7 Langkah Cerdas Mengajukan Kredit Mobil Agar Cepat Disetujui

Yoadit.com - Memiliki sebuah mobil idaman sebagai transportasi andalan keluarga merupakan dambaan setiap orang. Sekarang ini telah banyak perusahaan leasing yang memberikan kemudahan dalam pembelian dengan cara kredit untuk mobil baru maupun bekas.

7 Langkah Cerdas Mengajukan Kredit Mobil Agar Cepat Disetujui
sumber: www.idntimes.com
Pembelian secara kredit menjadi alternatif yang kian memudahkan konsumen disaat ingin memiliki sebuah mobil tapi belum mempunyai dana yang cukup sesuai harga yang dibanderol.

Ada kalanya pengajuan kredit untuk pembelian mobil tidak kunjung disetujui, bahkan ditolak oleh leasing. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi disetujui atau tidaknya pengajuan kredit mobil Anda.

Baca juga: Begini Cara Kaum Muda Menabung Untuk Bisa Beli Mobil Baru

Berikut ini kami akan sampaikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin beli mobil secara kredit agar pengajuannya cepat disetujui oleh leasing.

1. Tentukan Dulu Mobil yang Diinginkan


Pertama tentu kita harus menentukan dahulu mobil apa yang diinginkan. Pilihlah mobil idamanmu sesuai kebutuhan. Pertimbangkan secara matang jenis mobil apa yang hendak dipilih.

Ada beberapa jenis mobil yang tersedia di pasaran, mulai dari Sedan, SUV, MPB, Hatchback, hingga LCGC. Sejumlah pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam memilih mobil antara lain jumlah anggota keluarga, siapa saja yang memakainya secara rutin, dan ke mana saja mobil akan dipakai secara rutin.

Jenis Mobil SUV


Biasanya memiliki kapasitas sekitar 5-7 orang dan cocok untuk pemakaian sendiri maupun bersama keluarga.

Jenis ini umumnya memiliki bentuk yang kokoh, besar dan cocok bagi Anda dan keluarga yang suka berpetualang. Beberapa merek yang bisa menjadi referensi di antaranya All New Fortuner, Pajero, New Rush, Land Cruiser, dan masih banyak lagi.

Jenis Mobil MPV


Biasanya memiliki kapasitas 7 orang dan cocok bagi keluarga muda yang memiliki karakter stylish dan menginginkan mobil yang multi fungsi.

Sejumlah merek yang bisa menjadi referensi di antaranya All New Kijang Innova, Grand New Avanza, All New Sienta, Grand New Veloz, dan masih banyak lagi.

Jenis Mobil Sedan


Biasanya memiliki kapasitas sekitar 5 orang dan cocok untuk bagi Anda yang berkarakter eksekutif atau pengusaha. Sejumlah merek yang bisa menjadi referensi di antaranya seperti Camry, City, All New Vios, Corolla Altis, dan lain-lain.

Jenis Mobil Hatchback


Mobil jenis ini biasanya memiliki kapasitas sekitar 5 orang, cocok untuk Anda yang berkarakter dinamis dan aktif. Beberapa merek yang bisa menjadi referensi di antaranya seperti Etios Valco, All New Yaris, Jazz, dan lain-lain.

Jenis Mobil LCGC


Mobil jenis ini memiliki kapasitas sekitar 5 orang dan cocok untuk anak muda yang sedang merintis karir. Beberapa merek yang bisa menjadi referensi di antaranya Agya, Ayla, Wagon, dan lain-lain.

2. Sesuaikan Harga dengan Kondisi Keuangan


Tips berikutnya dalam mempersiapkan pengajuan kredit mobil Anda ialah kondisi keuangan. Sesuaikan mobil yang diinginkan dengan kondisi keuangan, jangan sampai karena urusan kredit mobil, kondisi finansial Anda menjadi kurang sehat.

Hindari membeli mobil yang harganya melebihi budget keuangan Anda. Pertimbangkan pula jumlah biaya keseluruhan yang harus dikeluarkan selama Anda mengansur mobil tersebut nantinya. Buat simulasi kredit sederhana untuk memperkirakan biaya tersebut.

Lakukan survey harga mobil sebagai patokan dan bahan pertimbangan terhadap mobil yang diinginkan. Perhatikan secara teliti dari segi merek, serta mesin dan spesifikasi mobil agar sesuai dengan kebutuhan Anda keluarga.

3. Pilih Penawaran Kredit Mobil dengan Bunga Terkecil


Besarnya bunga suatu kredit juga akan menentukan besaran nominal cicilan yang akan dibayarkan tiap bulannya. Oleh karena itu, bila ingin angsuran Anda lancar pilihlah leasing dengan besaran bunga kredit yang kecil.

Jangan lewatkan: Cara Perawatan Berkala Kendaraan Agar Tidak Mogok Di Jalan

Beban pembayaran akan lebih ringan dan risiko ketidakmampuan bayar bulanan juga akan lebih kecil, sehingga pengajuan kredit mobil Anda akan lebih besar peluangnya untuk disetujui.

