5 Buah Segar yang Mampu Cegah Tekanan Darah Tinggi


Yoadit.com – Pisang dan Semangka ternyata kedua buah ini mengandung vitamin dan mineral yang ampuh cegah tekanan darah tinggi.

5 Buah Segar yang Mampu Cegah Tekanan Darah Tinggi
Selain itu, ada juga buah Kiwi, Strawberry, dan Mangga. Buah-buahan dengan rasa yang segar tersebut juga memiliki khasiat yang bagus untuk mencegah hipertensi.
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum tetapi juga berbahaya. Kondisi tersebut terjadi karena tingginya aliran darah ke arteri secara abnormal.

Menjaga diet dan mempertahankan gaya hidup sehat menjadi anjuran yang penting untuk dilakukan oleh penderita tekanan darah tinggi.

Salah satu penyakit kardiovaskuler ini juga dapat memicu stroke, dan kurangnya pengobatan terhadap penyakit tekanan darah tinggi dapat memperburuk kondisi kesehatan penderitanya.

Konsumsi makanan yang terlalu asin dan berminyak juga harus dihindari karena dapat membuat pembuluh darah tegang sehingga membuat aliran darah terhambat.

Konsumsi makanan yang tinggi kandungan Kalium sangat disarankan bagi penderita tekanan darah tinggi karena Kalium dapat melemaskan pembuluh darah dan menghilangkan efek buruk Natrium.

Anda bisa coba mengonsumsi buah-buahan berikut ini secara rutin sebagai alternatif pengobatan untuk penyakit tekanan darah tinggi:

1. Cegah Tekanan Darah Tinggi dengan Pisang


Buah Pisang sering disebut sebagai makanan terbaik bagi penderita tekanan darah tinggi. Pasalnya, Pisang kaya akan sumber Kalium, mengandung karbohidrat dan kadar air yang sehat, serta memiliki kadar Sodium yang rendah.

2. Menstabilkan Tekanan Darah dengan Strawberry


Buah dengan rasa yang segar ini kaya akan antioksidan dan memiliki sifat alami anti-inflamasi. Strawberry juga kaya akan sumber vitamin C dan asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung.

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, strawberry juga mengandung banyak Kalium yang dapat membantu jaga tekanan darah supaya tetap stabil.

3. Mengendalikan Tekanan Darah dengan Semangka


Buah Semangka memiliki kandungan likopen yang tinggi dan dapat membantu tingkatkan kesehatan jantung. Buah yang kaya akan beta-karoten ini juga mengandung banyak vitamin C dan antioksidan.

Semangka juga merupakan sumber Potassium yang baik, dapat membantu jaga tekanan darah supaya tetap terkendali.

4. Nikmatnya Buah Mangga Bantu Jaga Tekanan Darah


Di samping memiliki tekstur buah yang lembut, Mangga juga memiliki cita rasa yang menyegarkan. Terkandung 168 mg Potassium dalam 100 gram buah Mangga yang mampu menjaga tekanan darah tetap stabil. Tapi jangan berlebihan dalam mengonsumsi Mangga karena dapat menyebabkan panas tubuh berlebih.

5. Buah Kiwi


Kiwi merupakan salah satu buah paling sehat untuk Anda yang tengah menjalani program diet. Di dalamnya terkandung antioksidan, mineral, dan serat yang tinggi untuk melancarkan pencernaan serta menurunkan berat badan.

Buah Kiwi juga mengandung vitamin C serta folat yang tinggi untuk bantu meningkatkan imunitas dan kesehatan kulit. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 3 buah Kiwi setiap hari dapat membantu cegah naiknya tekanan darah.
Itulah 5 buah-buahan segar yang memiliki khasiat bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi. Apakah salah satunya ada yang menjadi favorit Anda?

sumber: food.detik.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com