyton raksasa yang memiliki panjang 8 meter, kura-kura raksasa, dan ikan purba Arapamia yang berasal dari Sungai Amazon di Brazil.

3. Cocok Bagi Anda yang Hobi Memancing


Godong Ijo Depok: Wisata Edukasi yang Asik Buat Berakhir Pekan Bareng Keluarga
sumber: nyero.id
Tersedia kolam pemancingan ikan di Godong Ijo Depok yang cocok bagi Anda yang hobi memancing. Pada hari-hari tertentu, pihak pengelola juga menyelenggarakan lomba memancing yang bisa diikuti oleh umum dengan hadiah yang menggiurkan.

4. Anda Bisa Belajar Cara Membuat Keramik


Di Godong Ijo Depok juga disediakan pelatihan membuat keramik. Bagi peserta wisata edukasi akan mendapatkan pelatihan membuat keramik dari tanah liat.

Anda bebas membentuk keramik sesuai dengan keinginan dan imajinasi. Atau boleh juga meniru dari sang pelatih maupun benda-benda keramik yang sudah ada.

5. Tersedia Cafe yang Menawarkan Menu Kuliner Lezat


Anda dan keluarga tidak perlu khawatir kelaparan karena di sini tersedia Cafe Godong Ijo yang menawarkan aneka kuliner lezat yang menggugah selera.

Beberapa menu utama di cafe ini antara lain Gurame Goreng Tepung ala Thailand, Pecel Madiun, serta Tempe Mendoan yang gurih dan nikmat.

Jangan lewatkan untuk mencicipi menu andalan dari Cafe Godong Ijo, yaitu Sayur Asem dengan sambalnya yang sedap.

6. Undian Berhadiah Mobil


Bagi Anda pehobi tanaman langka, Godong Ijo Depok menyediakan undian berhadiah mobil untuk peserta yang membeli tanaman langka di tempat ini. Pembeli dalam jumlah tunai tertentu akan mendapatkan kupon yang nantinya akan diundi dengan hadiah utama sebuah mobil.

Nah, itulah beberapa informasi terkait wisata edukasi di Godong Ijo Depok. Semoga dapat menambah referensi bagi para keluarga yang sedang mencari destinasi liburan yang tidak hanya menyenangkan tapi juga bisa menjadi wahana edukasi bagi anak-anak.
Biasanya, pengunjung yang datang ke Godong Ijo Depok adalah rombongan dari sekolah-sekolah ataupun rombongan karyawan dari sebuah perusahaan bersama keluarganya.

Sumber:
www.liburananak.com
www.depokpos.com
www.kompasiana.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com