Cara Mendirikan Perusahaan Dagang


Yoadit.com - Bagi Anda yang berniat mendirikan perusahaan dagang, tentunya perlu mengetahui apa itu perusahaan dagang, dan apa saja syarat yang harus disiapkan untuk mendirikannya.

Nah, posting kami berikut ini akan mengajak Anda mengenal lebih jauh tentang perusahaan dagang, cara mendirikan perusahaan dagang beserta syarat-syarat yang harus disiapkan.

Sekilas Tentang Perusahaan Dagang


Cara Mendirikan Perusahaan Dagang
Pengertian berdagang adalah suatu kegiatan bisnis menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan, perantara atau distributor juga termasuk di dalamnya.
Saat ini banyak pengusaha baru yang bermunculan, ada yang berlatar belakang pelajar, mahasiswa, buruh, hingga ibu rumah tangga. Usaha dagang menjual produk barang ataupun jasa mulai dilakukan untuk menambah penghasilan dan juga pengalaman.

Bukan hal yang mustahil bila awalnya usaha dagang dilakukan sebatas sampingan atau mengisi waktu luang, kian berkembang, untuk yang didapat semakin besar, dan jangkauan pemasaran juga semakin luas.

Bahkan tidak jarang mereka yang mulanya bekerja sebagai karyawan kantoran beralih menjadi wirausahawan dan memfokuskan diri untuk membuka usaha dagang karena merasa memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Beda Perusahaan Dagang (PD) dengan Perseroan Terbatas (PT)


Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya apa perbedaan Perusahaan Dagang (PD) dengan Perseroan Terbatas (PT). Usaha dagang yang semakin berkembang perlukah didaftarkan secara resmi dan berbadan hukum?
Untuk lebih jelasnya lagi, berikut kami sampaikan beberapa perbedaan Perusahaan Dagang dengan PT:
  • Dibedakan dari segi kepemilikan, Perusahaan Dagang hanya dimiliki oleh perseorangan sedangkan Perseroan Terbatas (PT) harus dimiliki setidaknya oleh 2 orang pendiri atau pemegang saham.
  • Perusahaan Dagang tidak perlu dibuatkan status badan hukum, sedangkan PT harus memiliki badang hukum.
  • Umumnya, pemilik perusahaan dagang juga berfungsi sebagai pengelola jalannya usaha, sedangkan PT fungsinya harus dipisahkan antara pemegang saham dengan pengelola atau direksi.
  • Tidak ada ketentuan modal minimum yang harus dimiliki oleh Perusahaan Dagang, sementara PT harus memiliki modal minimum sebesar Rp 50 juta.

Syarat Pendirian Usaha Dagang (UD)


Pada dasarnya tidak ada syarat resmi yang dibutuhkan untuk mendirikan Perusahaan Dagang (PD) atau Usaha Dagang (UD). Akan tetapi, jika Anda ingin mendirikan Perusahaan Dagang yang memiliki izin usaha, setidaknya perlu menyiapkan beberapa syarat, antara lain:
  • Izin Domisili Usaha dari Kantor Kelurahan dan Kecamatan.
  • NPWP atas nama sendiri.
  • Mengajukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) perseorangan kepada Dinas Perdagangan setempat. Tapi memang tidak ada kewajiban untuk Perusahaan Dagang untuk memiliki SIUP, jadi poin ini bersifat opsional.
  • Bila Perusahaan Dagang sudah memiliki SIUP, selanjutnya wajib mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP) sesuai dengan UU No 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan.

Kriteria Perusahaan yang Wajib Berbadan Hukum


Pertanyaannya, badan usaha seperti apa yang wajib memiliki naungan badan hukum atau dibentuk penjadi Perseroan Terbatas (PT)?

Untuk merubah status usaha dari Perusahaan Dagang ke Perseroan Terbatas (PT) harus ditinjau dahulu dari visi, misi, dan tujuan untuk memperluas kegiatan Perusahaan Dagang.

Berdasarkan ketentuan Perundang-undangan, badan usaha yang wajib memiliki badan hukum di antaranya Bank, Rumah Sakit, dan Penyelenggara Pendidikan Formal.

Selain badan usaha tersebut, apabila terdapat penyertaan modal asing dalam badan usaha maka wajib untuk memiliki badan hukum atau diubah menjadi Perseroan Terbatas (PT).
Nah, bila usaha dagang yang Anda tekuni mulai berkembang dan memenuhi kriteria untuk menjadi perusahaan berbadan hukum, maka segeralah mengubahnya jadi bentuk PT supaya memiliki ketetapan hukum yang kuat apabila terjadi suatu permasalahan berkaitan dengan hukum.

Sumber: www.finansialku.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com