Daftar Servis yang Perlu Dilakukan Dalam Perawatan Mobil Bekas


Yoadit.com - Di Negara kita, masih banyak orang gemar membeli mobil bekas. Selain harganya lebih murah, mobil bekas kadang masih memiliki kualitas yang cukup baik.

Daftar Servis yang Perlu Dilakukan Dalam Perawatan Mobil Bekas
Namun, kualitas yang baik pun akan percuma tanpa perawatan yang tepat. Lantas, bagaimana cara perawatan mobil bekas yang tepat agar performanya tetap optimal? Berikut ini kami sampaikan ulasannya untuk Anda.

Baca juga: Begini Cara Merawat Mobil Baru Supaya Awet dan Tetap Kinclong

Daftar Servis untuk Perawatan Mobil Bekas


Ada beberapa langkah dalam perawatan mobil bekas yang perlu diperhatikan, ada baiknya Anda ikuti langkah demi langkah yang akan kami uraikan berikut ini!

1. Penggantian Oli Mesin


Oli memiliki peran yang sangat vital bagi kondisi dan performa mesin. Meski saat dicek oli masih terlihat baik, tapi kita tidak tahu sudah berapa kilometer pemakaian oli tersebut belum diganti.

Ada baiknya ketika membeli mobil bekas, ganti oli mesin sesegera mungkin. Dan jangan lupa untuk mengganti filter olinya sekaligus.

2. Ganti Coolant Radiator


Coolant memiliki peran penting bagi kondisi mesin mobil. Komponen-komponen pada mesin dapat cepat rusak bila mesin sering mengalami overheat (kepanasan).

Oleh karena itu, ketika membeli mobil bekas, segera cuci radiatornya. Anda bisa menggunakan cairan flush radiator atau membawanya ke tukang service radiator. Setelah dicuci, isi ulang radiator dengan coolant yang baru sehingga mesin mobil Anda terjaga dari kondisi overheat.

Simak juga: 6 Langkah Mudah Mengganti Sendiri Air Radiator Mobil

3. Ganti Semua Perminyakan Mobil


Tahap selanjutnya ialah mengganti semua perminyakan pada mobil mulai dari minyak rem, power steering, persneling, hingga bagian transmisi/gardan.

Meski saat kita mengecek semua pelumas di bagian tersebut masih ada, tetapi alangkah lebih bila dikuras dan isi ulang dengan minyak (oli) yang baru karena kita tidak tahu bagaimana histori penggantian minyak sebelumnya.

4. Penggantian Filter Udara


Penggantian filter udara bisa dilakukan dengan mudah dan tidak terlalu menghabiskan biaya mahal. Segara lakukan penggantian ketika Anda baru saja membeli mobil bekas.

Fungsi dari filter udara ialah menyaring udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran mesin. Performa dan kondisi mesin mobil Anda tentu akan tetap terjaga bila udara yang masuk selalu dalam kondisi bersih.

5. Penggantian Busi


Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam perawatan mobil bekas ketika Anda baru saja membelinya ialah mengganti busi yang sesuai standar pabrikan. Semahal apapun harga busi bila tidak sesuai dengan spesifikasi mesin tidak akan menambah performa mobil Anda.

6. Lakukan Tuneup Mobil


Umumnya, tuneup mobil meliputi pengecekan, pembersihan atau penggantian sejumlah komponen yang sudah kami sebutkan di atas.

Jangan lewatkan: 5+ Tips Merawat Mobil Agar Tetap Sehat

Di samping itu, beberapa penyetelan ulang mesin juga akan dilakukan saat tuneup, seperti penyetelan celah katup, pengapian, PCV, idel, dan pembersihan pada sensor-sensor yang terdapat pada mobil.

7. Pengecekan dan Pembersihan Aki Mobil


Saat membeli mobil bekas, Anda perlu melakukan pengecekan pada aki. Pastikan tidak terdapat korosi, jamur atau tanda-tanda kerusakan lainnya. Anda bisa membersihkan aki dengan baking soda atau cairan pembersih, bersihkan menggunakan sikat gigi bekas.

8. Pemeriksaan Filter AC


Biasanya, filter AC atau filter kabin berada di balik laci dashboard. Cek kondisi filter dan lakukan penggantian jika memang diperlukan. Fungsi dari filter AC ini untuk menyaring udara, jika sudah kotor dapat berdampak buruk pada komponen AC mobil Anda.