4. Persiapkan Dana untuk TDP (Total Down Payment)


Meski besarnya cicilan per bulan dapat terpenuhi, tetapi di awal pengajuan kredit mobil Anda tetap memerlukan sejumlah uang untuk pembayaran TDP.

Oleh karena itu, jika Anda belum punya cukup dana untuk pembayaran TDP ada baiknya mulailah menabung dari sekarang. Anda bisa mengalokasikan setidaknya 10% dari penghasilan bulanan sebagai tabungan untuk pembayaran TDP.

Terkadang ada salah persepsi di masyarakat mengenai DP dan TDP. Sebagai tambahan informasi, TDP merupakan singkatan dari Total Down Payment, yaitu sejumlah uang untuk pembayaran di muka yang mencakup beberapa rincian seperti asuransi, administrasi, dan pajak.

Besaran TDP pun bervariasi, semakin tinggi TDP yang Anda bayarkan di awal semakin ringan pula biaya cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah TDP semakin besar biaya cicilan bulanan kredit mobil Anda.

Sedangkan DP merupakan singkatan dari Down Payment, yaitu uang muka murni yang harus dibayarkan di awal pengajuan kredit dan belum termasuk asuransi, administrasi, maupun pajak.

Jadi, TDP merupakan total keseluruhan dari DP murni plus angsuran bulan pertama, asuransi, administrasi, dan pajak. Nah, sekarang Anda sudah mengerti bukan perbedaan antara TDP dan DP? Jangan salah lagi ya dalam mengartikannya!

5. Pastikan Anda Memiliki Rekening Pribadi yang ‘Sehat’


Rekening pribadi menjadi salah satu dokumen pendukung yang dapat menjadi indikasi dari kesehatan kondisi finansial Anda.

Dokumen ini menjadi salah satu acuan leasing dalam penilaian ajuan kredit mobil yang Anda lakukan. Rekening pribadi yang ‘sehat’ akan memperbesar peluang pengajuan kredit mobil Anda dapat disetujui oleh leasing.

Dalam analisa kredit yang dilakukan oleh leasing, mereka akan menilai dari beberapa aspek yang biasa disebut dengan istilah 5C, yaitu Capital, Character, Collateral, Capacity, dan Condition.

Konsep 5C ini akan terbaca secara jelas pada laporan rekening pribadi yang Anda miliki baik berupa tabungan reguler maupun giro.

Rekening yang sehat bukan berarti memiliki jumlah nominal yang besar, tetapi lebih kepada pemasukan dan pengeluaran yang berimbang dari segi debet maupun kredit, bahkan akan lebih baik apabila terdapat surplus aktif di dalamnya.

Surplus aktif pada rekening pribadi tidak mengharuskan pemasukan yang besar, namun pemasukan tersebut masih dapat berkembang, mencukupi segala pengeluaran pribadi, dan terdapat sisa yang disimpan sebagai tabungan.

Rekening pribadi yang sehat dapat menjadi salah satu kunci dalam penilaian kredit oleh leasing sehingga pengajuan kredit mobil Anda dapat lebih cepat disetujui.

6. Menyiapkan Berkas Persyaratan Kredit


Karena melibatkan uang dalam jumlah besar bernilai ratusan juta, pengajuan kredit mobil bisa dikatakan bukanlah perkara sepele.

Oleh karena, terdapat banyak berkas persyaratan yang perlu Anda penuhi. Adapun beberapa berkas persyaratan yang harus disiapkan dalam pengajuan kredit mobil, antara lain:

  • Pengisian beberapa formulir.
  • Fotocopy KTP. 
  • Rekening Tabungan dalam 3 bulan terakhir.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Slip Gaji bagi karyawan.
  • Struk rekening listrik/telepon/air dalam sebulan terakhir.
  • SIUP/NPWP bagi wirausaha.


Apabila berkas-berkas persyaratan yang diperlukan telah disiapkan, barulah aplikasi kredit mobil yang Anda ajukan akan diproses oleh pihak leasing.

7. Saatnya Mengajukan Kredit


Jika semua langkah di atas telah dilakukan, berikutnya tinggal mengeksekusi pengajuan kredit mobil Anda. Saatnya Anda mengunjungi showroom atau dealer mobil terdekat di sekitar tempat tinggal. Tanyakan dengan jelas mengenai semua hal terkait kredit mobil Anda.

***

Demikian 7 langkah cerdas kredit mobil agar cepat disetujui leasing. Leasing sebagai pihak ketiga merupakan fasilitator antara penjual dan pembeli dalam transaksi jual beli mobil secara kredit.

Lanjutkan membaca: Cara Pemanfaatan Mobil Pick UP Untuk Keperluan Usaha

Ada banyak perusahaan leasing yang melayani pembelian mobil secara kredit, namun pastikan Anda memilih leasing terpercaya agar mendapatkan penilaian kredit dan pelayanan yang baik. Sekian dari kami, semoga aplikasi pembiayaan mobil Anda cepat disetujui.

sumber:
mobilkamu.com

 

Start typing and press Enter to search