Fakta-fakta tentang Antartika, Daerah Terdingin di Planet Bumi


Yoadit.com - Sudah pernah ke Antartika? Meski belum pernah ke sana, tentunya Anda pernah atau sering mendengar tentang Antartika.

Fakta-fakta tentang Antartika, Daerah Terdingin di Planet Bumi
Lokasi paling dingin di Bumi ini merupakan sebuah benua yang hampir 99% wilayahnya diselimuti es. Letaknya berada di kutub selatan Bumi, dan memiliki ketebalan es mencapai lebih dari 1 kilometer.

Baca juga: 16 Fakta Menarik Tentang Kucing yang Kamu Wajib Tahu!

Fakta-fakta Seputar Antartika


Meski suhu dingin di tempat ini sangat ekstrim, namun ternyata ada beberapa hewan dan tumbuhan yang berhasil hidup dan beradaptasi dengan lingkungan di sana.

Itulah mengapa Antartika juga dijadikan sebagai laboratorium alami terbesar yang digunakan untuk mempelajari Bumi dan atmosfernya, serta melihat bagaimana terjadinya perubahan lingkungan hidup di Bumi.

Tidak hanya itu, ternyata masih banyak lho fakta-fakta menarik seputarAntartika yang belum banyak diketahui. Nah, ingin tahu lebih jelasnya lagi? Simak ulasan fakta tentang Antartika dari kami berikut ini!

1. Luas Antartika Dua Kali Lipat Benua Australia


Antartika adalah benua terbesar ke-5 di dunia dengan luas sekitar 14 juta km persegi (termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya). Luas tersebut hampir sama besar dengan Amerika Serikat dan 2x lipat Benua Australia.

2. Benua Tanpa Negara dan Pemerintahan


Meski memiliki wilayah yang luas, tidak ada Negara atau Pemerintahan yang terdapat di Benua Antartika. Namun demikian, ada sejumlah Negara yang mengklaim memiliki kedaulatan pada beberapa wilayah atau bagian berbeda di Antartika.

Setidaknya ada 49 negara yang telah menandatangani Antartic Treaty System, yaitu sistem yang mengatur hubungan antar negara tentang kedaulatan negaranya di Antartika.

Dengan perjanjian tersebut, negara-negara ini memiliki hak untuk menggunakan daerah tersebut hanya untuk tujuan penelitian ilmiah, dan harus netral secara politik.

3. Asal Usul Antartika


Antartika terbentuk sebagai hasil dari pergeseran benua yang terjadi selama jutaan tahun. Para peneliti memperkirakan dulunya Antartika merupakan bagian dari sebuah wilayah besar atau super benua Gondwana, bersama Amerika Selatan, Afrika, semenanjung India, dan Australia.

Bagian tersebut terpisah sekitar 25 juta tahun yang lalu dan bergerak ke selatan bumi. Bagian inilah yang kemudian disebut dengan Antartika.

Eksistensi Antartika tidak pernah diketahui hingga pertama kali terlihat pada tahun 1820. Sebelumnya, orang-orang mengira itu hanyalah sekelompok pulau biasa.

4. Suhu Terendah Mencapai Minus 90 Derajat Celsius


Di pedalaman Antartika, suhu rata-rata tahunan tercatat sekitar -57 derajat celsius. Sedangkan suhu terendah pernah tercatat pada tanggal 21 Juli 1983 di Stasiun Vostok Antartika, mencapai -90 derajat celsius.

Sementara itu, suhu terpanas di Antartika pernah tercatat pada tanggal 5 Januari 1974 di Stasiun Vanda, mencapai 15 derajat celsius. Di Antartika, angin sering bertiup dengan kecepatan hingga 320 km/jam dan memberi kontribusi terhadap iklim dingin dunia.

5. Mengapa Suhu di Antartika Sangat Dingin?


Letaknya yang berada di wilayah kutub Bumi, membuat benua Antartika hanya menerima sinar matahari dengan waktu yang singkat dalam satu tahun.

Selain karena intensitas sinar matahari yang minim, suhu dingin di Antartika juga disebabkan karena rata-rata ketinggian permukaanya mencapai 2.800 mdpl. Semakin tinggi suatu tempat, semakin rendah pula suhu di daerah tersebut.

