5 Kesalahan yang Sering Dianggap Wajar Pengemudi Mobil Manual


Yoadit.com - Banyak konsumen yang kini mulai beralih ke mobil dengan transmisi otomatis karena dianggap lebih praktis. Meski demikian, ternyata banyak juga lho pengendara yang masih menggunakan mobil manual.

5 Kesalahan yang Sering Dianggap Wajar Pengemudi Mobil Manual
sumber: aribowo.net
Namun, sayangnya ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengemudi mobil yang masih dianggap wajar. Padahal 5 kesalahan yang dianggap wajar oleh pengemudi mobil manual ini sebaiknya perlu untuk dihindari.

Baca juga: Langkah-langkah Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pemula

Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Tidak Mengembalikan Gigi Transmisi ke Posisi Netral


Meski tampak sepele, kebiasaan ini ternyata bisa berisiko pada rusaknya transmisi. Ada baiknya kita mulai mengubah kebiasaan malas atau enggan menetralkan transmisi saat berhenti atau saat lampu merah agar transmisi tidak cepat rusak.

2. Kaki Kiri Selalu Berada di Atas Pedal Kopling


Saat mobil melaju, ada baiknya kita menghindari kebiasaan meletakkan kaki kiri di pedal kopling. Meski dapat mempermudah dan mempercepat proses pergantian gigi, namun kebiasaan ini dapat membuat pedal kopling terbebani dengan kaki kiri Anda.

Kondisi setengah kopling ini lama-lama dapat mengakibatkan slip dan membuat kopling lebih cepat aus. Alasan yang mengatakan lebih irit konsumsi bahan bakar juga tidaklah benar, karena sekarang sudah banyak mobil yang menggunakan sistem injeks. Jadi, kopling tidak mempengaruhi irit tidaknya konsumsi bahan bakar.

3. Menekan Gas Terlalu Kuat Saat RPM Rendah


RPM memang menjadi salah satu patokan dalam menentukan perpindahan gigi transmisi. Tapi, hal yang perlu diperhatikan ialah jangan menekan gas terlalu kuat ketika RPM masih rendah. Kebiasaan tersebut justru dapat mempengaruhi usia kendaraan Anda.

4. Menggunakan Setengah Kopling di Jalan Tanjakan


Pengendara yang sudah mahir, seringkali malas menggunakan hand brake untuk menahan kendaraan mundur saat berhenti di medan tanjakan.

Ketika terjadi macet di daerah tanjakan, ada baiknya pengemudi menghindari kebiasaan untuk selalu menggunakan setengah kopling. Hal ini akan membuat kerja kopling lebih berat dan mengakibatkan kampas cepat habis dan terbakar.

Mengoperasikan rem tangan untuk menghentikan laju kendaraan akan lebih baik dibandingkan selalu menggunakan setengah kopling saat macet di jalan tanjakan.

5. Menyalakan Mesin Saat Gigi Transmisi Tidak Netral


Terkadang masih ada pengemudi mobil manual yang tidak memperhatikan posisi gigi transmisi ketika ingin menyalakan mesin mobil.

Sebaiknya perhatikan posisi gigi transmisi sebelum menyalakan mesin mobil. Jika depannya kosong mungkin tidak mengapa, tapi apabila di depannya ada mobil atau orang lewat tentu akan jadi masalah.

Jangan lewatkan: 7 Cara Latihan Menyetir Mobil yang Akan Menambah Rasa Percaya Diri Saat Mengemudi

Itulah 5 kesalahan yang sering dilakukan pengemudi manual yang sering dianggap wajar. Setelah mengetahuinya semoga kita tidak lagi salah persepsi terhadap hal-hal di atas. Akan lebih baik bila kesalahan tersebut dihindari, bila ingin mobil Anda tetap awet dan tahan lama.

sumber:
kumparan.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com