10 Jurusan Kuliah yang Cocok Buat Lulusan Bahasa


Yoadit.com - SMA Jurusan Bahasa bisa masuk fakultas apa saja? Memilih jurusan kuliah terkadang memang menjadi persoalan yang dilematis. Apalagi bila mengingat bahwa penentuan jurusan kuliah nantinya akan menentukan masa depanmu.

Jurusan Kuliah untuk Lulusan Bahasa

10 Jurusan Kuliah yang Cocok Buat Lulusan Bahasa
via www.youthmanual.com
Jika saat SMA kamu memilih jurusan Bahasa, berikut ini kami bagikan daftar jurusan yang cocok buat kamu kuliah nanti.

Baca juga: Pendaftaran LPDP 2019: Cakupan Beasiswa, Pendaftaran, dan Jadwal Tahapan Resmi

1. Jurusan Sastra


Jurusan Sastra mempelajari banyak ilmu, termasuk bagaimana mengerti pikiran manusia, hingga mempelajari banyak transferable skill.

Setelah lulus dari Jurusan Sastra, ada banyak pilihan kerja yang bisa menjadi pilihan mulai dari penulis, penerjemah, hingga menjadi staf pengajar.

Sastra juga menjadi salah satu hiburan bagi manusia, tidak akan ada novel, lagu, atau film-film yang diangkat dari suatu zaman sejarah tanpa peran dari bidang ilmu sastra.

2. Jurusan Bahasa Asing


Di tengah era globalisasi sekarang ini, banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga-tenaga kerja yang mampu berbahasa asing. Tidak terbatas pada bahasa Inggris saja, tapi juga bahasa Mandarin, Arab, Jepang, Rusia, Korea, dan masih banyak lagi.

Bahasa Asing merupakan jurusan yang sangat umum dan luas. Salah satu spesialisasinya ialah penerjemah atau interpreter.

3. Jurusan Jurnalistik


Seorang jurnalis dapat bekerja di mana saja, tidak hanya kantor surat kabar atau majalah saja, tapi juga di stasiun tv, radio, periklanan, dan masih banyak lagi.

Di era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, Jurusan Jurnalistik memiliki peluang kerja yang sangat bagus. Untuk dapat bekerja dengan baik, seorang jurnalis juga harus menguasai sisi-sisi teknis seperti menyusun tampilan naskah, memilih atau mengambil foto yang tepat, dan sebagainya.

4. Jurusan Komunikasi


Selain mempelajari cara menyampaikan pesan yang efektif dan efisien, Jurusan Komunikasi juga mempelajari pemanfaatan teknologi dan penemuan baru yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Perkembangan tren dan teknologi selalu dinamis, maka kurikulum dan penyampaian perkuliahan di bidang ini pun juga dapat berubah-ubah.

5. Jurusan Penyiaran dan Perfilman


Jurusan ini mempelajari teori dan praktik, hingga segala aspek tentang penyiaran dan pembuatan film. Ada banyak profesi yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan perfilman, mulai dari editor, kameramen, fotografer, pengarah seni, hingga menjadi seorang sutradara.

6. Jurusan Psikologi


Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari pikiran, kebiasaan, dan interaksi, termasuk segala aspek pengalaman manusia. Psikologi menjadi “ilmu cabang” dari perspektif ilmu sosial, ilmu alam, kesehatan dan humaniora, serta filsafat.
Banyak lulusan psikologi yang menjadi tenaga kerja di bagian manajemen sumber daya manusia, meski tidak hanya terbatas pada bidang tersebut, prospek kerja lulusan psikologi sangatlah luas.

7. Jurusan Sosiologi


Sosiologi merupakan ilmu murni yang menganalisa masyarakat. Ada banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan tenaga lulusan Sosiologi, contohnya di instansi pemerintah dimana sosiolog akan melakukan riset sebagai masukan bagi pemerintah dalam menentukan suatu kebijakan.

Selain di instansi pemerintah, lulusan Sosiologi juga banyak dibutuhkan untuk semua bidang yang berkaitan dengan permasalahan sosial.

