5 Cara Sederhana Ini Akan Menumbuhkan Minat Menulis pada Anak

Yoadit.com - Meski sederhana, menulis merupakan kegiatan yang memiliki begitu banyak manfaat. Menurut para ahli, kegiatan menulis dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, mengurangi stres, menyembuhkan tubuh lebih cepat, dan mengatasi kegagalan.

5 Cara Sederhana Ini Akan Menumbuhkan Minat Menulis pada Anak
sumber: blogduniaanakindonesia.blogspot.com
Dengan melihat banyak manfaat dari menulis, sudah sepatutnya sejak kecil anak dibiasakan untuk melakukan kegiatan menulis. Ajaklah anak Anda untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat, salah satunya ialah menulis.

Baca juga: 13 Kelebihan Introvert yang Patut untuk Dibanggakan

Menurut Nurman Siagian, Pakar Edukasi Anak dari Wahana Visi Indonesia, menulis dengan tangan dapat mengasah berbagai keterampilan anak pada saat yang bersamaan, seperti berpikir kritis, dan merangsang saraf motorik sehingga daya ingat, kreativitas, dan kecerdasan anak akan meningkat.

Namun, bagaimana cara sederhana yang ampuh untuk menumbuhkan minat menulis pada anak-anak? Berikut kami sampaikan ulasannya untuk Anda!

1. Mulai dengan Menulis Buku Harian


Saat tiba masa liburan tentu memberikan berbagai pengalaman unik bagi anak. Ajaklah anak untuk menuliskan pengalamannya tersebut di buku harian. Dengan cara ini, kreativitas menulis anak Anda akan semakin terasah.

2. Minta Kepadanya untuk Menulis Surat


Di zaman serba gadget ini, kegiatan menulis di secarik kertas sudah mulai jarang dilakukan. Oleh karena itu, cobalah ajak anak untuk menulis surat yang berisi ungkapan sayang mereka kepada orangtua.

Kemudian mintalah Ia untuk menyelipkan surat tersebut di pintu kamar layaknya berkirim surat saat zaman Anda surat-suratan dulu.

Praktisi Mindful Parenting, Melly Kiong mengungkapkan bahwa menulis merupakan cara komunikasi yang baik antara anak dengan orangtua.

Anak dapat lebih leluasa mengungkapkan perasaan, ide, dan imajinasinya melalui tulisan sehingga orangtua dapat melihat bakat terpendam ataupun masalah yang sedang dihadapi sang anak.

3. Ajarkan Cara Menulis Memo Kecil


Cara berikutnya untuk menumbuhkan minat menulis pada anak ialah dengan mengajak serta mengajarkannya untuk menulis nama-nama benda yang ia sukai. Lalu, minta anak menuliskannya di kertas memo warna-warni untuk ditempelkan di salah satu dinding rumah atau kulkas.

Orangtua juga bisa membantu anak untuk menggambar benda-benda yang ditulis anak supaya kegiatan menulis memo kecil ini bisa jadi lebih menarik.

4. Membuat Sebuah Cerita


Cara lainnya untuk mengembangkan kreativitas menulis pada anak ialah dengan mengajaknya menulis sebuah cerita. Biarkan dia membuat karangan cerita yang dikehendaki agar lebih bebas dalam menuangkan imajinasi.

5. Menulis di Ruang Terbuka


Menulis di rumah terkadang akan terasa membosankan. Anda bisa mengajaknya untuk pergi ke ruang terbuka atau ruang publik seperti taman dan mintalah ia menuliskan benda-benda yang ditemui sepanjang perjalanan atau yang ada di sekitar tempat si anak menulis.

Jangan lewatkan: 3 Jenis Kepribadian Manusia Beserta Ciri-cirinya: Introvert, Extrovert, dan Ambievert

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan minat menulis pada anak. Selamat mencoba!

sumber:
lifestyle.okezone.com

 

Start typing and press Enter to search