5+ Tips Merawat Mobil Agar Tetap Sehat


Sebagai kendaraan dalam sehari-hari, mobil harus tetap dirawat dengan benar. Inilah tips merawat mobil yang harus anda ketahui.

Yoadit.com - Mobil menjadi sarana transportasi sehari-hari yang cukup banyak diminati. Kemudahan dalam penggunaan dan fasilitas yang lebih banyak menjadikannya cocok untuk segala hal. Tetapi, jangan hanya menggunakannya saja. Melainkan,harus bisa melakukan perawatan. Tips merawat mobil harus anda pahami agar tidak salah dalam perawatan mobil. Agar lebih jelasnya, kami akan mengulas secara jelas tips merawat mobil hanya untuk anda.

Ketika digunakan dalam berkendara,mobil harus memiliki performa yang baik. Jika tidak,berbagai macam persoalan bisa saja terjadi. Perawatan tidak hanya untuk mobil bekas saja. Justru,mobil baru harus melakukan perawatan agar selalu optimal performanya. Perawatan yang dilakukan dengan sembarangan dapat menyebabkan kerusakan yang menjalar. Karena itu, pahami dengan benar perawatan mobil. Baca lebih jelasnya mengenai tips merawat mobil kesayangan anda.

Baca juga: 6 Langkah Mudah Mengganti Sendiri Air Radiator Mobil

Tips Merawat Mobil Dengan Benar


Sangat di anjurkan untuk dapat melakukan perawatan mobil dengan benar. Berikut ini beberapa tipsnya meliputi:

1. Cek Oli Secara Rutin


tips merawat mobil
Komponen pendukung yang cukup berpengaruh yaitu oli. Performa dari dapur pacu sebuah mobil bergantung pada oli. Mesin yang maksimal dapat diperoleh dari oli yang berkualitas. Lakukan cek secara berkala oli yang terdapat di mobil.

Terutama,setiap bulan harus melakukan pengecekan. Jangan sampai oli habis sampai tidak tersisa. Karena, akibatnya bisa fatal bahkan dapat merusak mesin pada mobil. Pastikan untuk selalu melakukan cek terhadap oli mobil.

2. Tune Up Secara Berkala


Melakukan tune up pada mobil sangat penting untuk tetap menjaga performa. Terlebih, bagi anda yang gemar melakukan perjalanan jauh. Selain itu, tune up juga dilakukan agar mobil tetap memiliki performa yang baik.

Alangkah baiknya untuk melakukan tune up di bengkel resmi tiap merk. Umumnya, bengkel resmi memiliki mekanik yang lebih berpengalaman dan kendaraan mobi. Fasilitas yang diberikan dalam tune up juga hasilnya baik. Dengan begitu, mobil anda menjadi tetap berkualitas !

Jangan lewatkan: 9 Cara Menghemat BBM Saat Bepergian Menggunakan Mobil Pribadi

3. Cek Kondisi Starter Mobil


Salah satu cara termudah melakukan cek kualitas mobil yaitu dengan starter. Mobil yang tidak kuat starter berarti memiliki masalah di dalamnya. Baik untuk bahan bakar ataupun filternya. Selain itu, blok mesin juga perlu diwaspadai. Terutama bagi pemilik mobil bekas.

Cara merawat mobil bekas memang tidaklah mudah. Dibutuhkan niat yang sungguh-sungguh,terutama untuk starter. Beberapa bagian dapat berpengaruh untuk menyalakan mesin. Jika tidak kuat dinyalakan,lantas untuk apa digunakan mobil tersebut? Jadi,pastikan selalu cek starter berkala.

4. Cek Knalpot Mobil


Tips Merawat Mobil
Merawat mobil matic ataupun transmisi jelas memiliki kesamaan. Cara merawat mobil matic harus memperhatikan semua hal. Begitupun dengan transmisi, termasuk pada bagian knalpot. Semua mobil memiliki knalpot,dan harus dilakukan pengecekan dalam pembuangan gasnya.

Apakah proses pembuangan berjalan dengan baik atau tidak. Selain itu, apakah ada saluran yang tersumbat pada knalpot. Beberapa kotoran yang menyumbat bisa mempengaruhi tarikan dari mobil. Untuk itu,selalu cek bagian knalpot secara berkala!

5. Cuci Rutin Mobil


Cara merawat body mobil agar tetap mengkilap yaitu dengan mencucinya. Mencuci mobil harus dengan sabun yang sesuai. Tidak dianjurkan menggunakan sabun lainnya karena akan berbahaya. Selain itu, gunakan sabun dengan tidak terlalu berlebihan.

Tidak hanya itu, untuk proses pengeringan juga harus dengan benar. Jangan sampai ada sabun yang tersisa karen bisa menghilangkan pelindung cat pada mobil. Serta, air yang tidak dikeringkan akan menyebabkan bercak pada mobil. Selalu pastikan kebersihan dari mobil ya !

Simak juga: Tips Aman Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan

Begitulah beberapa tips merawat mobil yang dapat anda lakukan. Merawat mobil bukanlah hal yang sulit,hanya saja harus dilakukan dengan benar. Jangan sembarangan dalam perawatan karena bisa merusak sparepart. Jika rusak,maka harus diganti dan membutuhkan biaya lebih. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com