18 Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas yang Harus Diwaspadai Para Pengendara

Yoadit.com - Di berbagai wilayah Indonesia kecelakaan lalu lintas ternyata masih banyak terjadi. Tidak hanya menimbulkan kerugian materil dan korban luka, kecelakaan lalu lintas juga berisiko mengakibatkan korban jiwa.

18 Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas yang Harus Diwaspadai Para Pengendara
sumber: www.tribunnews.com
Bahkan, Kepala Seksi Kemitraan Sub Direktorat Pendidikan Masyarakat Direktorat Keamanan dan Keselamatan Korp Lalu Lintas Polri, AKBP Aldo Siahaan pernah menyebutkan bahwa dalam 1 jam setidaknya ada 3 orang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia.

Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Raya


Ada beragam penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia, di antaranya seperti cara mengemudi yang tidak fokus, kebut-kebutan, hingga modifikasi kendaraan yang tidak sesuai standar keselamatan.

Nah, berikut ini kami jabarkan apa saja penyebab kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di jalan raya:

1. Pengendara Kurang Fokus


Pengendara yang tidak fokus ketika mengemudi atau mengendarai sepeda motor menjadi salah satu penyebab banyaknya kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Misalnya saja berkendara sambil menggunakan handphone atau sambil makan dan minum, mengantuk, atau terlalu banyak pikiran.

Pengemudi wajib mengetahui batas maksimal kecepatan mobil di suatu ruas jalan, seperti batas kecepatan di pemukiman, jalan raya, hingga di jalan bebas hambatan.

2. Ngebut dan Terburu-buru


Terlalu cepat atau ngebut saat berkendara dapat membuat pengemudi sulit bereaksi dengan cepat dan tepat ketika terjadi hal darurat.

3. Berpindah-pindah Lajur (Zig-zag)


Mengemudi secara zig-zag atau sering berpindah-pindah lajur juga menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya. Biasanya, karena terburu-buru dan ingin cepat sampai, pengemudi berpindah-pindah lajur untuk mendahului kendaraan di depannya.

4. Menerobos Lampu Merah


Mungkin bagi sebagian orang, hal ini terlihat sepele. Namun, menerobos lampu merah adalah hal yang sangat membahayakan keselamatan pengemudi maupun pengguna jalan lain.

5. Pengemudi Remaja


Umumnya, beberapa remaja memiliki tingkat emosi yang labil. Parahnya, tingkat emosi yang masih labil ini juga terjadi saat mereka berkendara.

Tidak jarang pula ada anak di bawah umur yang sudah diperbolehkan mengendarai sepeda motor di jalanan oleh orangtuanya, padahal hal tersebut amatlah membahayakan. Bukan sayang motornya, tapi sayang nyawanya!

6. Berjalan Melawan Arus


Banyak pengendara khususnya sepeda motor yang kerap melawan arus. Padahal, hal ini dapat menimbulkan kerugian seperti kemacetan, sampai menyebabkan kecelakaan.

7. Berbelok Tanpa Memberi Lampu Isyarat


Setiap pengendara wajib memberi tanda dengan lampu sein ketika hendak berbelok, menepi, ataupun menyalip kendaraan lain. Pastikan juga kondisi benar-benar aman ketika hendak membelokkan kendaraan.

8. Berkendara dalam Pengaruh Alkohol dan Obat-obatan


Di negara manapun melarang setiap pengemudi untuk berkendara dalam pengaruh alkohol karena berbahaya bagi keselamatan Anda maupun pengguna jalan lainnya. Pengendara yang berada di bawah pengaruh alkohol akan sulit untuk fokus, dan mengendalikan laju kendaraannya.

Apalagi jika pengendara berada di bawah pengaruh obat-obatan, selain melanggar hukum juga dapat membahayakan keselamatan.

9. Modifikasi Kendaraan yang Tidak Sesuai Standar Keselamatan


Mengubah atau memodifikasi kendaraan yang tidak sesuai standar keselamatan dapat berisiko menyebabkan kecelakaan karena dapat membuat kerja kendaraan tidak sesuai fungsinya.

10. Balapan Liar


Melakukan balapan liar di jalanan adalah tindakan ilegal yang membahayakan pengendara dan merugikan banyak orang.

11. Cuaca Buruk


Saat hujan lebat disertai angin kencang, ada baiknya Anda menunda perjalanan karena risiko mengalami kecelakaan tentu menjadi lebih besar.

Kondisi jalan yang licin, kabut yang menghalangi jarak pandang, longsor, dan pohon tumbang karena angin kencang merupakan beberapa hal yang bisa terjadi di jalanan saat kondisi cuaca buruk.

12. Mengemudi di Malam Hari


Mengemudi saat malam hari juga memperbesar risiko terjadinya kecelakaan. Kondisi tubuh yang lelah dan mengantuk akan membuat Anda sulit berkonsentrasi saat mengemudi.
Belum lagi jika Anda melewati jalan yang sepi dengan penerangan yang minim, risiko terjadinya kecelakaan pun dapat menjadi lebih tinggi.

13. Kondisi Kendaraan yang Tidak Laik Jalan


Sebelum bepergian, pastikan Anda mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Pastikan tidak ada masalah pada kendaraan yang dapat mengganggu lancarnya perjalanan ataupun membahayakan keselamatan.

Ban juga menjadi komponen penting pada kendaraan yang perlu diperhatikan. Jika memang sudah halus dan tipis, sebaiknya segera diganti.

14. Melanggar Rambu Lalu Lintas


Rambu lalu lintas merupakan panduan keselamatan dan kelancaran perjalanan bagi para pengendara. Jadi, jangan dilanggar ya kalau tidak ingin terjadi kemacetan ataupun kecelakaan.

15. Menyalip Kendaraan Tidak pada Jarak Aman


Jalan raya bukan tempat untuk Anda memamerkan keberanian sehingga mengemudi dengan ugal-ugalan. Tidak jarang kecelakaan lalu lintas terjadi karena pengendara menyalip kendaraan lain tidak pada jarak yang aman.

Kesabaran adalah salah satu faktor penting dalam berkendara. Jangan memaksakan menyalip di tikungan atau tidak pada jarak yang aman dengan kendaraan lain yang berpapasan.

16. Kondisi Jalan Berlubang


Kondisi jalan yang berlubang atau terdapat benjolan juga dapat menjadi faktor penyebab kecelakaan yang perlu kita waspadai.

17. Tikungan Tajam


Ketika Anda melihat rambu-rambu yang artinya ada tikungan tajam di depan, maka perlu lebih waspada dan pelankan laju kendaraan. Membunyikan klakson juga perlu dilakukan untuk jaga-jaga kalau ada kendaraan lain yang berpapasan dengan Anda.

18. Hewan yang Menyeberang


Tidak jarang, hewan bisa menjadi penyebab kecelakaan. Bisa jadi hewan liar atau hewan peliharaan tiba-tiba melintas, karena kaget pengemudi lantas mengerem mendadak atau tidak dapat mengendalikan laju kendaraan.
Itulah sejumlah penyebab kecelakaan yang perlu kita waspadai bersama saat berkendara di jalan raya. Semoga dengan mengetahui penyebab-penyebab tersebut, kita bisa lebih hati-hati dan waspada.

Sumber:
www.viva.co.id
www.liputan6.com

 

Start typing and press Enter to search