9. Ganti Karet Wiper


Karet wiper yang telah lama tidak diganti dapat membuat kaca mobil Anda tergores sedikit demi sedikit dan membuatnya tampak kusam.

Selain itu, kemampuan wiper juga akan berkurang dan tidak dapat menyeka air dengan sempurna sehingga dapat mengganggu pandangan Anda saat mengemudi di tengah guyuran hujan.

10. Cek Kondisi Ban, Ganti Bila Diperlukan


Kondisi ban yang sudah terlalu halus dapat mengganggu performa mobil serta membahayakan keselamatan saat mengemudi.

Oleh karena itu, ban merupakan komponen mobil yang sangat penting untuk diperiksa kondisinya. Bila ban sudah mencapai umur pemakaian segera lakukan penggantian.

11. Lakukan Spooring dan Balancing


Biasanya, mobil bekas sudah digunakan dalam jangka waktu yang membuat komponen roda perlu disetel ulang. Lakukan spooring dan balancing untuk menyeimbangkan kembali roda dan kaki-kaki mobil sehingga Anda akan lebih nyaman saat mengemudi.

12. Cek Kondisi Brake Pad


Rem merupakan bagian yang sangat vital untuk semua jenis kendaraan. Rem mobil tentu akan berkurang performanya seiring lamanya waktu pemakaian.

Ketika Anda membeli mobil bekas, pengecekan komponen pada sistem pengereman merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Ganti komponen-komponen pada sistem pengereman apabil diperlukan.

13. Cek Kondisi Timing Belt


Pengecekan pada timing belt juga penting untuk dilakukan dalam perawatan mobil bekas. Perhatikan kondisi dan dengarkan suara dari timing belt tersebut. Perhatikan pula odometer dari mobil bekas yang kita beli.

Jika memang diperlukan, ganti komponen yang kondisinya sudah tidak bagus. Biasanya, penggantian timing belt sepaket dengan penggantian tensioner. Rusaknya timing belt apalagi bila sampai terputus saat mobi berjalan dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal pada mesin mobil.

Komponen mesin yang satu ini memang memiliki jangka waktu penggantian yang cukup panjang. Umumnya bervariasi antara 60 ribu sampai 100 ribu km. Namun, biasanya komponen ini memiliki kemungkinan belum pernah diganti oleh pemilik mobil sebelumnya.

14. Bersihkan dan Kalibrasi Injector


Seiring waktu, kerak atau kotoran akan menempel pada nosel injector yang membuat komponen penyuplai bahan bakar ini menjadi berkurang performanya.

Bila kondisinya demikian, lakukan pencucian dan kalibrasi ulang injector agar komponen tersebut dapat bekerja kembali secara optimal.

15. Penggantian Filter Bensin


Saat pencucian dan kalibrasi injector, sangat disarankan untuk melakukannya sepaket dengan penggantian filter bensin. Pasalnya, sesudah injector dibersihkan dari kotoran dan kerak, Anda juga harus memastikan bahan bakar yang disuplai ke ruang pembakaran sudah tersaring dengan baik.

16. Lakukan Carbon Clean


Seiring pemakaian, biasanya akan muncul tumpukan karbon di ruang pembakaran mesin pada mobil bekas. Adanya tumpukan karbon tersebut dapat membuat mobil kurang bertenaga dan boros bahan bakar.

Oleh karena itu, lakukan carbon clean untuk menghilangkan tumpukan karbon menggunakan cairan kimia khusus. Cairan tersebut akan membuat kerak-kerak karbon mengencer, untuk kemudian disedot keluar dari ruang pembakaran.

Setelah melakukan carbon clean, rasakan perbedaan pada mesin mobil Anda. Tarikannya akan lebih enteng dan konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih optimal.

Itulah daftar lengkap servis yang perlu dilakukan ketika Anda baru saja membeli mobil bekas. Dengan melakukan servis di atas secara keseluruhan dapat membuat mobil bekas yang Anda beli menjadi segar kembali dan mengurangi risiko terjadinya masalah saat digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Lanjutkan membaca: Cara Perawatan Berkala Kendaraan Agar Tidak Mogok Di Jalan

Jika daftar di atas belum bisa Anda lakukan secara keseluruhan, pilihlah langkah servis yang menurut Anda harus diprioritaskan dan sesuaikan pula dengan budget yang dimiliki.

Beberapa bagian servis seperti mengganti filter udara, mengganti karet wiper atau membersihkan aki bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel.

sumber: www.bequietndrive.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com