Menilik Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara


Yoadit.com - Apa yang dipelajari di Jurusan Administrasi Negara? Bagaimana prospek kerja Jurusan Administrasi Negara setelah lulus nanti?

Menilik Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara
via anakUntad.com
Buat kamu lulusan SLTA atau sederajat yang tengah bingung memilih jurusan apa yang cocok untuk ditekuni, Jurusan Administrasi Negara mungkin bisa menjadi referensi yang tepat. Di posting berikut ini kami akan mengulasnya secara lengkap.

Baca juga: Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Menjanjikan untuk Anak IPS

Sekilas Ilmu Administrasi Negara


Jurusan Administrasi Negara ialah program studi yang mempelajari secara lebih mendalam dan spesifik tentang bagaimana tata kelola dan manajemen administrasi negara. Mulai dari administrasi pemerintahan hingga unsur-unsur yang ada di dalamnya.

Pengertian Ilmu Administrasi Negara


Ilmu Administrasi Negara merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari proses yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi berkaitan dengan pelaksanaan atau penerapan aturan/hukum yang berhubungan dengan urusan-urusan negara baik oleh badan legislatif, eksekutif, ataupun yudikatif.

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara nantinya akan banyak berhadapan dengan data, berkas-berkas, dan aturan-aturan. Selain juga akan belajar bagaimana memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang berlaku di suatu negara.

Hal yang Dipelajari Dalam Ilmu Administrasi Negara


Beberapa mata kuliah umum yang dipelajari dalam Jurusan Administrasi Negara di antaranya:
  • Sistem dan Hukum Administrasi Negara.
  • Demografi.
  • Statistik Sosial.
  • Sumber Daya Manusia.
  • Manajemen.
  • Administrasi Pemerintah Daerah, dan masih banyak lagi mata kuliah lainnya.

Kompetensi Lulusan Ilmu Administrasi Negara


Di samping itu, selama menempuh pendidikan di Jurusan Ilmu Administrasi Negara mahasiswa juga akan dibekali dengan sejumlah kompetensi, antara lain:
  • Kemampuan menganalisa interaksi antara penyusunan kebijakan dan manajemen pelayanan publik.
  • Kemampuan menganalisa interaksi antara pelaku dalam governansi publik dari berbagai aspek, seperti sosial, budaya, ekonomi, politik, hingga pertahanan dan keamanan.
  • Analisis dan evaluasi kebijakan publik.
  • Pengkajian regulasi yang relevan untuk menghasilkan draf/naskah kebijakan.
  • Pengorganisasian kegiatan dalam rangka implementasi kebijakan publik dan peningkatan kinerja pelayanan publik.
  • Analisa risiko dan pelaksanaan mitigasi risiko terhadap implementasi kebijakan.
  • Kemampuan memberi usulan, ide, atau gagasan mengenai reformasi kebijakan dan manajemen pelayanan publik.

Mata Kuliah Dalam Jurusan Administrasi Negara


Seorang mahasiswa Jurusan Administrasi negara harus menyelesaikan 144 sampai 146 SKS yang terdiri dari berbagai mata kuliah. Beberapa mata kuliah yang dipelajari secara umum, antara lain:
  • Pengembangan Kepribadian, seperti Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan.
  • Keahlian Keterampilan, seperti Pengantar Sosiologi, Pengantar Ilmu Politik, Pengantar Statistik Sosial, Filsafat Administrasi dan sebagainya.
  • Keahlian Berkarya, seperti Pengantar Ilmu Administrasi Negara, Teori Administrasi Negara, Manajemen Publik, dan sebagainya.
  • Selain itu juga ada mata kuliah pilihan jurusan dan mata kuliah khusus setelah mahasiswa mengambil spesialisasi.

Selain beberapa contoh mata kuliah di atas, masih banyak lagi mata kuliah yang dipelajari dalam Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Kamu bisa melihatnya pada kurikulum mata kuliah di situs-situs perguruan tinggi yang menyediakan program studi Ilmu Administrasi Negara.

Jangan lewatkan: 16 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar di Indonesia

Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara


Memilih jurusan kuliah tidak hanya berdasarkan minat dan kemampuan, tetapi juga perlu mempertimbangkan bagaimana prospek kerjanya setelah lulus nanti.

Berikut kami uraikan beberapa prospek kerja Jurusan Administrasi Negara agar kamu lebih yakin ketika ingin melanjutkan pendidikan di jurusan ini.

1. Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS)

Lulusan Administrasi Negara memiliki prospek kerja yang bagus untuk bekerja di lingkungan instansi pemerintah karena ruang lingkupnya berkaitan erat dengan mengelola administrasi dan mengawasi pelaksanaan kebijakan serta pelayanan publik.

2. Akademisi


Kalau ingin menjadi akademisi di bidang administrasi negara, baik sebagai dosen ataupun peneliti kamu harus melanjutkan pendidikan setidaknya sampai jenjang S2.

Dengan bekal ilmu yang mumpuni di bidang Ilmu Administrasi Negara, kamu akan dibutuhkan oleh banyak perguruan tinggi untuk menjadi dosen atau melakukan riset.

3. Politisi atau Anggota Badan Legislatif


Meski tidak harus berasal dari lulusan Administrasi Negara, tetapi dengan kuliah di jurusan ini kamu akan memiliki kemampuan yang sangat berguna untuk menjadi seorang politisi, anggota badan legislatif, ataupun staff di lingkungan badan legislatif.

4. Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)


Jika tidak berminat menjadi poltisi, kamu juga bisa menjadi aktivis non-parpol dengan mendirikan atau bergabung di sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

LSM atau Non-Government Organization (NGO) juga memiliki peranan dalam mengawasi kebijakan dan memberikan masukkan terkait pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah.

5. Konsultan Pemerintahan


Kamu juga bisa menjadi konsultan dan bermitra dengan pemerintah dalam menemukan solusi terhadap berbagai permasalahan terkait administrasi negara.



Tetapi untuk menjadi konsultan yang handal, tentunya kamu harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik dalam bidang tersebut.

Penutup


Jurusan Administrasi Negara memiliki peluang kerja yang bagus, kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan dan mendapatkan penghasilan yang besar.

Prospek kerjanya tidak hanya bisa menjadi PNS/ASN tapi juga bermitra dengan pemerintah atau menjadi konsultan di pemerintah daerah.

Belajar di Jurusan Administrasi Negara juga akan melatih kemampuanmu dalam bersosialisasi. Dengan demikian, kamu akan memiliki kemampuan dalam bersosialisasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai urusan baik pekerjaan maupun bergaul di masyarakat.

Kemampuan bersosialisasi yang baik ditambah ketelitian yang tinggi nantinya akan sangat berguna buat kamu yang ingin berwirausaha.

Lanjutkan membaca: Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan?

Demikian ulasan kami tentang Jurusan Administrasi Negara beserta prospeknya di dunia kerja. Kamu tidak perlu bingung mau kuliah di mana karena sekarang sudah banyak kampus yang menyediakan program studi Ilmu Administrasi Negara. Selamat belajar ya sahabat!

Sumber: www.renesia.com| hastagcampus.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com