8. Jurusan Perhotelan dan Pariwisata


Program Studi Perhotelan dan Pariwisata umumnya terbagi lagi menjadi beberapa jurusan yang lebih spesifik.

Jurusan ini cocok buat kamu lulusan Bahasa yang tidak menyukai bekerja di kantor, dan senang bergaul dengan banyak orang, mengadakan kunjungan lapangan dan mengenal lebih jauh sektor pariwisata yang sesungguhnya.

9. Jurusan Hubungan Masyarakat / Hubungan Internasional


Jurusan Hubungan Masyarakat (Public Relation) merupakan salah satu dari cabang ilmu sosial.  Sedangkan Jurusan Hubungan Internasional (International Relations / Global Affairs) secara umum mempelajari cara berkomunikasi dan berdiplomasi dengan orang asing atau negara lain.

Oleh karena itu, Anda juga perlu mengerti budaya, etika dan kebiasaan yang ada di masyarakat di berbagai belahan dunia.

Ada banyak profesi yang bisa digeluti bagi lulusan Hubungan Masyarakat ataupun Hubungan Internasional, seperti menjadi diplomat, penerjemah, peneliti, negosiator, konsultan, guru, hingga menjadi pengusaha lintas negara.

10. Jurusan Pendidikan Bahasa


Tenaga dalam bidang pendidikan semakin banyak dibutuhkan. Selain Guru Bahasa Indonesia, Anda juga bisa memilih jurusan Guru Bahasa Asing, atau Guru Bahasa Daerah.

Tips Biar Kamu Enggak Salah Pilih Jurusan Kuliah


Sebelum kamu menentukan pilihan jurusan yang tepat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, ada baiknya simak dahulu tips-tips berikut ini!

1. Sesuaikan dengan Minat dan Kemampuan Belajar


Sebelum memilih jurusan kuliah, tanyakan pada dirimu sendiri tentang bidang apa yang paling kamu minati, atau mata pelajaran apa yang paling kamu handal dan sukai saat di bangku SMA.

Kamu juga bisa berkonsultasi kepada orangtua, wali kelas, atau Guru BK di sekolah untuk mendapatkan saran mengenai jurusan kuliah yang paling tepat untuk dipilih.

Jangan berkecil hati, lulusan SMA jurusan Bahasa juga memiliki prospek dan peluang yang besar di dunia kerja. Ilmu bahasa itu sangat luas, kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa dan sastra asing bila ingin sukses di dunia kerja.

2. Pertimbangkan Prospek Kerjanya di Masa Depan


Kita mungkin memang enggak bisa menerka apa yang akan terjadi di masa depan setelah kita lulus nanti. Tetapi ada baiknya kita juga mencari referensi mengenai prospek kerja suatu jurusan kuliah agar ketika lulus nanti kita juga memiliki peluang kerja yang lebih besar.

3. Cek Ketersediaan Jurusan di Kampus yang Kamu Inginkan


Kalau sudah ketemu minat jurusan yang ingin kamu pilih, berikutnya cari kampus yang menyediakan program studi atau jurusan tersebut. Kampus Negeri memang bagus, tapi banyak juga kok kampus swasta yang enggak kalah bagus dari kampus negeri.

4. Cari Tahu Status Akreditasi Universitas dan Jurusan


Status akreditasi bisa dibilang cukup penting untuk dipertimbangkan. Pasalnya, sekarang ini banyak perusahaan maupun instansi pemerintah yang mensyaratkan akreditasi tertentu dalam rekrutmen pegawainya.

Bahkan, untuk mengikuti tes CPNS saja konon mensyaratkan perguruan tinggi dengan minimal akreditasi B lho...!
Demikian informasi beberapa jurusan kuliah yang bisa menjadi pilihan lulusan SMA jurusan Bahasa beserta tips dalam memilih jurusan kuliah. Sukses buat masa depanmu yah!

sumber: www.hotcourses.co.id

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com