Begini Cara Merawat Mobil Baru Supaya Awet dan Tetap Kinclong


Yoadit.com - Bagaimana cara merawat mobil baru yang benar? Perawatan mobil baru sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Bagi Anda yang baru saja membeli mobil baru, bisa melakukan perawatan sendiri tanpa memerlukan bantuan seorang montir atau ahli mobil.

Begini Cara Merawat Mobil Baru Supaya Awet dan Tetap Kinclong
Caranya pun cukup sederhana, intinya ada pada cara Anda berkendara, rajin membersihkan mobil, dan rutin mengganti oli sesuai anjuran dalam buku manual kendaraan. Ingin tahu lebih jelasnya cara merawat mobil baru? Mari kita simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 5+ Tips Merawat Mobil Agar Tetap Sehat

1. Hindari Pengereman Mobil Secara Mendadak


Hal penting namun sering dianggap sepele, mengerem secara mendadak sangat tidak baik dilakukan saat berkendara. Bukan hanya berbahaya bagi keselamatan Anda dan orang lain, tapi juga dapat berdampak buruk bagi kondisi mobil.

Pasalnya, saat ngerem mendadak roda dan mesin sedang bergerak dan dihentikan tiba-tiba oleh sistem pengereman. Hal ini dapat berdampak buruk bagi komponen-komponen pada mobil Anda.

2. Kurangi Laju Kendaraan Saat Melewati Jalan Berlubang


Meskipun jalanan di Indonesia sudah banyak yang diaspal mulus, namun di beberapa lokasi masih ada saja ruas jalan yang berlubang. Penyebabnya bisa berbagai macam, mulai dari terkikis air hujan hingga tonase kendaraan yang melebihi ambang batas ketentuan.

Jalanan berlubang atau tidak rata perlu diwaspadai oleh pemilik mobil baru. Meskipun sistem suspensi yang masih bagus dimiliki mobil baru, tapi tetap saja kita harus lebih berhati-hati.

Pastikan Anda mengurangi kecepatan saat melintasi jalan berlubang atau jalanan dengan aspal yang tidak rata karena dapat berdampak buruk bagi beberapa komponen seperti sistem suspensi mobil, velg roda, dan ban mobil Anda.

3. Jangan Memaksakan Muatan Berlebih


Selalu perhatikan apakah penumpang yang ada di dalam mobil Anda tidak melebihi batas muatan maksimal. Muatan yang berlebih dapat memperpendek umur komponen mesin dan onderdil mobil.

Pasalnya, mesin mobil akan dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk mengangkut beban yang tidak sesuai dengan kapasitasnya. Belum lagi masalah sistem suspensi mobil yang akan menerima tekanan terlalu berat sehingga menjadi cepat rusak.

4. Posisikan Transmisi Gigi Sesuai Batas Kecepatannya


Saat mengemudi, pastikan Anda menyesuaikan menggunakan posisi transmisi gigi yang tepat. Pposisi gigi harus sesuai dengan batas kecepatannya agar dapat bekerja dengan baik dan bagian lainnya seperti kopling maupun rem tidak cepat aus.

5. Peka Terhadap Suara Aneh Pada Komponen Mobil


Sebagai pengemudi, Anda harus mengenali betul bagaimana suara komponen pada mobil. Apabila ada suara atau getaran yang dirasa tidak wajar, segera periksa atau langsung bawa ke bengkel.
Dikhawatirkan bila dibiarkan nantinya dapat berdampak buruk bagi mesin atau komponen mobil. Bahkan, jika dibarikan mungkin bisa merembet ke bagian-bagian lain yang semula tidak mengalami kerusakan.

Berbagai masalah yang muncul pada mobil Anda, baiknya diatasi sedini mungkin bila ingin mobil tetap awet dan komponennya berumur lebih panjang.

6. Rutin Bersihkan Terminal Aki


Sebagai salah satu komponen penting pada mobil, aki berfungsi untuk memasok listrik pada mobil sehingga kondisinya harus selalu dalam keadaan bersih. Sebab, aki yang kotor atau berjamur dapat menghambat aliran listrik pada mobil.

