10 Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Terampil dan Berjiwa Seni


Yoadit.com - Skill menggambar menjadi salah satu kemampuan dasar yang banyak dibutuhkan di beberapa bidang industri dan memiliki peluang sukses yang besar.

10 Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Terampil dan Berjiwa Seni
via Genmuda.com
Buat kamu yang terampil, berjiwa seni, hobi menggambar, mendesain, ataupun berkreasi, berikut ini kami akan mengulas beberapa jurusan kuliah yang bisa menjadi pilihan.

1. Jurusan Desain Produk (Industrial Design)


Di Jurusan kuliah ini, kamu akan belajar tentang perencanaan dan perancangan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan manusia, mengutamakan kenyamanan inderawi, kenyamanan fisik, dan kenyamanan nilai produk.

Desain botol softdrink yang nyaman digenggam, lampu penerangan taman minimalis yang indah, hingga tampilan kemasan snack yang menggugah selera, semua itu  merupakan beberapa hasil karya dari Desainer Produk.

2. Jurusan Sendratasik


Keragaman kebudayaan yang kita miliki menjadi bahwa Indonesia adalah bangsa yang kaya. Buat kamu yang berjiwa seni dan suka mengungkapkan ide, pikiran, maupun perasaan melalui unsur-unsur musik, struktur lagu, maupun ekspresi, Jurusan Sendratasik bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Jurusan Fotografi


Jurusan Fotografi mempelajari beragam hal terkait merekam dalam gambar diam dari berbagai bentuk dan peristwa, baik disengaja maupun tidak.

Selain itu kamu juga akan mempelajari cara merepresentasikan pesan atau cerita di setiap foto yang tertangkap dari sebuah peristiwa. Jadi, bukan hanya membahas seputar kamera, tapi  juga teknik pengambilan gambar untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

4. Jurusan Arsitektur


Arsitektur merupakan bagian dari Fakultas Teknik yang tidak hanya mengajarkan seputar hal teknik, tapi juga seni dan keindahan dari suatu bangunan.

Arsitektur merupakan bidang keilmuan yang cenderung melatih kamu untuk dapat menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas. Sedangkan realisasinya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Kamu juga akan mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

5. Jurusan Tata Rias dan Kecantikan


Mengingat pasar dunia kecantikan yang sedang berkembang pesat sekarang ini, jurusan satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mendalami dunia tata rias.

Di Jurusan Tata Rias dan Kecantikan, kamu akan mempelajari tentang berbagai hal terkait tata rias Indonesia maupun internasional. Misalnya, cara menyanggu, memotong dan menata rambut, merias wajah, dan penggunaan bahan serta alat kosmetika.

6. Jurusan Tata Boga


Prospek kerja Jurusan Tata Boga juga sangat bagus. Di jurusan kuliah ini kamu akan mempelajari berbagai hal terkait dunia masak-memasak.

Mulai dari jenis-jenis makanan, teknik-teknik memasak, pengadaan bahan makanan lokal dan bahan makanan organik, hingga mengembangkan bisnis catering semuanya akan kamu pelajari di Jurusan Tata Boga.

7. Jurusan Desain Komunikasi Visual


Jurusan Desain Komunikasi Visual akan mengajak kamu mempelajari seni menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa (desain) dengan tujuan menginformasikan, mengajak, atau mempengaruhi publik atau penerima pesan.

Ada banyak bentuk dalam bahasa rupa, seperti imagi grafis, simbol, tanda, atau unsur grafis lainnya. Nantinya kamu akan memiliki kemampuan membuat isi pesan yang kreatif dan solutif dalam bentuk layout, kemasan, film, dan rupa visual lainnya dalam bentuk digital maupun konvensional.

8. Jurusan Sastra Indonesia / Sastra Inggris


Di jurusan Sastra Indonesia ataupun Sastra Inggris, kamu akan mempelajari aneka tren sastra seperti puisi, drama, roman, novel, dan linguistik.

Cakrawala pengetahuanmu akan semakin luas dengan mempelajari berbagai karya sastra. Kamu akan cenderung menggunakan rasa dalam memahami apa yang sebenarnya ingin diungkapkan atau dialami si penulis.

Simak juga: 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Buat Lulusan Bahasa

9. Jurusan Fashion Management


Jurusan Fashion Management sangat cocok buat kamu yang memiliki minat di dunia mode dan fashion. Ada banyak hal yang akan kamu pelajari di jurusan ini. Kemampuanmu dalam dunia bisnis fashion juga akan semakin berkembang dan kreatif.

Di jurusan ini kamu juga akan dituntut untuk dapat mengikuti berbagai trend dunia fashion yang selalu berubah dan berkembang dari masa ke masa.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, kamu juga akan mempelajari bagaimana perilaku para konsumen dan memprediksi trend fashion seperti apa yang akan booming di tahun-tahun mendatang.

10. Jurusan Penyiaran, Televisi dan Perfilman


Kalau kamu orang yang memiliki minat dalam pembuatan film dan acara-acara televisi, atau memiliki hobi membuat film pendek dan klip musik, Jurusan Penyiaran, Televisi dan Perfilman bisa jadi jurusan yang cocok buat kamu.

Diperlukan kreativitas, daya analisa yang tinggi serta paham memanfaatkan teknologi untuk dapat membuat film dan pertunjukkan televisi dengan dengan rating tinggi.

Lajutkan membaca: 10 Jurusan Kuliah dengan Lapangan Kerja yang Menjanjikan di Masa Depan

Itulah 10 jurusan kuliah yang bisa dipilih buat kamu yang terampil dan berjiwa seni tinggi. Kira-kira tertarik untuk masuk ke jurusan mana nih?

Sumber: www.youthmanual.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com