5 Peluang Profesi untuk Mahasiswa Jurusan Bahasa


Yoadit.com - Bagaimana prospek kerja kuliah Jurusan Bahasa? Nah, buat kamu yang hendak memilih atau sedang menempuh kuliah di Jurusan Bahasa nggak perlu bingung karena lulusan ini memiliki peluang karir yang cukup bagus.

5 Peluang Profesi untuk Mahasiswa Jurusan Bahasa
via www.academicindonesia.com
Berikut ini kami bagikan profesi apa saja yang cocok bagi mahasiswa Jurusan Bahasa ketika lulus dan meraih gelar Sarjana nanti.

1. Menjadi Penerjemah atau Translator


Bagi lulusan Jurusan Bahasa, menjadi penerjemah merupakan profesi yang cocok buat kamu. Saat menekuni profesi sebagai penerjemah, biasanya kamu akan bekerja dengan menerjemahkan sekitar 2000 sampai 3000 kata setiap harinya.

Untuk menemukan terjemahan yang tepat, kamu juga harus sering membuka kamus spesialis dan buku referensi. Sebagai seorang penerjemah, baik penerjemah freelance atau pekerja tetap kamu harus memiliki ilmu yang mendalam terkait dengan bahasa-bahasa yang akan kamu terjemahkan.

2. Menjadi Penulis di Media Cetak maupun Online


Profesi berikutnya yang cocok untuk lulusan Jurusan Bahasa ialah menjadi seorang penulis. Bisa penulis buku, koran, majalah, ataupun media online.

Seorang penulis bekerja dengan mengumpulkan informasi, merencanakan konten, hingga penulisan dokumentasi teknis.

Selain menulis sebuah cerita ataupun berita, seorang penulis juga dapat menulis untuk memberi tahu pembaca tentang suatu produk atau layanan dalam bentuk manual, korespondensi bisnis, whitepaper, dan sebagainya.

3. Menjadi Ahli Forensik Bahasa


Sebagai lulusan Jurusan Bahasa, kamu juga dapat berprofesi sebagai ahli forensi bahasa. Tugasnya ialah melakukan analisis bahasa selama proses hukum untuk membantu menyelesaikan kejahatan.
Misalnya pada surat atau dokumen, panggilan darurat, komunikasi ancaman yang beredar di media sosial, hingga surat bunuh diri yang berkaitan dengan proses hukum.

Selain bekerja untuk pemerintah atau kepolisian, kamu juga dapat bekerja untuk firma hukum di luar instansi pemerintah.

Ahli forensik bahasa terkadang dibutuhkan pula untuk mengurus sengketa merek dagang, analisis sumber bahasa, dan identifikasi penulis.

Buat kamu tidak hanya membutuhkan gelar Sarjana bidang bahasa saja untuk menggeluti profesi ini, tapi juga harus memiliki pengetahuan yang baik tentang prosedur hukum.

4. Menjadi Guru atau Staff Pengajar di Bidang Bahasa


Menjadi guru atau staff pengajar juga menjadi prospek kerja kuliah Jurusan Bahasa. Untuk menekuni profesi ini kamu harus mengerahkan seluruh ilmu kebahasaan yang dimiliki.

Terutama bila kamu ingin menjadi dosen di perguruan tinggi, tentunya harus terlebih dahulu menyelesaikan gelar magister ataupun doktoral.

Seorang pengajar kebahasaan yang memiliki sertifikat mengajar profesional memiliki peluang yang baik untuk dapat mengajar pada taraf internasional.

Begitu juga bila kamu adalah lulusan Jurusan Bahasa Asing, kamu bisa menjadi pengajar bahasa untuk orang-orang asing yang tinggal di Indonesia.

Atau mahasiswa di luar negeri yang menempuh pendidikan di Jurusan Bahasa Indonesia. Dan perlu kamu tahu juga nih, kalau ternyata tidak sedikit lho universitas di luar negeri yang membuka program studi Bahasa Indonesia.

5. Leksikografer


Leksikografer itu profesi apa sih? Istilah ini memang tidak terdengar familiar. Leksikografer merupakan profesi di bidang kebahasaan yang di antara pekerjaannya ialah menulis, menyusun dan mengedit kamus untuk penutur asli, pelajar bahasa asing, profesional, dan pembicara bilingual.

Menjadi leksikografer memang tidaklah mudah, karena harus selalu memantau bahasa atau istilah baru yang muncul serta memeriksa keakuratan arti kata dalam kamus. Tetapi bayarannya cukup lumayan lho. Tentu sebanding dengan tingkat kesulitan pekerjaan yang dilakukan.
Demikian 5 peluang profesi bagi Sarjana Lulusan Bahasa. Buat kamu yang ingin menekuni salah satu profesi di atas, pastinya kamu harus memiliki banyak kosa kata, pengalaman, dan keterampilan yang baik dalam tata bahasa. Selamat belajar dan semoga berhasil menggapai cita-cita!

sumber: news.okezone.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com