Hindari Mengonsumsi 10 Makanan-Minuman Ini Sebelum Beranjak Tidur

Yoadit.com - Memang tidak ada larangan makan sesuatu sebelum tidur, tetapi bila Anda adalah orang yang suka ngemil sebelum tidur, ada baiknya memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, ada sejumlah makanan yang tidak baikdikonsumsi sebelum tidur.

Saat tidur, metabolisme akan melambat pada tubuh karena harus fokus beristirahat dan bukan mencerna makanan. Selain itu, proses detoksifikasi juga terjadi saat kita tidur sehingga ada baiknya memberi jeda makan sebelum beranjak tidur.

Makanan dan Minuman yang Tidak Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur


Menurut para ahli kesehatan, aktivitas makan alangkah baiknya jika diberi jeda kira-kira 2 jam sebelum waktu tidur agar proses mencerna dan metabolisme dapat berlangsung secara optimal.

Hindari Mengonsumsi 10 Makanan-Minuman Ini Sebelum Beranjak Tidur
Selain itu, ada pula beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Burger


Burger mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Hal ini tentu akan mengganggu kualitas tidur Anda karena tubuh tidak fokus untuk mendapatkan waktu istirahat sebagaimana mestinya.

2. Pizza


Memesan pizza saat waktu makan malam memang lebih praktis dan menggoda. Tetapi ada baiknya Anda tidak mengonsumsi makanan ini sebelum tidur karena asamnya saus tomat pada pizza dapat membuat Anda sakit perut saat tengah malam.

Selain itu, pizza juga mengandung banyak kalori yang bila dimakan saat malam hari dapat mengakibatkan penumpukan kalori pada tubuh sehingga akan dapat meningkatkan berat badan dengan begitu cepat.

3. Sereal Manis


Makanan berikutnya yang sebaiknya tidak dikonsumsi menjelang tidur ialah sereal manis. Makanan ini dapat menghambat produksi hormor tidur sehingga akan sulit untuk membuat Anda mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Jika ingin makan sereal pada malam hari, pastikan yang Anda konsumsi adalah sereal rendah gula yang kaya serat, seperti corn-flakes.

4. Makanan Pedas


Saat malam hari, mengonsumsi makanan pedas sepertinya terlihat segar dan begitu menggoda. Namun, sebenarnya makanan pedas dapat menambah selera makan Anda. Terlalu banyak makan di malam hari tentu kurang baik untuk kesehatan.

Selain itu, makanan pedas juga akan membuat lambung terasa panas sehingga membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman.

5. Daging Ayam


Ayam goreng merupakan salah satu makanan favorit yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Tetapi tahukah Anda kalau daging ayam ternyata dapat melambatkan pencernaan? Terutama bila Anda memakannya saat malam hari.

Jangan lewatkan: Resep Menu Sarapan yang Baik untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Daging ayam mengandung protein yang bersifat kontraproduktif bagi sistem pencernaan. Hal ini akan membuat tubuh Anda kesulitan untuk fokus beristirahat karena harus bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut.

6. Minuman Berenergi


Untuk poin berikutnya, kita beralih ke minuman. Jenis minuman berenergi sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur.

Sudah pasti, minuman ini fungsinya sebagai penambah energi dan biasanya mengandung kafein tinggi yang akan membuat Anda sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

7. Dark Chocolate


Cokelat memang memiliki kandungan zat yang dapat meningkatkan produksi hormon bahagia. Akan tetapi, minuman dark chocolate sebenarnya mengandung kalori dan kafein yang tinggi.

Bahkan, cokelat juga mengandung theobromine yang merupakan salah satu stimulan untuk membuat Anda tetap terjaga.

8. Minuman Bersoda


Minuman bersoda atau berkarbonasi memang terasa menyegarkan, apalagi jika disajikan dalam bentuk minuman dingin. Akan tetapi, kebanyakan minuman bersoda memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Selain itu, minuman bersoda juga mengandung Natrium benzoat dan sejumlah bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan. Hal ini tentu dapat mengakibatkan Anda sulit tidur di malam hari bila mengonsumsinya sebelum tidur.

9. Minuman Beralkohol


Hindari berbagai jenis minuman beralkohol sebelum tidur karena dapat menyebabkan proses metabolisme tubuh berjalan lebih cepat. Hal ini dapat membuat Anda sulit tidur dan mengakibatkan kerusakan pada fungsi organ hati dalam jangka panjang.

10. Kopi


Seperti kita ketahui, kopi merupakan minuman yang dapat membuat Anda terjaga dan lebih bertenaga. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membuat denyut jantung lebih cepat sehingga tubuh Anda akan lebih waspada.

Minum kopi saat malam hari sebenarnya merupakan ide yang buruk karena dapat meningkatkan detak jantung, serta membuat tidur Anda gelisah dan cemas.

Simak juga: Pernah Coba Minum Kopi Tanpa Gula? Ternyata Manfaatnya Luar Biasa Bagi Tubuh

Demikian ulasan dari kami tentang 10 makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur di malam hari. Semoga bermanfaat!

sumber:
hellosehat.com

 

Start typing and press Enter to search