Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan?


Yoadit.com - Jurusan Ilmu Perpustakaan mungkin memang jarang dilirik oleh para calon mahasiswa, karena dianggapnya lulusan bidang ini hanya akan bekerja menjadi penjaga perpustakaan saja. Tetapi, bila kita telisik lebih jauh ternyata jurusan kuliah ini memiliki lingkup kerja yang cukup luas.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan?
Oleh karena itu, posting kali ini kita akan mencari tahu bersama apa saja yang dipelajari dalam Jurusan Ilmu Perpustakaan, bagaimana prospek kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan, dan mana saja perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Ilmu Perpustakaan.

Baca juga: 16 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar di Indonesia

Apa yang Dipelajari Jurusan Ilmu Perpustakaan?


Jurusan Ilmu Perpustakaan menjadi satu-satunya program studi yang didirikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional dalam bidang pengelola perpustakaan.

Bidang kajian Ilmu Perpustakaan mencakup kegiatan teknisi perpustakaan, manajemen perpustakaan, hingga aplikasi teknologi informasi yang bisa digunakan untuk menyebarluaskan informasi perpustakaan secara optimal.

Jurusan Ilmu Perpustakaan sebenarnya bukan jurusan baru, karena sudah ada sejak 60 tahun yang lalu. Sayangnya, memang profesor untuk jurusan ini baru satu orang saja, yaitu Prof Sulistyo Basuki, salah satu dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Indonesia.

Program Studi Ilmu Perpustakaan bertujuan untuk menghasilkan lulusan berkemampuan menganalisis fenomena bidang Ilmu Perpustakaan dan informasi dengan mendalam, serta mampu mengelola maupun mempreservasi informasi secara profesional dan bertanggung jawab guna mendukung terwujudnya masyarakat berbasis informasi dan pengetahuan.

Mengelola Perpustakaan


Di Jurusan Ilmu Perpustakaan, kamu akan mempelajari pengelolaan perpustakaan yang mencakup:
  • Pemilihan dan pengelompokkan koleksi.
  • Penyusunan koleksi buku di rak.
  • Pemberian nomor panggil koleksi.
  • Membangun database koleksi perpustakaan.
  • Membuat katalog online perpustakaan.
  • Perawatan koleksi.
  • Cara memberikan layanan pinjam koleksi (sirkulasi).
  • Memberikan layanan pencarian informasi khusus (layanan rujukan).
  • Mengenali ISBN.
  • Membuat indeks koleksi.
  • Pengelolaan SDM Perpustakaan.
  • Pemasaran atau promosi perpustakaan.
  • Gagasan kreatif untuk perpustakaan.
  • Teknologi perpustakaan.

Mengelola Dokumen dan Arsip


Di samping mengelola perpustakaan, nantinya kita juga akan belajar mengelola arsip yang mencakup:
  • Alur arsip mulai dari penciptaan, pemakaian, hingga pemusnahan arsip yang sudah tidak terpakai.
  • Perawatan arsip bersejarah, mulai dari pengaturan suhu, pemeliharaan hingga memperbaiki arsip yang terkena bencana alam.

Misalnya ketika ada arsip kantor yang sudah tidak terpakai, jangan langsung membuangnya secara asal, karena bisa-bisa rahasia perusahaan maupun instansi bisa terbongkar. Lebih baik dihancurkan dahulu dengan mesin penghancur kertas.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan


Selain menjadi tenaga profesional pengelola perpustakaan (Pustakawan), lulusan Ilmu Perpustkaan juga bisa menjadi seorang Arsiparis, karyawan percetakan, bahkan bisa juga menjadi seorang programmer, web designer, ataupun pengelola database.

Sekarang ini sudah banyak instansi, maupun perusahaan yang membutuhkan tenaga Pustakawan ataupun bagian kearsipan. Apalagi mengingat bahwa dokumen menjadi urat nadi kehidupan dalam sebuah instansi.

