Cara Merawat Mobil Pick-Up Baru agar Performanya Tetap Maksimal


Yoadit.com - Istilah mobil pick-up adalah kendaraan bak terbuka yang biasa digunakan untuk mengangkut barang atau untuk berdagang. Kendaraan jenis ini biasa digunakan oleh para pebisnis untuk urusan angkut-mengangkut barang.

Cara Merawat Mobil Pick-Up Baru agar Performanya Tetap Maksimal
via autotekno.sindonews.com
Bagi Anda yang kerap menggunakan mobil pick-up untuk urusan bisnis, tentu perlu melakukan perawatan agar kondisinya tetap terjaga sehingga tidak terjadi suatu hambatan saat sedang digunakan mencari nafkah.

Baca juga: Cara Pemanfaatan Mobil Pick UP Untuk Keperluan Usaha

Perawatan mobil pick-up juga perlu dilakukan secara rutin agar tidak terjadi kerusakan yang parah dan mengganggu bisnis yang tengah Anda jalani.

Berikut ini kami bagikan beberapa cara merawat mobil pick-up baru yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah:

1. Hindari Mencuci Mobil Pick-up dengan Air Sungai


Di daerah pedesaan atau pinggiran kota ternyata masih ada saja pemilik mobil pick-up yang mencuci kendaraannya dengan air sungai. Padahal, kebiasaan seperti dapat membuat cat mobil dan komponen lainnya menjadi cepat rusak.

Hal ini dikarenakan kandungan air tanah memiliki tingkat keasaman lebih tinggi sehingga dapat membuat logam cepat mengalami korosi.

Bila di daerah Anda terdapat tempat cuci kendaraan yang menggunakan air sungai saat melakukan pencucian, sebaiknya jangan mencuci mobil pick-up Anda di tempat tersebut.

Selain membuat komponen cepat rusak, cat mobil Anda juga akan menjadi cepat kusam. Bila cara mencuci seperti ini dilakukan terus menerus, bersiaplah untuk menyiapkan dana ekstra untuk mengganti komponen atau mengecat ulang mobil Anda yang telah kusam.
Meski tampak sepele, cara merawat mobil pick-up yang satu ini perlu diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai Anda menyesal dan baru sadar ketika kendaraan sudah mengalami kerusakan parah dan harus mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk memperbaikinya.

Tetapi mungkin tidak semua air sungai memiliki derajat keasaman yang tinggi sehingga tips ini juga perlu disesuaikan dengan daerah tempat tinggal Anda.

Misalnya, untuk daerah pegunungan dimana air sungai masih memiliki kualitas yang baik, mungkin tidak masalah bila mencuci mobil pick-up menggunakan air sungai.

2. Jangan Mengangkut Muatan Berlebihan


Selain cara pencuciannya, perawatan mobil pick-up juga perlu memperhatikan cara penggunaan. Penggunaan mobil pick-up dengan muatan berlebih sangat mempengaruhi umur komponen-komponen pada kendaraan.

Selain itu, muatan berlebih juga dapat merusak aspal dan membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya. Angkutlah barang sesuai dengan standar atau batas maksimal yang sudah ditetapkan. Umumnya, muatan maksimal mobil pick-up berkisar 700kg s/d 1000 kg.

Di samping bobot muatan, volume muatan juga penting untuk diperhatikan. Baiknya jangan membawa muatan yang melebih panjang dan ketinggian mobil.

3. Cek Sistem Pengereman dan Kopling Secara Rutin


Beban berat yang sering diangkut mobil pick-up tentu membuat beberapa komponen harus lebih sering dicek kondisinya. Terutama pada sistem pengereman dan kopling.

Kerja sistem pengereman dan kampas pada mobil pick-up lebih berat ketimbang mobil penumpang. Jangan sampai lupa untuk mengeceknya secara rutin karena tidak hanya sebagai upaya perawatan saja, tapi juga untuk keselamatan pengemudi, maupun pengguna jalan lainnya.
Itulah beberapa langkah perawatan mobil pick-up yang perlu diperhatikan. Selain cara di atas, Anda juga perlu memperhatikan perawatan mesinnya. Tetapi biasanya tidak jauh berbeda dengan jenis kendaraan lainnya.

Mulai dari penggantian oli mesin, oli rem, dan cairan radiator, sangat penting untuk diperhatikan. Bagi Anda yang mengandalkan mobil pick-up sebagai operasional bisnis, pastikan untuk selalu merawatnya agar tidak terjadi kendala saat digunakan dan bisnis Anda dapat tetap berjalan dengan lancar.

Sumber: hargamobil.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com