Taman Rancah Bukit Jimat Mendelem Pemalang, Wisata Ekstrem di Lereng Gunung Slamet

Yoadit.com - Libur akhir pekan memang paling asik jalan-jalan menikmati indahnya alam pegunungan. Bagi masyarakat sekitar Pemalang, Obyek Wisata Taman Rancah Bukit Jimat bisa menjadi pilihan seru untuk mengisi waktu liburan.

Taman Rancah Bukit Jimat Mendelem Pemalang, Wisata Ekstrem di Lereng Gunung Slamet
sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id
Obyek wisata yang berada di Desa Mendelem, Kecamatan Belik ini tidak hanya menawarkan keindahan dan kesejukkan alam pegunungan, tetapi juga wisata menantang yang ekstrem untuk menguji keberanian.

Baca juga: Nikmati Keseruan Liburan Sambil Belajar di Wahana World of Wonder Citra Raya

Nyali para pengunjung akan ditantang untuk memanjat tebing melewati trek tangga besi yang tertancap di dinding batu. Pengunjung diharuskan melakukan senam pemanasan dan panduan yang diberikan oleh petugas sebelum naik ke atas bukit.

Selain itu, juga disediakan alat pengaman yang wajib dipakai pengunjung, seperti helm serta tali pengaman yang dilengkapi dengan carrabiner (cincin pengait).

Pengunjung tidak perlu takut meskipun baru pertama kali melakukan kegiatan panjat tebing. Pasalnya pengunjung akan selalu dipandu petugas selama melintasi trek tangga besi yang tertancap di dinding batu.

Taman Rancah Bukit Jimat Mendelem Pemalang, Wisata Ekstrem di Lereng Gunung Slamet
sumber: www.bppdpemalang.id
Selain menjajal keberanian melewati lintasan ekstrem, pengunjung juga dapat ber-selfie di spot-spot menarik yang telah disediakan pengelola.

Duduk-duduk sambil menikmati keindahan dan kesejukan alam pegunungan juga menjadi aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Taman Rancah Bukit Jimat, Desa Mendelem.

Terdapat 3 wahana yang tersedia di obyek wisata ini, antara lain lintasan rok top dari batu ke batu, lintasan flying fox, dan paling utama ialah lintasan panjat tebing via ferata.

Jangan lewatkan: Pesona Keindahan Pantai Widuri Sebagai Obyek Wisata Andalan Pemalang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, panjat tebing via ferata merupakan wahana utama yang ada di Taman Rancah Bukit Jimat Desa Mendelem, yaitu suatu teknik panjat tebing dimana tebing dipasangi tangga besi yang memungkinkan siapapun dapat naik tebing dengan aman meski bukan pemanjat profesional. Tapi tetap ingat yah, harus sesuai prosedur yang ditetapkan oleh pengelola.

Bukit Jimat atau juga dikenal dengan Bukit Mendelem yang terletak di Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang ini memiliki ketinggian sekitar 1450 mdpl. Sedangkan untuk wahana panjat tebingnya sendiri, trek tangga besi yang sudah terpasang baru sekitar 130 meter.

Rencananya trek tangga besi akan ditambah oleh pengelola hingga mencapai 300 meter. Dengan demikian, pengunjung dapat mencapai puncak bukit dan menikmati indahnya sunset atau sunrise di Bukit Mendelem.

Taman Rancah Bukit Jimat Mendelem Pemalang, Wisata Ekstrem di Lereng Gunung Slamet
sumber: www.datawisata.com
Banyak pengunjung yang datang mengaku tertantang untuk mencoba wahana yang tersedia. Bagi Anda yang suka dengan wisata yang memacu adrenalin, Obyek Wisata Taman Rancah Batu Jimat bisa menjadi destinasi yang pas untuk mengisi waktu liburan.

Pengunjung dapat menikmati serunya panjat tebing dengan membayar tiket seharga Rp 40 ribu – Rp 100 ribu per orang tergantung panjang lintasan yang dilewati.

Simak juga: Rainbow Rafting Pemalang: Tempat Rafting yang Menantang dan Cocok untuk Pemula

Sementara untuk wahana rocktop, pengunjung akan dikenai tiket seharga Rp 150 ribu per orang. Kemudian, Anda juga dapat menikmati wahana flying fox dengan membayar tiket seharga Rp 10 ribu per orang.

Sumber:
panturapost.com

 

Start typing and press Enter to search