Jangan lewatkan: 10 Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Terampil dan Berjiwa Seni

Ada banyak hal penting di dalamnya, mulai dari dokumen disposisi, surat perintah, surat keputusan, dan beragam hal terkait dengan laju perusahaan. Semua biasanya terekam pada dokumen.

Oleh karena itu, prospek kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan sebenarnya sangat luas karena telah banyak instansi maupun perusahaan yang membutuhkan para profesional di bidang manajemen arsip, pendokumentasian, dan teknologi pengelolaan dokumentasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami jelaskan beberapa prospek kerja dari lulusan Ilmu Perpustakaan:

1. Menjadi Tenaga Profesional Bagian Perpustakaan


Di semua instansi pendidikan, baik sekolah maupun perguruan tinggi menyediakan sarana perpustakaan. Bahkan tidak hanya di pemerintahan, swasta pun sudah banyak menyediakan fasilitas perusahaan yang dapat digunakan oleh orang umum.

Seorang lulusan Ilmu Perpustakaan dapat bekerja menjadi staff admin ataupun manajerial di perpustakaan tersebut. Bisa dikatakan, peluang kerjanya cukup besar bagi Sarjana Ilmu Perpustakaan.

2. Bekerja Sebagai Staff Administrasi dan Kearsipan


Seorang lulusan Ilmu Perpustakaan harusnya memiliki kemampuan dalam mengelola data atau file penting di suatu lembaga dan perusahaan sehingga Ia dapat pula bekerja sebagai staff bagian administrasi dan kearsipan baik di intansi pemerintah maupun perusahaan swasta.

3. Menjadi Pegawai di Instansi Pemerintah


Lulusan Ilmu Perpustakaan juga memiliki prospek kerja di sejumlah instansi pemerintah baik sebagai ASN/PNS ataupun Pegawai Kontrak.

Beberapa lembaga pemerintahan yang membutuhkan banyak tenaga di bidang perpustakaan di antaranya Lembaga Kearsipan Nasional, Dinas Pendidikan, dan masih banyak lagi.

4. Menjadi Pengajar atau Dosen


Menjadi tenaga pengajar atau dosen di perguruan tinggi juga bisa menjadi prospek kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan yang berikutnya. Namun demikian, kamu harus melanjutkan lagi ke jenjang S2 untuk bila ingin menjadi pengajar atau dosen di perguruan tinggi.

5. Berwirausaha


Seorang lulusan Ilmu Perpustakaan tentunya akan memiliki kemampuan manajerial, ketelitian, dan keuletan dalam bekerja.

Tidak menutup kemungkinan bila lulusan dari jurusan ini menjadi seorang wirausahawan dan mengembangkan bisnisnya sendiri, misalnya dengan membuka usaha percetakan, penjilidan ataupun fotocopy.

Perguruan Tinggi yang Menyediakan Jurusan Ilmu Perpustakaan


Bagi kamu yang tertarik untuk masuk ke Jurusan Ilmu Perpustakaan, ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan program studi ini, di antaranya:
  • Universitas Indonesia (UI): Akreditasi A.
  • Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta: Akreditasi A.
  • Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung: Akreditasi A.
  • Universitas Sumatera Utara (USU), Medan: Akreditasi A.
  • Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta: Akreditasi A.
  • Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado: Akreditasi B.
  • Dan masih banyak lagi.

Jurusan Ilmu Perpustakaan biasanya berada di bawah Fakultas Ilmu Komunikasi, kamu bisa mencari tahu di perguruan tinggi terdekat yang ada di daerahmu.
Jadi, prospek kerja Ilmu Perpustakaan tidak hanya menjadi penjaga perpustakaan saja, tapi bidang profesi lain yang membutuhkan kemampuan dalam mengelola dokumen dan kearsipan. Tertarik untuk masuk ke jurusan ini?

Sumber: www.faktakampus.com | www.hipwee.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com