Ingin Memulai Bisnis Travel? Simak Dulu 10 Tipsnya Berikut Ini!


Yoadit.com - Dewasa ini, bisnis travel atau jasa perjalanan wisata memang cukup menjanjikan. Terutama di tengah tren gaya hidup para millenial yang telah menjadikan traveling sebagai kebutuhan untuk melakukan penyegaran kembali terhadap tubuh dan pikiran.

Ingin Memulai Bisnis Travel? Simak Dulu 10 Tipsnya Berikut Ini!
Mungkin tidak banyak orang mengira kalau bisnis travel sebenarnya dapat dimulai dengan modal usaha yang relatif minim. Namun, bila kita ingin menggeluti bisnis di bidang ini, penting sekali untuk memiliki kemauan dan dukungan kemampuan yang terinventarisir terlebih dahulu.
Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis atau usaha travel, berikut ini kami akan sampaikan beberapa tips penting yang perlu diperhatikan:

1. Tentukan Jenis Usaha Travel yang Ingin Digeluti


Sebelum memulainya, tentukan dahulu jenis bisnis travel apa yang hendak Anda jalankan. Ada beberapa jenis bisnis travel yang bisa Anda pilih, mulai dari agen tiket pesawat terbang, agen tiket bus dan kereta api, rental mobil beserta supirnya, jasa pembuatan visa dan pasport, layanan pemesanan penginapan, paket perjalanan wisata, dan masih banyak lagi.

Ketika Anda sudah memilih salah satu jenis bisnis travel yang akan digeluti, fokuslah dengan pilihan tersebut sehingga akan lebih mudah untuk Anda mempelajari hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis travel.

2. Buat Profil untuk Bisnis Anda


Kredibilitas suatu bisnis dipengaruhi oleh profesionalitas pada profil yang dibuat. Oleh karena itu, tulislah profil usaha yang baik dan meyakinkan sehingga calon pengguna jasa memiliki alasan menjadikan bisnis Anda sebagai pilihan.

3. Lakukan Pemetaan Tujuan Perjalanan


Langkah selanjutnya ialah menentukan lokasi dan melakukan pemetaan untuk tujuan jasa perjalanan yang Anda tawarkan. Terutama bila Anda memilih jenis usaha travel wisata, setiap daerah tentu memiliki beberapa tujuan wisata.

Anda perlu melakukan pemetaan dan membuat database dari setiap daerah yang menjadi tujuan perjalanan dalam bisnis travel. Beberapa data yang diperlukan mencakup contact person dari pengelola tempat wisata atau penginapan, harga tiket, surat-menyurat, dan biaya-biaya yang perlu dikeluarkan untuk 1 paket perjalanan yang ditawarkan.

4. Buat Brand yang Mudah Diingat


Dalam membuat brand (nama) usaha travel, usahakan agar mudah diingat, tidak pasaran, serta mudah didengar dan mudah terlihat. Nama brand yang mudah diingat akan memudahkan bisnis Anda dalam hal pemasaran.

Jangan lewatkan: 6 Inspirasi Bisnis Tanaman Hias Paling Menguntungkan

5. Penawaran Beberapa Paket Perjalanan


Pilihan beberapa paket perjalanan akan menambah minat konsumen karena mereka dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

6. Jalankan Strategi Pemasaran yang Efektif


Sebagian orang mungkin menganggap kartu nama telah ketinggalan zaman. Tapi, alat pemasaran yang satu ini ternyata masih cukup efektif untuk membuat brand Anda mudah diingat calon konsumen.

Selain membuat kartu nama, Anda juga dapat memasarkan bisnis travel melalui media sosial. Adanya web atau blog juga akan menambah kredibilitas bisnis travel karena konsumen dapat dengan mudah menemukan penawaran paket perjalanan yang Anda tawarkan lewat mesin pencari.

7. Galang Mitra Sebanyak-banyaknya


Bisnis travel memerlukan banyak mitra, termasuk kerjasama dengan tempat wisata, jasa transportasi, penyedia tiket pesawat, pengelola hotel atau penginapan, pemerintah daerah, rumah makan, dan banyak lagi.

Oleh karena itu, cari mitra sebanyak-banyaknya untuk kemudahan bisnis travel yang Anda jalankan. Selain itu, Anda juga dapat mencari mitra dalam hal pemasaran, seperti rekanan dengan sistem komisi, atau kerjasama lainnya yang saling menguntungkan.

8. Berikan Pelayanan yang Prima Kepada Konsumen


Ketika bisnis sudah dijalankan, berikanlah pelayanan terbaik kepada konsumen karena mereka bukan hanya aset, tapi juga rekanan yang sangat berharga dalam bisnis Anda.

Jangan sampai membuat mereka kecewa, karena satu orang merasa kecewa bisa saja menularkannya kepada orang lain.

9. Jalin Hubungan yang Baik dengan Konsumen


Jika Anda memiliki kontak messenger atau media sosial konsumen, simpan kontak-kontak tersebut karena dapat menjadi data yang berharga bagi kelangsungan bisnis Anda.

Jalin hubungan yang baik dengan konsumen, ucapkan terima kasih langsung melalui kontak mereka karena telah menggunakan jasa travel yang Anda tawarkan. Jangan lupa sampaikan promo-promo menarik kepada konsumen melalui kontak-kontak tersebut.

10. Mengurus Izin Usaha


Apabila bisnis travel yang Anda jalankan telah berkembang dengan baik, ingatlah untuk mempersiapkan pendaftaran usaha Anda secara resmi. Jangan sampai usaha yang Anda rintis nantinya bermasalah dengan hukum.
Itulah beberapa tips yang dapat kami sampaikan terkait membangun bisnis travel. Kesuksesan bukanlah hal yang mustahil asalkan dijalankan dengan niat, kerja keras, dan pengorbanan yang maksimal. Semoga sukses ya sahabat!

sumber: www.cermati.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com