Meski lapisan atmosfer di Antartika sangat tipis, tapi hampir 80% sinar matahari dipantulkan kembali oleh lapisan es yang solid.

6. Dahulu Adalah Tempat yang Hangat


Dahulu, sekitar 53 juta tahun yang lalu, Antartika merupakan daerah yang hangat. Bahkan, di sepanjang pantainya dapat ditumbuhi pohon kelapa.

7. Gurun Es Terbesar di Dunia


Fakta-fakta tentang Antartika, Daerah Terdingin di Planet Bumi
Pengertian gurun ialah daerah tanpa vegetasi/tumbuhan dengan curah hujan kurang dari 25 cm per tahun. Curah hujan di Antartika hanya sekitar 10 cm per tahun.

8. Mengapa Curah Hujan Sangat Rendah di Antartika?


Di Antartika, hujan hanya terjadi dalam bentuk salju atau es, bukan butiran air. Terjadinya penguapan juga sangat kecil di Antartika sehingga curah hujan sangat rendah. Bahkan, tempat paling kering di Planet Bumi berlokasi di Antartika, dan dinamakan Dry Valleys.

9. 70% Air Bersih Seluruh Bumi Ada di Antartika


Hanya sekitar 2 persen saja dari seluruh bagian Antartika yang tidak tertutup es. Ketebalan es rata-rata di Antartika sekitar 1,6 km. Hampir 70% air tawar dari seluruh Bumi ada di Antartika. Bila es di Antartika mencair, akan terjadi kenaikan permukaan laut dunia hingga 60-65 meter.

10. Tumbuhan dan Hewan yang Hidup di Antartika


Fakta-fakta tentang Antartika, Daerah Terdingin di Planet Bumi
Hampir tidak ada tumbuhan yang dapat hidup di Antartika. Hal ini karena kondisi kualitas tanah yang buruk, es yang terlalu tebal, dan intensitas sinar matahari yang terlalu sedikit.

Hanya sekitar 100 spesies lumut, 25 liveworts, dan 2 spesies tanaman bunga saja yang dapat tumbuh. Itupun hanya saat musim panas, mereka akan hilang ketika tiba musim dingin di Antartika.

Begitu pula dengan hewan, hanya beberapa spesies hewan yang mampu bertahan hidup di Antartika, seperti penguin raja, penguin kaisar, ikan paus biru, anjing laut, dan sebagian kecil spesies serangga.

Beberapa orang mengira bahwa beruang kutub ada di Antartika. Faktanya, beruang kutub bukan tinggal di Antartika, melainkan di Arctic dan Kanada (Kutub Utara). Bahkan, Antartika merupakan satu-satunya benua di mana tidak ditemukan hewan reptil di sana.

Akan tetapi, meskipun kondisi suhu yang sangat dingin dan kering di Antartika, ada juga jamur yang dapat bertahan di daerah ini. Tercatat ada sekitar 1.150 spesies jamur yang mampu beradaptasi dengan baik pada kondisi ekstrim di Antartika.

11. Adakah Manusia yang Tinggal di Antartika?


Meski banyak ilmuwan yang melakukan ekspedisi di Antartika, tetapi tidak ada manusia yang benar-benar menetap di sana.

12. Fakta-fakta Menarik Antartika Lainnya


Fakta-fakta menarik lainnya tentang Antartika di antaranya:
  • Bagi mereka yang ingin bekerja di sekitar Antartika diharuskan membuang gigi bungsu dan usus buntunya.
  • Memiliki domain sendiri berakhiran .aq.
  • Metallica pernah mengadakan konser di Antartika yang bertajuk “Freeze ‘Em All”.
  • Terdapat bar di Antartika yang terletak di Stasiun Penelitian Verdadsky. Bar ini merupakan satu-satunya dan bar paling selatan di dunia.

Simak juga: Mengenal Jenis Kucing Persia Exotic dan Fakta Keunikannya

Itulah sejumlah fakta tentang Antartika yang menarik untuk diketahui. Global Warming memang menjadi ancaman serius bagi Bumi dan para penghuninya.

Pasalnya, tidak hanya mengakibatkan permukaan laut dunia naik, tapi juga kondisi cuaca ekstrim yang disebabkan karena milyaran ton air tawar yang tumpah ke Samudra.

Sumber:
bobo.grid.id
www.idntimes.com
www.hipwee.com
www.yofakta.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com