Bagaimana Cara Mempromosikan Wisata Desa yang Efektif?


Yoadit.com - Arus globalisasi telah memunculkan banyak peluang baru. Salah satunya di bidang pariwisata. Banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berlomba mengeksplor tempat-tempat baru di penjuru Nusantara.

Siapkah daerah-daerah tujuan wisata untuk menyambut euforia tersebut?

Bagaimana Cara Mempromosikan Wisata Desa yang Efektif?
Sektor pariwisata untuk saat ini masih sangat menggeliat di Indonesia. Masih banyak potensi yang dapat digali dari pariwisata daerah, termasuk cara promosi yang efektif supaya pariwisata daerah khususnya di desa memiliki daya tarik dan dilirik oleh wisatawan asing maupun domestik.

Baca juga: Pulau Adonara: Meski ‘Masih Perawan’, Tapi Keindahannya Tersebar ke Penjuru Dunia

Berikut ini kami bagikan beberapa cara promosi desa wisata agar mendatangkan banyak pengunjung dari luar daerah.

1. Buat Rencana Pemasaran Wisata Desa


Dalam membuat rencana pemasaran wisata desa, pertimbangkan apa yang membuat daerah Anda unik. Buat daftar aktivitas dan aktraksi yang ada di desa.

Jadikan aktivitas dan atraksi yang menjadi ciri khas desa Anda sebagai fokus dari rencana promosi. Bila memungkinkan, Anda juga dapat bekerjasama dengan instansi pemerintah seperti Dinas Pariwisata atau pihak pengembang wisata agar rencana pemasaran semakin terarah.

Lakukan pula survei di masyarakat desa tentang apa yang kira-kira dapat menjadi daya tarik bagi desa Anda dan aktivitas apa yang unik dari desa yang tidak terdapat di daerah lain.

Anda juga bisa membuat survei lainnya tentang apa yang membuat pengunjung tertarik untuk mengunjungi suatu tempat wisata, bagaimana cara mereka mengetahui objek pariwisata, dan fasilitas apa yang sekiranya dapat menunjang wisata serta membuat mereka betah berlama-lama di tempat wisata tersebut.

Selanjutnya adalah menentukan segmen pasar untuk wisata di desa Anda. Apakah wisata keluarga, wisata remaja, wisata hiburan, atau wisata edukasi.

Setelah menemukan segmen pasar yang tepat, Anda bisa membuat slogan unik untuk menambah daya tarik dan rasa penasaran wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut.

2. Buat Action Plan yang Terarah


Rancangan tindakan atau action plan biasanya memuat langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan rencana pemasaran yang telah dibuat sebelumnya.

Jangan lewatkan: Tanjung Karang: Desa Wisata dengan Pemandangan Bawah Laut yang Mempesona

Adapun beberapa action plan yang bisa menjadi referensi, antara lain:
  • Rekomendasi dari Dinas Pariwisata di kota/kabupaten setempat.
  • Penyusunan slogan dan citra tempat wisata.
  • Anggaran dana untuk rencana pemasaran, termasuk seluruh biaya untuk materi promosi.
  • Sumber dana untuk melaksanakan kegiatan pemasaran wisata.
  • Struktur keorganisasian yang akan melaksanakan rencana pemasaran.
  • Linimasa progress dalam pelaksanaan rencana pemasaran yang sudah disusun sejak awal sampai akhir.

3. Penggunaan Materi Promosi dan Media Lokal


Langkah selanjutnya ialah membuat materi promosi untuk wisata desa Anda. Materi promosi bisa berupa banner, kaos, stiker, topik, atau bendera yang mencantumkan slogan atau citra desa.

Anda bisa membagikan materi promosi tersebut secara gratis di luar daerah atau menjualnya di toko-toko souvenir yang berada di obyek wisata terkenal di sekitar daerah Anda.

Selain membuat dan menyebarkan materi promosi, kita juga bisa membuat iklan di radio, koran, majalah ataupun televisi. Tetapi untuk cara ini memang membutuhkan dana yang besar jadi sesuaikanlah dengan  budget promosi yang tersedia.

4. Adakan Perlombaan atau Undian Berhadiah


Cara yang satu ini juga cukup ampuh untuk memunculkan daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke tempat wisata desa.

Misalnya saja dengan mengadakan kompetisi band, perlombaan hewan hias, lomba jalan sehat, atau memberikan undian berhadiah yang dilakukan secara acak melalui tiket wisata yang dibeli wisatawan.

5. Manfaatkan Media Sosial dan Media Online Lainnya


Situs-situs media sosial seperti facebook, twitter, maupun instagram juga bisa menjadi media promosi yang efektif. Tampilkan foto-toto dari tempat yang menarik dan unik di tempat wisata desa Anda, sertakan pula narasi yang menambah rasa penasaran orang untuk mengunjunginya.

Selain memanfaatkan akun media sosial, Anda dan tim juga bisa membuat website atau blog utama yang khusus mempromosikan tempat wisata desa.

Cantumkan informasi yang lengkap mulai dari lokasi, daya tarik wisata, fasilitas wisata, harga tiket masuk, hingga cara menuju lokasi tempat wisata desa Anda. Jangan lupa pajang juga foto-foto menarik seputar tempat wisata sebagai pelengkap promosi melalui website.

Di samping itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan blog atau website pribadi milik orang lain untuk turut me-review tempat wisata desa Anda agar semakin viral di dunia maya.
Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mempromosikan wisata di desa. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, semoga tempat wisata desa Anda semakin populer dan semakin banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Selamat mencoba!

sumber: id.wikihow.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com