7. Bersihkan Mobil Secara Rutin


Perawatan mesin memang sangat penting, tetapi menjaga kebersihan bagian-bagian mobil juga sama pentingnya. Seluruh bagian luar mobil maupun interior sebaiknya dibersihkan secara rutin bila Anda ingin tampilan mobil selalu tampak kinclong.

Apalagi bila sedang musim hujan, ketika habis digunakan usahakan agar mobil langsung dicuci karena air hujan sangat mudah merusak cat body mobil dan membuat komponen cepat berkarat.

Bagian bawah pintu, kap mesin, hingga spatbor juga penting untuk dibersihkan. Selain akan membuat tampilan mobil selalu tampak baru, juga dapat membuat Anda dan keluarga merasa nyaman saat menaikinya.

8. Servis Mobil Secara Teratur


Mobil baru juga harus diservis secara berkala sesuai dengan anjuran yang tercantum pada buku manual. Dengan melakukan penggantian oli dan servis mobil secara teratur, mobil akan selalu dalam kondisi baik ketika akan dipakai.

Tentunya Anda tidak ingin bila mobil tiba-tiba mogok di jalan bukan? Usahakan untuk membawa mobil Anda ke tempat servis resmi secara teratur, dan jangan lupa untuk mengecek pula kondisi AC mobil saat dibawa ke bengkel.

9. Cek Cairan Mobil dan Kondisi Ban Sebelum Berkendara


Cairan mobil seperti oli, air radiator, cairan transmisi, dan oli rem merupakan elemen-elemen penting yang perlu dicek sebelum Anda berkendara.

Sebab, cairan tersebut memiliki pengaruh yang besar bagi kinerja mesin mobil Anda. Isi atau ganti dengan cairan yang baru apabila sudah mau habis atau memang harus diganti.

Berikutnya adalah kondisi ban mobil. Biasanya, dalam buku panduan pemilik kendaraan sudah tertera besarnya tekanan ban yang dianjurkan. Pastikan tekanannya sesuai agar Anda tidak mengalami masalah selama berkendara.

10. Cegah Mobil dari Serangan Jamur


Menjaga mobil dari serangan jamur juga sangat penting dalam perawatan mobil baru. Kesan bersih dan baru tentu akan hilang apabila jamur menempel pada bagian kaca mobil maupun cat body.

Biasanya, jamur akan menempel bila mobil Anda dibiarkan lembab setelah terkena hujan. Sebaiknya segera bersihkan atau keringkan mobil setelah mobil Anda kehujanan.

11. Jaga Mobil dari Cahaya Terik Matahari Langsung


Cara merawat mobil baru yang satu ini sangat berguna untuk melindungi cat body mobil agar warnanya tidak cepat kusam. Ada baiknya Anda tidak terlalu sering memarkirkan mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung bila ingin mobil baru selalu tampak kinclong.

12. Gunakan Jenis Bahan Bakar yang Sesuai


Secara umum, ada dua tipe kendaraan bila dilihat dari jenis bahan bakarnya, yaitu mobil berbahan bakar bensin, dan solar. Tentu saja dalam hal ini bahan bakar yang digunakan harus sesuai dengan jenis mesin mobil Anda.

Selain itu, bila kendaraan Anda menggunakan bensin maka jenis bahan bakar Pertamax lebih disarankan karena memiliki nilai oktan yang tinggi sehingga mesin mobil Anda akan selalu memiliki kinerja yang prima.

13. Kendarai Mobil Secara Wajar dan Jangan Berlebihan


Gunakanlah mobil baru Anda secara wajar, kemudikan sesuai anjuran dan jangan berlebihan. Usahakan untuk berkendara setenang mungkin, tidak usah terburu-buru dan selalu utamakan keselamatan Anda.

Cara berkendara yang tidak wajar dan terlalu berlebihan bukan hanya dapat mempercepat rusaknya komponen mobil, tapi juga berbahaya bagi keselamatan Anda dan juga pengguna jalan lainnya.
Demikian cara merawat mobil baru yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan informasi di atas, mobil baru Anda akan tetap terjaga kondisi fisik dan performanya.

sumber: rotarybintaro.co.id | www.otomart.id

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com