Inspirasi Bisnis Usaha Kursus Memasak


Yoadit.com - Bagi Anda yang hobi serta memiliki keterampilan di bidang memasak tentunya bisa memanfaatkan  keahlian tersebut sebagai sumber pemasukan.

Untuk memperoleh ilmu memasak, sebagian orang mendapatkan keahlian melalui bangku kuliah tetapi tidak semua master memasak lulusan sekolah kan?

Inspirasi Bisnis Usaha Kursus Memasak
Mungkin Anda bisa membagi pengalaman Anda karena justru di dunia masak-memasak, citarasa masakan yang disukai konsumen tentu terbangun dari pengalaman seseorang.

Baca juga: Inspirasi Bisnis Membuka Usaha Fitness Center

Jika Anda berniat membuka Usaha Kursus Memasak maka langkah pertama adalah menentukan  terlebih pokok bahasan yang akan kita ajarkan.

Bidang memasak cukup  luas dan banyak tema yang bisa diangkat antara lain kursus memasak kue, kursus pastry, kursus masakan nusantara, kursus masakan internasional  dan lain-lain.

Untuk memulai alangkah lebih baik fokus pada tema-tema  tertentu untuk satu kali rangkaian kursus dan tidak tertutup kemungkinan  untuk berganti tema secara periodik. Sebaiknya tema atau fokus yang  kita ambil merupakan keahlian kita.

Setelah kita  menentukan tema kursus, maka yang perlu kita siapkan adalah materi bahan  ajar. Bahan ajar bisa dipersiapkan berdasarkan pengalaman memasak Anda,  ataupun berdasar literatur.

Materi ajar juga bisa disesuaikan dengan  trend masakan yang terbaru baik itu dari trend dari luar negeri ataupun  dalam negeri.

Bila hal itu sudah dipersiapkan maka selanjutnya yang  diperlukan adalah memikirkan konsep kursus.

Konsep kursus bisa saja  dengan pendekatan praktek lebih banyak ataupun sebaliknya teori yang  lebih banyak. Konsep kursus juga bisa diaplikasikan khusus untuk siswa  yang ingin membuka usaha katering.

Terlepas dari konsep yang akan diaplikasikan  dalam kursus memasak, pengalaman siswa untuk langsung melakukan praktek  akan lebih berharga mengingat dalam memasak keterampilan non teknis  lebih dibutuhkan.

Setelah membuat  materi bahan ajar dan menentukan konsep kursus, maka selanjutnya kita  bisa melakukan langkah berikutnya yaitu menentukan tempat usaha dan  menata kelengkapan penunjang.

Tempat usaha ini bisa saja di salah satu  ruangan di rumah Anda, namun Anda juga bisa menyewa ruangan di tempat  yang mungkin lebih strategis bagi konsumen. Bisa juga Anda datang ke  konsumen dengan menawarkan jasa kursus di tempat.

Karena usaha yang akan dilakukan adalah kursus memasak maka tentunya Anda harus menyiapkan  kelengkapan memasak mulai dari kompor, oven, panci dan alat lainnya.

Jika memang Anda menginginkan suasana praktek nya lebih besar maka dalam  ruang usaha Anda harus disediakan sebuah ruangan dapur bersih yang luasnya  cukup untuk menampung jumlah siswa.

Sebaiknya diatur sebuah ruangan  untuk administrasi dengan kelengkapan antara lain kursi tunggu, meja  administrasi dengan komputer, printer serta peralatan kantor lainnya.

Untuk kelangsungan usaha, sangat perlu untuk memikirkan manajemen usaha antara lain merapikan  data konsumen usaha, melakukan penjadwalan kursus, pencatatan keuangan,   dan lain-lain.

Namun yang paling penting adalah memberikan kualitas  yang maksimal terhadap klien walaupun Anda pemain baru dalam usaha ini  tetapi ada nilai lebih yang didapatkan oleh konsumen setelah mengikuti  kursus yang Anda selenggarakan.

Hampir dilupakan adalah promosi usaha karena bagaimanapun tanpa promosi mungkin sedikit  orang yang akan melirik usaha Anda.

Untuk memulai promosi bisa dilakukan  dengan memasang iklan di surat kabar dan lebih baik membuat semacam  portofolio di dunia maya dengan membuat website ataupun blog.

Sebelum Anda  memulai Usaha Kursus Memasak Anda dan menerima konsumen, ada baiknya  menilik dulu kondisi pesaing yang terlibat dalam usaha sejenis.

Bila  perlu Anda ikut saja dulu kursus yang mereka tawarkan untuk mendapatkan  gambaran tentang apa yang Anda bisa lakukan di usaha Anda kelak. Mungkin  ini sebuah teori yang dikenal dengan  ATM (yaitu Amati Tiru dan  Modifikasi).

Ada banyak  hal-hal kecil yang akan menentukan kelangsungan usaha Anda, antara lain  kepribadian Anda dalam mengajar kursus (bila Anda turun langsung).

Jika  Anda membuat suasana menyenangkan dan menyesuaikan dengan kondisi klien  tentunya suasana kursus akan lebih interaktif.

Jika usaha Anda semakin  besar, kita pasti tidak akan berhasil seorang diri oleh karena itu perlu  dipertimbangkan untuk mencari tenaga kerja yang bisa membantu kita.

Jangan lewatkan: 5 Inspirasi Bisnis Tanpa Tinggalkan Rumah Modal Mini Untung Maksi

Akhirnya kita  memikirkan jumlah modal yang kita keluarkan untuk usaha ini. Bisa saja  untuk memulai usaha ini Anda mendapatkan pinjaman bank atau dari sumber  lainnya namun yang paling penting usaha Anda bisa menguntungkan secara  finansial bagi Anda.

Kursus yang Anda selenggarakan bukan kursus gratis  karena tentunya diselenggarakan dengan mengeluarkan biaya, mengerahkan  kemampuan dan pengetahuan Anda oleh karena itu sewajarnya kita menerapkan  biaya atau tarif untuk orang atau kelompok dengan harga yang wajar namun  masih bisa mendapatkan keuntungan.

Jika semua  dirasa sudah tidak ada masalah, tidak ada alasan untuk menunda-nunda  rencana Usaha Kursus Memasak Anda! Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat, dan salam sukses selalu!

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com